Review Plants Vs Zombies 2: Uang Memudahkan Segalanya!

Reading time:
July 25, 2013
Plants Vs Zombies 2 (32)

Jika kita membicarakan salah satu game mobile paling fenomenal yang pernah hadir di industri game, maka salah satu proyek tersukses racikan PopCap – Plants Vs Zombies memang pantas untuk masuk ke dalam jajaran ini. Game puzzle tower defense yang satu ini memang berhasil menyihir jutaan gamer di seluruh dunia lewat konsep animasi sederhana dan gameplay-nya yang fun dan menantang. Melahirkan adiksi lewat beragam platform mobile dan PC, tidak heran jika banyak gamer yang sangat menantikan kehadiran seri sekuelnya – Plants Vs Zombies 2. Setelah penantian yang cukup lama, kesempatan ini akhirnya mengemuka.

PopCap dan EA sendiri memang belum merilis game ini secara resmi. Setelah sempat ditunda beberapa kali terlepas dari animo gamer pencinta seri pertama yang begitu kuat, Plants Vs Zombies 2 akhirnya menyentuh toko aplikasi iOS khusus daerah Australia dan Selandia Baru. Rilis terbatas ini dilakukan semata-mata untuk melakukan beragam uji coba fitur baru yang disuntikkan PopCap di dalamn serii terbaru ini. Namun dengan sedikit trik, gamer pemilik perangkat iOS sebenarnya dapat memanfaatkan celah untuk menikmati game free to play ini bersama dengan gamer mobile Australia dan Selandia Baru. Hal inilah yang kami lakukan di proses review kali ini.

Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Plants Vs Zombies 2 ini? Fitur baru seperti apa saja yang dihadirkan? Apakah semua fitur baru ini kian menyempurnakan atau justru melemahkan identitas dari Plants Vs Zombies 2 ini sendiri? Apa yang membuat kami menyebut uang memudahkan segalanya? Review ini akan membahasnya lebih dalam.

Jadi, Apa yang Baru?

Jadi, fitur baru apa saja yang disuntikkan PopCap di Plants Vs Zombies 2 ini?
Jadi, fitur baru apa saja yang disuntikkan PopCap di Plants Vs Zombies 2 ini?

Sebagian besar dari Anda yang sempat mencicipi seri pertama Plants Vs Zombies tentu saja melontarkan pertanyaan utama ini. Namun sebelum membahasnya lebih dalam, perlu dicatat, Plants Vs Zombies 2 bukanlah Plants Vs Zombies: Garden Warfare yang sempat diperkenalkan di ajang E3 2013 yang silam. Tampaknya masih banyak gamer yang tampaknya bingung dengan entitas dua seri yang terpisah ini. Garden Warfare adalah game third person shooter untuk platform next-gen, sementara Plants Vs Zombies 2 merupakan game mobile yang diposisikan sebagai sekuel dari si seri pertamanya.

Konsep gameplay tower defense yang diusung di seri pertama tetap menjadi pondasi mekanik untuk seri sekuel terbaru ini. Intinya masih tetap sama, Anda harus memastikan tidak ada zombie yang dapat melewati setiap line yang ada. Memilih tanaman yang masing-masing memiliki kemampuan dan karakteristiknya tersendiri, mengorganisasi, mengkombinasikan, dan akhirnya menempatkannya dalam ruang yang terbatas dengan timing yang tepat akan menjadi kunci untuk memenangkan setiap pertarungan yang ada. Namun tidak semudah yang dibayangkan, mengingat para zombie juga memiliki karakteristik yang berbeda. Beberapa di antaranya bahkan dapat dengan mudah membuat tanaman Anda terlihat tak ubahnya hiasan semata.

Plants Vs Zombies 2 hadir dengan sejumlah varian tanaman dan zombies baru. Memastikan para pemain
Plants Vs Zombies 2 hadir dengan sejumlah varian tanaman dan zombies baru. Memastikan para pemain “veteran” seri pertamanya untuk kembali membiasakan diri.
Salah satu perubahan yang kentara ada di sisi setting. Tidak lagi hanya bertempur di perkarangan atau kolam rumah, Anda kini menjelajahi waktu dan bermain-main di bebebrapa setting historis ikonik. Zombies juga divisualisaiskan mengikuti zaman tersebut.
Salah satu perubahan yang kentara ada di sisi setting. Tidak lagi hanya bertempur di perkarangan atau kolam rumah, Anda kini menjelajahi waktu dan bermain-main di bebebrapa setting historis ikonik. Zombies juga divisualisaiskan mengikuti zaman tersebut.

