15 Musik Game Terbaik di Generasi Gaming Saat Ini!

Reading time:
January 6, 2014
15 Musik Game Terbaik di Generasi Gaming Saat Ini!

Peralihan menuju generasi gaming yang baru memang belum sepenuhnya terjadi, namun sebagai salah satu generasi dengan masa hidup paling lama, generasi gaming yang ditawarkan Nintendo Wii, Playstation 3, dan Xbox 360 memang meninggalkan begitu banyak hal yang luar biasa untuk para gamer. Ada begitu banyak game yang berhasil tampil memukau, tidak hanya dari sisi visual dan gameplay, tetapi juga cerita. Video game tidak lagi dilihat sebagai media hiburan interaktif yang harus menyenangkan, tetapi juga sebuah wadah untuk menyalurkan cerita-cerita terbaik. Walaupun demikian, ada satu elemen yang tampaknya seringkali dilupakan terlepas dari kontribusinya yang begitu signifikan terhadap pengalaman gaming yang ada. Benar sekali, kita membicarakan musik yang ditawarkan.

Musik bukan sekedar elemen yang mengisi ruang kosong ketika Anda tengah terjebak menjalankan petualangan besar Anda di dalam game. Perlahan namun pasti, ia juga membantu membangun atmosfer yang dibutuhkan untuk membantu menciptakan sebuah ilusi yang lebih realistis. Tugas utamanya mungkin memperkuat tema yang ingin ditawarkan oleh developer, namun alunan yang ada perlahan namun pasti, mulai bermain dengan semua emosi yang Anda lihat di layar kaca. Semua musik original ini dibangun dengan keseriusan yang pantas untuk diacungi jempol, dari tangan-tangan terbaik di industri hiburan. Hasilnya? Soundtrack-soundtrack yang akan mudah terbakar di otak Anda.

Dari semua music dan original soundtrack yang menyebar di game yang dirilis di generasi sebelumnya, apa saja yang menurut kami pantas untuk disebut terbaik? Inilah 15 musik game terbaik di antaranya:

15. Dragon Age Origins [Dragon Age: Origins]

da origins

Musik menjadi bagian yang tidak pernah dipisahkan dari sebuah kisah fantasi besar, itulah keberhasilan yang berhasil dicapai oleh Bioware di Dragon Age: Origins. Sebagai sebuah franchise baru yang baru hendak masuk ke dalam persaingan game yang keras, Bioware memang harus menciptakan ilusi sebuah perjalanan fantasi yang luar biasa di sana. Tidak perlu menunggu lama, musik yang menyambut Anda di DA: Origins sejak awal sudah memperkuat hal tersebut, mempersiapkan Anda untuk sebuah petualangan epik.

14. The Main Theme [L.A. Noire]

la noire

Menempatkan atmosfer dengan tepat, kalimat yang satu ini tampaknya cocok untuk menggambarkan apa yang berhasil dilakukan oleh Rockstar untuk L.A. Noire. Sebagai game yang menjadikan tahun 1940-an sebagai setting utama, musik memainkan peranan jauh lebih penting untuk mendefinisikan tema tersebut, dan tidak hanya sekedar desain karakter atau kota. Dengan genre lounge jazz yang menghiasi sebagian besar permainan, tidak ada lagi pilihan musik yang lebih baik lagi untuk mendukung semua aktivitas investigasi kejahatan Anda.

13. Mariachi Madness 8 bit [Rayman Legends]

Rayman Legends (53)

Rayman Legends adalah salah satu game platform terbaik yang pernah hadir di industri game, semua gamer yang pernah menjajalnya tentu saja setuju dengan kesimpulan yang satu ini. Tidak hanya sekedar engine yang memungkinkan visualisasi dua dimensi yang luar biasa, Ubisoft meramunya dengan gameplay dan desain level yang akan terus mendorong Anda jatuh cinta kepadanya. Salah satu yang menarik dari Rayman Legends adalah variasi level musik yang ia tawarkan untuk memberikan atmosfer yang berbeda. Semua musik luar biasa yang tidak hanya akan membuat Anda terpuaskan secara visual, tetapi juga lewat stimulus audio yang ada. Di antara semua lagu yang ditawarkan, Mariachi Madness dalam versi 8 bit meninggalkan kesan yang dalam tersendiri. Riang tetapi juga membuat Anda merasa terpacu dengan waktu.

12. Roar of Departed Souls [Lost Odyssey]

kaim argonar

Pertarungan dengan boss terakhir adalah momen terpenting di dalalm sebuah game, apalagi jika Anda terlibat dalam game RPG. Setelah berpetualang puluhan jam untuk mendapatkan equipment terkuat dan serangkaian side-quest melelahkan, bertarung dengan sang rintangan terakhir yang seringkali hadir dalam berbagai bentuk memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Bayangkan jika Anda akan disuguhi racikan salah satu mahakarya Nobuo Uematsu selama menjalani proses tersebut. Sensasi inilah yang mungkin tepat untuk menggambarkan “Roar of Departed Souls” dari Lost Odyssey. Ada sensasi epik dan menyeramkan dari ruangan yang Anda dengar sejak awal musik ini mengalun. Seolah Anda benar-benar tengah terlibat dalam pertempuran untuk menentukan nasib dunia itu sendiri.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…