Review Saints Row IV: Gila dan Brilian!

Reading time:
September 3, 2013

Total Fun!

Kesan Saints Row III memang mengalir kuat dari seri keempat ini, namun dengan penambahan ekstra fitur yang lebih gila.
Kesan Saints Row III memang mengalir kuat dari seri keempat ini, namun dengan penambahan ekstra fitur yang lebih gila.

Jika sebagian besar game membutuhkan sebuah plot yang solid, musik yang menggugah, atau gameplay yang unik untuk tampil luar biasa, Saints Row IV hanya hadir dengan dua pesona utama yang sulit untuk ditolak: kegilaan dan kesenangan, hingga pada batas yang  tidak masuk akal. Berangkat dari akar franchise yang terhitung serius di dua seri sebelumnya, Saints Row IV benar-benar membawa franchise ini ke arah yang belum pernah ditempuh sebelumnya – pesona dari menggunakan kekuatan super power di sebuah skema open world. Konsep ini  sendiri terhitung tidak asing lagi di industri game, mengingat game-game sekelas Prototype dan Infamous juga hadir dengan pesona yang sama. Lantas apa yang membuat Saints Row IV, dalam judul utama yang kami usung, brilian?

Di satu yang sisi, ia masih meninggalkan kesan Saints Row yang selama ini kita kenal, terutama dari seri Saints Row III. Anda masih punya kebebasan yang hampir absolut untuk menciptakan desain karakter yang ada, dari bentuk default, wanita tanpa busana (seperti fase yang sempat kami lewati), para gangster berkepala besar, hingga toilet sekalipun. Anda bisa menciptakan desain seaneh apapun yang Anda inginkan. Feel animasi gerakan dan commandnya sendiri pun tidak banyak berbeda, sehingga Anda yang cukup familiar dengan seri ini tidak akan mengalami kesulitan untuk mengusai Saints Row IV, begitu juga dengan Anda yang baru mendengar nama franchise ini untuk pertama kalinya.

Now with superpowers!
Now with superpowers!
Pertarungan senjata api memang masih menjadi tema utama, namun kemampuan super power akan membawa pengaruh yang besar dalam pertempuran.
Pertarungan senjata api memang masih menjadi tema utama, namun kemampuan super power akan membawa pengaruh yang besar dalam pertempuran.

Salah satu perbedaan yang signifikan tentu dari sisi gameplay yang disuntikkan Volition di dalamnya. Tidak hanya sekedar berperang dengan senjata futuristik, fakta bahwa Anda tengah terjebak di dalam simulasi Steelport memungkinkan Anda untuk mengakses segudang kemampuan super demi menundukkan para alien yang ada. Anda bisa berlari dengan super cepat, melayang dalam waktu yang lama, menembakkan beragam elemen – api dan es, mengendalikan pikiran para musuh, melakukan stomp maut, hingga melompat super tinggi. Semua kekuatan ini akan menjadi media terbaik Anda untuk menaklukkan ancaman, atau sekedar menyelesaikan setiap misi yang ada. Tidak hanya diperkuat dengan kekuatan ini, Anda juga akan disuguhkan senjata alien berteknologi absurd, termasuk sang senjata paling ikonik – Dubstep Gun.

Lantas apa yang membuat kami menyebut seri ini sebagai sesuatu yang brilian? Karena Volition berhasil menyatukan semua elemen ini ke dalam sebuah format gameplay yang adiktif dan menyenangkan. Kekuatan super dan ragam senjata mutakhir memang membuat karakter kita terasa sangat overpowered melawan para polisi atau alien yang boleh terbilang, terlalu mudah untuk ditaklukkan. Terlepas dari jumlahnya yang lebih masif, musuh Anda tidak akan mampu menghasilkan damage yang kentara. Dengan menggunakan kombinasi yang tepat, Anda juga bisa menghancurkan mereka dalam sekejap mata, tanpa perlu bersusah payah. Tantangan sebenarnya terletak di segudang misi yang ditawarkan.

Wub wub wub wub wub wub!
Wub wub wub wub wub wub!
Tidak hanya kemampuan super power, Anda juga berkesempatan menggunakan mecha.
Tidak hanya kemampuan super power, Anda juga berkesempatan menggunakan mecha.

Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, Saints Row IV memiliki jauh lebih banyak side mission untuk ditundukkan. Keberhasilan meramu ragam side mission dalam beragam format gameplay dan cara penyelesaian meminimalisiri potensi jatuh pada gaya gameplay yang monoton. Memanjat menara super tinggi, menghancurkan markas musuh dan mengambil kendali, melemparkan diri ke puluhan kendaraan yang lalu lalang, mengendalikan mecha dan menghasilkan lebih banyak kehancuran, melindungi proses peretasan melawan musuh dalam gelombang, mencuri dan mengantarkan kendaraan tertentu, hingga yang membutuhkan Anda untuk sedikit memutar otak seperti menyelesaikan puzzle. Reward yang didapatkan juga akan sepadan. Tidak hanya experience, Anda juga berpotensi untuk mengumpulkan lebih banyak uang.

