Iwata: Nintendo Tidak Akan Pernah Pecat Massal Karyawan!

Reading time:
July 8, 2013
satoru iwata

Industri game memang tengah menghadapi masa depan yang tidak pasti. Di satu sisi, ia berhadapan dengan sebuah pintu potensi baru yang diwakili oleh kehadiran konsol next-gen yang kini mulai berhasil menarik perhatian gamer. Namun di sisi yang lain, berbagai masalah keuangan yang terus meluncur dari perusahaan besar membuat kondisi industri ini terlihat tidak stabil. Hasilnya? Beberapa publisher bahkan harus gulung tikar. Sementara mereka yang bertahan harus mengambil alternatif jalur untuk menghemat setiap pengeluaran yang ada – termasuk melakukan PHK massal untuk alasan efisiensi. Namun tidak untuk Nintendo. Terlepas dari laporan keuangan tahun fiskal lalu yang tidak terlalu memuaskan, Nintendo memastikan bahwa mereka tidak akan menempuh jalur pemecatan layaknya publisher yang lain.

Walaupun berhasil meraih angka yang positif, namun keuntungan yang didapatkan Nintendo meleset hingga 50% dari yang diperkirakan. Hal ini kian diperparah dengan kondisi Wii U yang kian terlihat melemah di pasaran. Ketika publisher lain mulai mengurangi tenaga kerja untuk menghemat pengeluaran, presiden Nintendo – Satoru Iwata justru menegaskan bahwa Nintendo tidak akan pernah melakukan PHK massal. Apa pasal? Mengakui bahwa pemecatan memang bisa menyehatkan kondisi finansial mereka, Nintendo melihat aksi seperti ini tak ubahnya jalan keluar semetara, yang justru akhirnya akan berujung pada konsekuensi yang lebih fatal.

Jika PHK massal merupakan salah satu solusi yang seringkali ditempuh oleh publihser lain untuk menyehatkan kondisi finansial perusahaan, Nintendo justru menghindari opsi tersebut. Iwata yakin bahwa kebijakan seperti ini justru akan menghasilkan konsekuensi negatif jangka panjang.
Jika PHK massal merupakan salah satu solusi yang seringkali ditempuh oleh publihser lain untuk menyehatkan kondisi finansial perusahaan, Nintendo justru menghindari opsi tersebut. Iwata yakin bahwa kebijakan seperti ini justru akan menghasilkan konsekuensi negatif jangka panjang.

Ketakutan, inilah yang dicemaskan oleh Iwata. Ia melihat bahwa pemecatan massal akan membuat moral perusahaan, terutama di sisi karyawan jatuh ke batas yang rendah. Hasilnya? Ketakutan akan dirumahkan justru akan membuat mereka tidak mampu mengembangkan kreativitas dan menciptakan game-game yang akan mampu memukau gamer di seluruh dunia. Ia tetap optimis, bahwa tanpa pemecatan sekalipun, Nintendo akan mampu membuktikan ketangguhan mereka di masa depan, tentu saja lewat ekstra keuntungan yang akan mereka raih. Kontribusi dari para pekerja mereka adalah sesuatu yang tidak tergantikan.

Dengan pikiran berfokus pada bisnis yang seringkali ditunjukkan oleh publisher-publisher kompetitor yang lainnya, komitmen yang diperlihatkan Iwata ini tentu saja menjadi angin yang segar. Tidak mengherankan pula jika Nintendo selama ini selalu berhasil melemparkan franchise-franchise andalan mereka dalam kualitas yang maksimal, dan pastinya menyenangkan. Salute untuk Nintendo!

good one
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…