Kembali ke pertanyaan utama, hal baru apa saja yang ditawarkan oleh PopCap dan EA di Plants Vs Zombies 2 ini? Di sisi visual, hampir tidak ada perbedaan yang terasa signifikan. Tetap mengusung visualisasi animasi dua dimensi, hal yang berbeda kini hanya ada pada varian level yang akan Anda lewati. Tidak hanya sekedar bertempur di halaman belakang atau kolam, Anda kini akan dibawa ke berbagai setting  mengikuti konsep jelajah waktu yang menjadi dasar plot darI Plants Vs Zombies 2 ini sendiri. Anda akan meloncat ke zaman klasik Mesir dan Bajak Laut, mengubah visualisasi stage dan juga tipe zombie yang Anda temui. Tidak hanya sekedar kosmetik, perubahan ini membuat beberapa zombie hadir dengan karkateristik dan kekuatan yang berbeda.

Walaupun mengusung mekanik yang sama, namun ada beberapa perubahan yang cukup kentara di sisi gameplay. Kehadiran beragam tanaman baru yang belum pernah ada sebelumnya tentu menuntut para pemain “veteran” seri pertama untuk kembali belajar dan beradaptasi. Hal yang sama juga terjadi di sisi zombie yang masih menjadi musuh utama Anda. Lebih banyak varian zombie berarti mengharuskan Anda untuk memikirkan kembali strategi untuk mengalahkan mereka dengan cepat. Lewat proses trial dan error di awal-awal permainan, tidak sulit untuk menangkap kembali ritme untuk menguasai setiap pertempuran yang akan Anda hadapi. Namun ingat, tingkat kesulitan yang ditawarkan kini lebih tinggi. Mengapa? Karena EA dan PopCap punya “agenda” rahasia tersendiri yang akan kami bahas selanjutnya.

Ada dua sistem baru yang diterapkan di mekanik gameplay Plants Vs Zombies 2 ini. Pertama adalah sistem food yang akan memberikan power-up serangan pada tanaman dalam waktu singkat.
Ada dua sistem baru yang diterapkan di mekanik gameplay Plants Vs Zombies 2 ini. Pertama adalah sistem food yang akan memberikan power-up serangan pada tanaman dalam waktu singkat.
Sistem power up lain dapat dipicu dengan mengorbankan koin dalam jumlah tertentu. Anda dapat melakukan gestur tangan khusus untuk membunuh banyak zombie sekaligus, dari memenggal, melempar, hingga membakar mereka hingga hangus.
Sistem power up lain dapat dipicu dengan mengorbankan koin dalam jumlah tertentu. Anda dapat melakukan gestur tangan khusus untuk membunuh banyak zombie sekaligus, dari memenggal, melempar, hingga membakar mereka hingga hangus.

 

Selain hadir dengan setting yang kini lebih beragam, ada dua penambahan fitur yang membuat gameplay Plants Vs Zombies 2 ini cukup berbeda. Pertama, kehadiran sistem “food”. Tidak lagi harus mengandalkan sekedar kekuatan standar tanaman, Anda kini berkesempatan untuk mendapatkan power-up jika berhasil mengalahkan zombie tertentu. Memberikan power-up ini pada tanaman Anda akan membuat mereka mengeluarkan serangan besar dalam waktu terbatas, yang tentu saja cukup untuk memudahkan Anda melakukan genosida para zombie ini. Bagaimana jika Anda berada dalam kondisi terdesak? Uang terbatas dan tanaman yang tersisa tidak mampu lagi melindungi Anda? Ada“jalan keluar” baru di Plants Vs Zombies 2 ini. Dengan mengorbankan koin, Anda akan diberikan kemampuan super untuk menghabisi para zombie dengan cepat. Dengan melakukan gestur tangan tertentu, Anda bisa memenggal , melempar, bahkan membakar mereka hingga hangus.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 23, 2021 - 0

Review Death Stranding – Director’s Cut: Paket Baru Definisi Tinggi!

Antara Anda benar-benar menyukainya atau benar-benar membenci apa yang ia…
September 22, 2021 - 0

Review Kena – Bridge of Spirits: Kena Sihir Fantasi Elok!

Menarik adalah kata yang tepat untuk menjelaskan pilihan game-game yang…
September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…