NostalGame: Command & Conquer Generals – Zero Hour

Reading time:
December 5, 2013

Apa yang Kami Sukai Dari Command & Conquers: Generals – Zero Hour?

Bangun Semua Bersamaan

Bebas antri. Yeay!
Bebas antri. Yeay!

Sebagai gamer yang menghabiskan sebagian masa mudanya di game centre dan hanya mengandalkan tempat ini untuk mengenalkan game-game baru, pengetahuan pribadi kami soal game RTS memang sangat terbatas di kala itu. Selain Red Alert 2, Age of Empire II, dan Battle Realms, hampir tidak ada video game bergenre strategi yang menarik perhatian kami. Bergerak dari Red Alert 2 lah, kami jatuh cinta pada fitur “terbaru” di Generals dan Zero Hour tentunya. Tidak lagi dibatasi dengan fakta bahwa Anda hanya bisa membangun satu unit secara bergantian terlepas dari jumlah bangunan yang Anda bangun, Generals memosiskan setiap bangunan ini sebagai unit yang terpisah. Semakin banyak barrack, semakin banyak unit yang bisa dihasilkan secara bersamaan. Di kala itu, fitur ini begitu fenomenal, setidaknya bagi kami sendiri.

All Hail The Emperor!

Overlord? Pfffttt.. All hail the Emperor!
Overlord? Pfffttt.. All hail the Emperor!

Tidak ada yang lebih menarik bagi seorang gamer penggemar RTS selain menemukan bahwa ia baru saja membangun unit terkuat dalam game yang akan dengan mudah menghancurkan apapun yang berada di hadapannya. Di Generals, prestige ini adalah kepunyaan sebuah tank China bernama Overlord. Namun begitu Anda menjajal Zero Hour, sebuah tank yang bahkan lebih destruktif diperkenalkan – Emperor. Lebih besar, lebih berat, dengan serangan yang lebih destruktif dan ekstra perk senjata yang lebih lengkap, Emperor adalah unit darat terkuat di Zero Hour. Membangun lima atau lebih unit ini dan membuat mereka berjalan beiringan, menyusuri daratan kering sebagai gelombang kehancuran pertama untuk faksi musuh menghasilkan pengalaman epik tersendiri.

Progress Karakter

Tidak hanya unit, Anda juga bisa mendapatkan level up sebagai satu faksi, yang membuka akses terhadap serangan
Tidak hanya unit, Anda juga bisa mendapatkan level up sebagai satu faksi, yang membuka akses terhadap serangan “spesial” yang mematikan.

Salah satu alasan yang membuat Zero Hour terasa sangat berbeda dibandingkan dengan seri RTS yang lain adalah fakta bahwa setiap unit yang Anda bangun memiliki kesempatan untuk menjalani progress mereka sendiri. Semakin banyak mereka membunuh, semakin banyak pula experience points yang mereka dapatkan, dan tentu saja masuk ke level yang lebih tinggi. Unit dengan level yang lebih tinggi dan veteran di medan pertarungan menghasilkan damage yang luar biasa dengan kecepatan tinggi. Begitu berharganya unit-unit, Anda akan membangun keterikatan “emosional” tersendiri, setidaknya secara otomatis memberikan semangat atau bahkan mendukung dengan berteriak-teriak setiap kali mereka melontarkan serangan untuk menghancurkan pasukan musuh. Tidak hanya unit, faksi Anda secara keseluruhan juga memiliki kemungkinan untuk bertambah kuat, yang ditandai dengan dibukanya akses yang lebih luas ke senjata dan kemampuan spesial yang lebih destruktif. Favorit? Masih belum ada yang bisa mengalahkan nikmatnya dentuman Carpet Bomb.

Visual Effect dari Super Weapon yang Ada

BOOM!
BOOM!

Sebuah solusi instan yang tidak murah dan sekaligus menjadikan Anda sebagai target utama serangan secara otomatis, super weapon adalah salah satu alasan utama mengapa banyak gamer RTS yang jatuh cinta dengan seri Command & Conquer. Ledakan nuklir skala besar yang mampu meratakan satu markas musuh secara instan dan meledakkan apapun yang ia sentuh divisualisasikan dengan begitu luar biasa di Generals: Zero Hour. Gamer mana yang tidak akan berteriak seperti anak kecil ketika beberapa rudal SCUD yang meluncur indah dari base dan jatuh seperti hujan penuh aura kematian di base musuh, atau ketika Anda melihat sebuah laser indah nan destruktif bergerak sesuai yang kita inginkan dari angkasa. Semua super weapon yang ada di kali itu menghadirkan efek visual dan animasi yang pantas untuk diacungi jempol.

LAN Party!

Salah satu game terbaik untuk LAN Party, no doubt!
Salah satu game terbaik untuk LAN Party, no doubt!

Dan mengapa kami mudah jatuh cinta dengan seri Generals? Tentu saja karena ia sudah terbukti sebagai salah satu game RTS yang begitu mudah untuk dinikmati, baik secara kooperatif ataupun kompetitif, ketika Anda bermain LAN Party dengan teman-teman Anda yang lain. Unit yang balance dan segudang strategi yang bisa diterapkan, serangan cepat atau lambat, hingga berkonspirasi untuk berfokus dan menghancurkan teman yang lain menghasilkan keseruan tersendiri. Sumpah serapah dan kemarahan yang ditunjukkan seolah menjadi bumbu penyedap yang akan sulit digantikan. Momen terbaik kami pribadi? Ketika kami menggunakan USA dengan Generals AirForce dan mengirimkan 12 Aurora Bomber untuk menghancurkan supply line teman kami yang lain. Ditambah dengan drone di atasnya, ini menjadi kematian yang perlahan. Tidak untuk menghancurkan secara total, hanya memastikan mereka tidak memiliki uang sepeserpun untuk digunakan dan hanya bisa melihat Anda bermain dan expand. The most evil thing that you can do!

Angry Mob

Destroy Everything!
Destroy Everything!

Untuk yang satu ini, tidak perlu penjelasan. Argggghhhhhhhhhhhhhh….!!

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

January 30, 2023 - 0

Review Dead Space Remake: Isak Tangis di Luar Angkasa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dead Space Remake ini? Apa…
December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…