COD: Ghosts PC Bohong Soal Spesifikasi 6 GB RAM?

Reading time:
November 6, 2013
Call of Duty - Ghosts new gameplay trailer (30)

Apa yang membuat seri Call of Duty meraih popularitas yang tinggi di kalangan banyak gamer? Selain karena mode single player yang selalu berhasil tampil memukau, COD selalu dikenal sebagai game yang tidak menuntut spesifikasi yang tinggi. Konsekuensi dari memastikan game mereka berjalan di framerate 60fps untuk Xbox 360 dan Playstation 3, Call of Duty tampil ringan di versi PC jika dibandingkan dengan kebutuhan spesifikasi yang dilontarkan oleh sang kompetitor utama – Battlefield. Namun citra ini berubah ketika Activision akhirnya merilis spesifikasi minimum untuk sang seri terbaru – COD: Ghosts. Tidak main-main, versi PC Ghosts membutuhkan storage kurang lebih 40 GB dan 6 GB RAM. Namun benarkah demikian?

Activision dan Infinity Ward sendiri tidak main-main ketika menetapkan kebutuhan minimum RAM yang satu ini. Tidak seperti game PC lainnya yang terhitung fleksibel dan terkadang tetap membiarkan Anda memulai permainan walaupun berada di bawah batas spesifikasi yang dibutuhkan, COD: Ghosts menolak untuk dimulai di PC dengan RAM di bawah 6 GB. Sayang seribu sayang, penelusuran yang dilakukan oleh para gamer di dunia maya justru membongkar kebohongan yang satu ini. Spesifikasi PC COD: Ghosts ternyata tidak seberat yang dibayangkan.

Sama sekali tidak fleksibel, COD: Ghosts akan menolak dimainkan di PC yang tidak memiliki RAM minimal 6 GB. Peringatan bahwa PC Anda tidak memenuhi kebutuhan minimum akan muncul.
Sama sekali tidak fleksibel, COD: Ghosts akan menolak dimainkan di PC yang tidak memiliki RAM minimal 6 GB. Peringatan bahwa PC Anda tidak memenuhi kebutuhan minimum akan muncul. Padahal ketika dicek di Task Manager, game ini hanya membutuhkan 1.1 – 1.8 GB RAM dalam kondisi normal. 
Dengan menggunakan file patch buatan modder - 'Call.of.Duty.Ghosts.RAMfix.Crack.Only-3DM', Ghosts dapat dimainkan di PC dengan spesifikasi RAM lebih rendah.
Dengan menggunakan file patch buatan modder – ‘Call.of.Duty.Ghosts.RAMfix.Crack.Only-3DM’, Ghosts dapat dimainkan di PC dengan spesifikasi RAM lebih rendah. Patch ini berfungsi baik di Ghosts versi bajakan, namun belum ada informasi apakah beresiko untuk Ghosts versi Original via Steam. 

Ketika dibuka di Task Manager, COD: Ghosts ternyata hanya menyita kurang lebih 1,1 – 1,8 GB RAM ketika dimainkan, dan tentu saja sedikit lebih berat di level yang memang dipenuhi dengan tekstur. Namun menuntut hingga 6 GB RAM? Tentu saja tidak masuk akal. Penemuan ini jugalah yang akhirnya mendorong para modder untuk merilis satu folder patch bernama “RAMFix” yang memungkinkan COD: Ghosts untuk dimainkan di PC dengan RAM setidaknya, 4 GB. Patch folder ini sendiri berfungsi dengan sangat baik di COD: Ghosts versi bajakan, namun belum ada kepastian apakah beresiko untuk COD: Ghosts original via Steam.

Apa yang mendasari kebohongan Activision dan Infinity Ward ini? Port next-gen yang tidak sempurna? Atau sekedar keinginan untuk menjual citra COD: Ghosts sebagai game next-gen lewat kebutuhan spesifikasi yang lebih berat? Apakah mereka akan merilis patch untuk memperbaiki hal ini di masa depan? Activision sendiri belum memberikan keterangan resmi apapun terkait penemuan yang satu ini.

What do you think, players?

 

Load Comments

PC Games

September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…

PlayStation

September 1, 2022 - 0

Wawancara dengan Shaun Escayg dan Matthew Gallant (The Last of Us Part I)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Shuan Escayg dan Matthew Gallant terkait…
August 31, 2022 - 0

Review The Last of Us Part I: Lebih Indah, Lebih Emosional!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Last of Us Part…
August 26, 2022 - 0

Review Soul Hackers 2: Kumpul Iblis, Selamatkan Dunia!

Bagaimana dengan pengalaman yang ditawarkan oleh Soul Hackers 2 ini?…
August 25, 2022 - 0

Review Playstation Plus Tier Baru: Ambil EXTRA, Abaikan DELUXE!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Playstation Plus Tier Baru ini?…

Nintendo

September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…