Review Dynasty Warriors 8: Tetap Adiktif dan Menyenangkan!

Reading time:
August 7, 2013
Dynasty Warriors 8 (2)

Apa yang membuat sebuah game begitu mudah untuk dinikmati? Sebagian developer mungkin mengandalkan kemampuan untuk menghadirkan plot yang kompleks dan mekanik gameplay yang inovatif untuk memunculkan sensasi yang satu ini, namun beberapa berhasil melakukannya dengan hanya mempertahankan elemen klasik yang selama ini menjadi identitas utamanya. Untuk urusan kedua ini, Dynasty Warriors boleh terbilang menjadi monumen yang pantas untuk menjadi bukti bagaimana formula ini ternyata masih diminati. Dengan tetap bertahan pada akar gameplay-nya yang menyenangkan, Tecmo Koei akhirnya merilis sang seri kedelapan untuk Playstation 3 dan Xbox 360.

Berbeda dengan sebagian besar game hack and slash yang mengusung jumlah musuh yang proporsional, Dynasty Warriors memang membangun popularitasnya dari desain gameplay dalam level absurditas yang luar biasa. Konsep cerita Tiga Kerajaan yang menjadi dasar cerita disulap dalam sebuah genre “Musou”, sebuah level hack and slash yang memungkinkan Anda untuk membantai ribuan pasukan musuh dalam satu kali perjalanan. Meninggalkan sensasi heroik yang kentara sekaligus menghasilkan mekanik yang akan terus membuat jari Anda menari indah di atas kontroler. Anda yang sempat membaca preview kami sebelumnya tentu saja sudah mendapatkan sediki gambaran akan apa ditawarkan seri ini sekilas pandang.

Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dynasty Warriors 8? Apa yang membuat kami menyebutnya sebagai sbeuah seri yang tetap adiktif dan menyenangkan?

Plot

Seperti halnya seri-seri Dynasty Warrior sebelumnya, Dynasty Warriors 8 juga akan menjadikan kisah pertempuran tiga negara sebagai tema utama.
Seperti halnya seri-seri Dynasty Warrior sebelumnya, Dynasty Warriors 8 juga akan menjadikan kisah pertempuran tiga negara sebagai tema utama.

Tetap bertahan dengan pondasi cerita Tiga Kerajaan yang menjadi landasan cerita franchise Tecmo Koei selama ini, Dynasty Warriors 8 memberikan kesempatan untuk menjajal cerita dari kacamata empat kerajaan yang berbeda di Story Mode. Anda bisa berperan sebagai tokoh-tokoh ikonik dari Kerajaan Wei, Wu, Shu dan Jin. Tidak hanya sekedar terlibat dalam misi yang bergerak cepat dari satu chapter ke chapter lainnya, Dynasty Warriors 8 juga membubuhkannya dengan ekstra cut-scene sinematik di awal dan akhir cerita untuk menambahkan atmosfer plot yang sesuai.

 

Ada empat skenario dari empat Kerajaan yang bisa Anda pilih di Story Mode: Wu, Wei, Shu, dan Jin.
Ada empat skenario dari empat Kerajaan yang bisa Anda pilih di Story Mode: Wu, Wei, Shu, dan Jin.
Pendekatan yang lebih sinematik disuntikkan untuk mendukung plot yang ada.
Pendekatan yang lebih sinematik disuntikkan untuk mendukung plot yang ada.

Di Wei, Anda akan berfokus pada sosok legendaris Cao Cao yang terlibat dalam perang besar – Chibi setelah berhasil kabur dari usaha pembunuhan yang krusial. Wu berputar pada usaha Sun Quan untuk membangun kembali keluarga Wu sebagai salah satu kekuatan militer yang paling ditakuti di China. Sebuah kisah klasik yang tidak tergantikan – Shu kembali memuat kisah tiga serangkai yang tentu tidak lagi asing: Liu Bei, Guan Yu, dan Zhang Fei dengan pendekatan dramatis yang menggugah. Terakhir? Anda akan terlibat dalam aksi kudeta yang dilakukan oleh Jin lewat tangan dingin Sima Yi setelah tewasnya sang rival utama – Zhuge Liang. Keempat perjalanan ini akan menghasilkan satu benang merah yang sama dan membawa Anda masuk ke dalam alur Tiga Kerajaan yang lebih kompleks.

Tidak harus terjebak dalam cerita historis yang disediakan, ekstra usaha akan memungkinkan akan menempuh jalur cerita yang berbeda.
Tidak harus terjebak dalam cerita historis yang disediakan, ekstra usaha akan memungkinkan akan menempuh jalur cerita yang berbeda.
Pertempuran epik dengan agenda masing-masing pun dimulai.
Pertempuran epik dengan agenda masing-masing pun dimulai.

Namun tidak sekedar jatuh dalam jalur yang sama, Dynasty Warriors 8 hadir dengan pendekatan unik yang lain di sisi plot. Menempuh side mission tertentu dan menyelesaikan beberapa objektif alternatif yang ada, Anda berkesempatan untuk membuka sebuah jalur sejarah yang berbeda dengan jalur cerita Tiga Kerajaan yang selama ini Anda kenal. Sebuah misi ekstra yang tidak akan hanya akan memerangkap Anda lebih jauh ke dalam Dynasty Warriors 8, tetapi menjadi daya tarik tersendiri.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…