COD: Ghosts PC Bohong Soal Spesifikasi 6 GB RAM?

Reading time:
November 6, 2013
Call of Duty - Ghosts new gameplay trailer (30)

Apa yang membuat seri Call of Duty meraih popularitas yang tinggi di kalangan banyak gamer? Selain karena mode single player yang selalu berhasil tampil memukau, COD selalu dikenal sebagai game yang tidak menuntut spesifikasi yang tinggi. Konsekuensi dari memastikan game mereka berjalan di framerate 60fps untuk Xbox 360 dan Playstation 3, Call of Duty tampil ringan di versi PC jika dibandingkan dengan kebutuhan spesifikasi yang dilontarkan oleh sang kompetitor utama – Battlefield. Namun citra ini berubah ketika Activision akhirnya merilis spesifikasi minimum untuk sang seri terbaru – COD: Ghosts. Tidak main-main, versi PC Ghosts membutuhkan storage kurang lebih 40 GB dan 6 GB RAM. Namun benarkah demikian?

Activision dan Infinity Ward sendiri tidak main-main ketika menetapkan kebutuhan minimum RAM yang satu ini. Tidak seperti game PC lainnya yang terhitung fleksibel dan terkadang tetap membiarkan Anda memulai permainan walaupun berada di bawah batas spesifikasi yang dibutuhkan, COD: Ghosts menolak untuk dimulai di PC dengan RAM di bawah 6 GB. Sayang seribu sayang, penelusuran yang dilakukan oleh para gamer di dunia maya justru membongkar kebohongan yang satu ini. Spesifikasi PC COD: Ghosts ternyata tidak seberat yang dibayangkan.

Sama sekali tidak fleksibel, COD: Ghosts akan menolak dimainkan di PC yang tidak memiliki RAM minimal 6 GB. Peringatan bahwa PC Anda tidak memenuhi kebutuhan minimum akan muncul.
Sama sekali tidak fleksibel, COD: Ghosts akan menolak dimainkan di PC yang tidak memiliki RAM minimal 6 GB. Peringatan bahwa PC Anda tidak memenuhi kebutuhan minimum akan muncul. Padahal ketika dicek di Task Manager, game ini hanya membutuhkan 1.1 – 1.8 GB RAM dalam kondisi normal. 
Dengan menggunakan file patch buatan modder - 'Call.of.Duty.Ghosts.RAMfix.Crack.Only-3DM', Ghosts dapat dimainkan di PC dengan spesifikasi RAM lebih rendah.
Dengan menggunakan file patch buatan modder – ‘Call.of.Duty.Ghosts.RAMfix.Crack.Only-3DM’, Ghosts dapat dimainkan di PC dengan spesifikasi RAM lebih rendah. Patch ini berfungsi baik di Ghosts versi bajakan, namun belum ada informasi apakah beresiko untuk Ghosts versi Original via Steam. 

Ketika dibuka di Task Manager, COD: Ghosts ternyata hanya menyita kurang lebih 1,1 – 1,8 GB RAM ketika dimainkan, dan tentu saja sedikit lebih berat di level yang memang dipenuhi dengan tekstur. Namun menuntut hingga 6 GB RAM? Tentu saja tidak masuk akal. Penemuan ini jugalah yang akhirnya mendorong para modder untuk merilis satu folder patch bernama “RAMFix” yang memungkinkan COD: Ghosts untuk dimainkan di PC dengan RAM setidaknya, 4 GB. Patch folder ini sendiri berfungsi dengan sangat baik di COD: Ghosts versi bajakan, namun belum ada kepastian apakah beresiko untuk COD: Ghosts original via Steam.

Apa yang mendasari kebohongan Activision dan Infinity Ward ini? Port next-gen yang tidak sempurna? Atau sekedar keinginan untuk menjual citra COD: Ghosts sebagai game next-gen lewat kebutuhan spesifikasi yang lebih berat? Apakah mereka akan merilis patch untuk memperbaiki hal ini di masa depan? Activision sendiri belum memberikan keterangan resmi apapun terkait penemuan yang satu ini.

What do you think, players?

 

Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…