Terlepas dari kedangkalan cerita yang ia usung, apalagi mengingat kemiripan yang begitu kentara dengan film sci-fi Matrix (walaupun dalam skala yang lebih absurd), Saints Row IV memang terhitung menghasilkan sebuah formula yang brilian. Mekanisme super power yang menyenangkan, penuh kehancuran memang berpotensi membuat permainan monoton. Untungnya, ada begitu banyak side mission yang hadir sebagai penyelamat di sana, membuat Anda terus sibuk, bahkan melupakan cerita utama yang hendak diusung.

Reward yang Akan Mendorong Anda Terus Sibuk

Ada begitu banyak side mission yang tersebar di sepanjang map ini.
Ada begitu banyak side mission yang tersebar di sepanjang map ini.

Bentuk kota yang tidak terlalu besar memang hanya membutuhkan waktu singkat bagi Anda untuk menjelajahi dari satu ujung ke ujung lainnya,  namun bukan berarti kota kecil ini tidak akan mampu menampung jam gameplay yang cukup panjang. Misi utama memang hanya membutuhkan waktu singkat untuk diselesaikan, namun Volition sendiri menyimpang begitu banyak side mission dan ragamnya untuk membuat Anda terus sibuk. Pertanyaannya tentu saja satu: untuk apa Anda repot-repot menyibukkan diri dan terlibat dalam misi-misi ini? Jawaban utama: Reward.

Money is the root of all evils, ungkapan yang satu ini tampaknya harus dimodifikasi menjadi “Money is the root of all powers” di Saints Row IV ini. Dengan menyelesaikan segudang side mission yang ada, Anda bisa meningkatkan level The Boss lewat secuil experience yang didapatkan dari setiap aksi yang Anda lakukan. Implikasinya? Semakin tinggi level yang Anda miliki, maka pintu untuk membuka skill yang lebih besar pun terbuka. Skill-skill yang sebagian menghasilkan buff permanen ini hanya bisa dibuka dengan mengorbankan uang dalam jumlah tertentu, dan akan semakin masif mengikuti progress permainan Anda. Side mission menjadi krusial sebagai sumber uang untuk mendapatkan ekstra kemampuan sebelum menjajal misi utama yang mungkin lebih sulit.

Uang menjadi bagian paling penting di Saints Row IV. Salah satu alasan utama untuk menyelesaikan setiap misi yang ada.
Uang menjadi bagian paling penting di Saints Row IV. Salah satu alasan utama untuk menyelesaikan setiap misi yang ada.
Ada begitu banyak modifikasi yang bisa Anda lakukan, termasuk mengubah anggota gang Anda dan memperkuat mereka.
Ada begitu banyak modifikasi yang bisa Anda lakukan, termasuk mengubah anggota gang Anda dan memperkuat mereka.

 

Tidak hanya dari misi-misi kecil yang Anda selesaikan, Saints Row IV juga menyertakan Cache, sebuah tempat penyimpanan uang sementara yang akan cair dalam kurun waktu tertentu. Semakin banyak misi yang Anda selesaikan, semakin banyak pula cache yang bisa Anda cairkan untuk menambah jumlah uang yang berada di tangan Anda. Dari berfokus pada skill, pundi uang yang menggemuk ini juga bisa didistribusikan untuk memperkuat senjata-senjata yang Anda miliki, dari akurasi, kekuatan, hingga kemampuan spesial di titik tertentu.

Uang juga bisa digunakan untuk memperkuat senjata yang Anda gunakan.
Uang juga bisa digunakan untuk memperkuat senjata yang Anda gunakan.

Sayangnya uang tidak bisa membeli kemampuan super Anda. Satu ekstra side-mission dengan “mata uang” yang berbeda harus dikumpulkan untuk memastikan variasi kemampuan super Anda juga akan ikut bertambah kuat, tidak hanya terjebak dalam level yang sama. Sebagai elemen yang tak kalah penting, Anda akan menemukan diri Anda berkeliling tanpa arah di Steelport untuk mengumpulkan sebuah cahaya bersinar bernama “Data Cluster” yang biasanya bersemayam di ketinggian. Mengoleksinya dalam jumlah yang cukup, Anda bisa meningkatkan kemampuan super Anda ke level yang lebih tinggi: berlari melewati laut, gliding yang kian jauh dan tak berbeda dengan terbang, efek serangan es yang lebih mematikan, dan segudang upgrade yang lain. Ada begitu banyak alternatif side mission yang harus Anda jajal.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…