10 Kejadian Unik yang Mungkin Terjadi di GTA: Jakarta!

Reading time:
September 30, 2013
trevor_atv_extended_red

Apa yang membuat sebuah seri GTA dicintai oleh sebagian besar gamer di seluruh dunia? Fakta bahwa Rockstar secara konsisten melemparkan kualitas gameplay yang luar biasa boleh terbilang hanyalah satu dari begitu banyak pesona dari franchise open-world terbaik itu. Salah satu alasan yang cukup krusial adalah fakta bahwa Rockstar memperhatikan dunia yang mereka bangun, hingga ke detail terkecil. Musik, tata cahaya, hingga desain tata kotanya sendiri. Tidak percaya? Lihat saja apa yang mereka suntikkan di seri terbaru GTA V.

Terlepas dari dunianya yang begitu luas, mereka berhasil mengadaptasikan sebuah desain dunia yang berhasil memproyeksikan inspirasi dunia nyata yang luar biasa. Dengan pesona seperti ini, banyak gamer yang tentu penasaran bagaimana sang seri kelanjutan – GTA VI akan diproduksi di masa depan? Beberapa menginginkan kehadiran karakter utama wanita sebagai poros pendorong plot, beberapa menginginkan gaya cerita berseberangan, dari kacamata seorang criminal dan dari karakter yang bergerak di wilayah hukum. Namun sebagian besar dari permintaan ini berkisar pada kehadiran setting utama yang baru setelah proyeksi Los Santos yang begitu luar biasa. London, Tokyo, atau bahkan Paris menjadi pilihan utama. Pertanyaannya kini, apa yang akan terjadi jika Rockstar akhirnya mengumumkan bahwa Jakarta menjadi setting selanjutnya GTA VI? Hasil berandai-andai itulah yang menghasilkan artikel ini.

Dengan budaya, kehidupan sosial, dan kompleksitas masalah yang berbeda inilah, Jakarta akan menawarkan sesuatu yang belum pernah ditawarkan oleh sebuah seri GTA sebelumnya, apalagi jika Rockstar memang mengejar level detail yang mumpuni. Keunikan seperti apa saja yang akan kita temukan? Berikut adalah hasil khayalan kami:

10. Tersesat

jalan tikus

Lupakan semua sistem GPS yang akan disuntikkan Rockstar untuk GTA: Jakarta. Terlepas dari jalan-jalan utama yang akan menjadi media utama Anda untuk bergerak, Jakarta menyediakan begitu banyak jalan tikus untuk dilewati, mempersingkat jarak tempuh dari satu titik ke titik lainnya. Menariknya? Tidak semua jalan “tikus” ini tersedia dalam teknologi peta digital saat ini, membutuhkan waktu ekstra untuk menyusuri setiap darinya. Jika Rockstar membangun setting ini dengan kualitas detail yang sama dengan yang mereka suntikkan di Los Santos, tersesat tampaknya akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan ketika menikmati GTA: Jakarta. Apalagi jika Rockstar membubuhkan begitu banyak collectible items dan rahasia-rahasia di sudut-sudut yang tidak terjangkau dengan kendaraan besar.

9. Terjebak Demonstrasi / Tawuran

demo buruh

Salah satu kejadian “unik” yang secara konsisten selalu terjadi di ibu kotaIndonesia ini adalah demonstrasi dalam skala besar-besaran. Kehidupan dan kesejahteraan sosial yang dianggap belum dapat terpenuhi, atau sekedar karena alasan-alasan politis, demonstasi menjadi bagian yang tidak bisa lagi terpisahkan. Bayangkan jika Anda tengah memainkan GTA: Jakarta ini, dan bertemu dengan kerumuman yang begitu masif, yang menghalangi akses jalur utama. Semuanya tengah bergerak teratur dan berteriak di depan Anda. Bayangkan apa yang bisa dilakukan dengan beberapa peluru grenade launcher atau mungkin sticky bomb..

8. Berawal dari Seorang Preman Pasar

preman

Selain GTA V yang memang memosisikan ketiga karakternya sebagai para pelaku kriminal veteran, hampir sebagian besar seri GTA sebelumnya selalu memosisikan sosok sang karakter utama sebagai bagian terkecil dari sebuah organisasi kejahatan. CJ memulainya dari pencurian sepeda, dan Nico Bellic dengan sedikit usaha untuk membantu aksi sepupunya. Bayangkan apa yang harus dilakukan Rockstar ketika membawa konsep seperti ini ke GTA: Jakarta. Pilihan paling rasional? Ya tentu memosisikan karakter kita sebagai seorang preman pasar atau tepi jalan. Yang tindak kejahatannya masih berkisar meminta pungutan liar atau sekedar memalak anak sekolah yang tidak sengaja lewat.

7. Selalu Ada Cara “Membayar” Hukum

rupiah

Pahit memang, namun ini menjadi salah satu realita yang terjadi di kehidupan sosial masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Jika di seri GTA selama ini, opsi terkejar polisi hanya ditangkap atau ditembak mati, GTA: Jakarta akan memuat proses yang lebih ekstrim – menyuap. Menariknya lagi, Rockstar dapat menyuntikkan konsep oknum di dalamnya. Beberapa petugas yang bersih akan menolak suapan tersebut dan justru membuat Anda tertangkap dengan konsekuensi fatal tersendiri, sementara petugas yang kotor akan menjadi jalan keluar. Satu-satunya cara untuk membedakan mana petugas yang bersih dan kotor hanyalah dengan menjalankan misi sampingan tertentu, yang akan memberikan Anda ekstra informasi siapa saja dan lokasi mana saja yang pantas untuk diwaspadai.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…