Review Don’t Starve – Console Edition: Belajar Bertahan Hidup!

Reading time:
January 22, 2014

Super Adiktif!

Walaupun terdengar sangat menantang, Don’t Starve terhitung berhasil menghadirkan formula yang akan membuat Anda terus menjajalnya, bahkan menghabiskan waktu berjam-jam tanpa sadar. Mekanik permainan yang harus Anda lakukan setiap hari memang tidak banyak berbeda dan cenderung monoton, namun fakta bahwa Anda masih bisa membangun begitu banyak hal untuk mendukung hidup Wilson akan cukup menjadi motivasi pendorong Anda untuk terus mengumpulkan resource sekaligus memastikan diri bertahan hidup. Tewas dan Anda harus mengulang lagi dari awal? Alih-alih menyerah, Anda justru akan lebih tertarik untuk mengulangnya lagi. Mengapa? Karena berbeda dengan pengalaman bermain Anda sebelumnya, Anda kini belajar sesuatu yang baru, setidaknya mengetahui sedikit trik untuk memastikan diri selamat hingga jumlah hari Anda tewas di gameplay sebelumnya. Dan kali ini, Anda juga dibekali pengetahuan akan ancaman seperti apa yang harus dihindari atau sekedar prioritas seperti apa yang harus didahulukan untuk memperpanjang umur Anda sendiri. Itupun jika Anda mau dan tertarik untuk mengulang semua proses awal remeh-temeh kembali hingga tiba di titik progress Anda sebelumnya.

Permanent death memang memberikan tantangan ekstra untuk Don't Starve ini.
Permanent death memang memberikan tantangan ekstra untuk Don’t Starve ini.
Semakin lama hari Anda bertahan, semakin besar pula exp yang Anda dapatkan untuk membuka karakter yang lain yang tidak hanya berbeda secara fisik, tetapi juga memiliki perk unik.
Semakin lama hari Anda bertahan, semakin besar pula exp yang Anda dapatkan untuk membuka karakter yang lain yang tidak hanya berbeda secara fisik, tetapi juga memiliki perk unik.

 

Sistem permanent death mungkin menjadi sesuatu yang menjengkelkan, apalagi jika Anda sudah membangun sistem swadaya yang sebenarnya cukup mumpuni untuk mendukung kehidupan Anda, bahkan ketika melewati musim dingin yang menyeramkan sekalipun. Untungnya, Don’t Starve – Console Edition ini menawarkan sedikit “reward” untuk memastikan setiap kematian yang Anda jalani tidak akan berakhir sia-sia. Untuk setiap kematian yang terjadi, Anda akan mendapatkan sejumlah experience points sesuai dengan jumlah hari Anda mampu bertahan selamat. Diakumulasi dari setiap gameplay yang Anda mulai, experience dalam jumlah tertentu akan membuka beberapa karakter baru yang tidak hanya berbeda secara visual, tetapi juga sifat dan perk yang ditawarkan.

Apa yang Harus Diperhatikan?

Tentu saja, ada beberapa tril awal yang harus Anda lakukan untuk memastikan diri mampu bertahan hidup lebih lama.
Tentu saja, ada beberapa tril awal yang harus Anda lakukan untuk memastikan diri mampu bertahan hidup lebih lama.

Setelah beberapa kali tewas, mengulang, memainkannya kembali, tewas, dan kembali mengulang, ada beberapa trik awal yang berdasarkan pengalaman kami, cukup membantu memperbesar kemungkinan bertahan hidup di setidaknya, 10 hari pertama. Karena seperti yang kami bahas sebelumnya, Don’t Starve bukanlah sebuah game yang bisa Anda selesaikan dengan hanya mengira-ngira tanpa perencanaan matang. Untuk membuat Anda lebih mudah, ada beberapa prioritas aksi yang harus Anda lakukan, bukan sekedar eksplorasi secara acak:

Cari Tempat Nyaman untuk BaseCamp

“Home sweet Home”

Dengan membangun sebuah FirePit yang terlihat jelas di peta, Anda bisa membangun sebuah “basecamp” yang selalu bisa Anda jadikan rujukan ketika malam melanda. Yang Anda harus lakukan adalah memastikan diri Anda bergerak secepat mungkin ke lokasi ini dan mulai menghidupkan kembali api, terlepas dari apapun yang tengah Anda lakukan. Terbatasnya jumlah batu yang dibutuhkan untuk membuat FirePit, membuat item ini cukup berharga dan tidak selayaknya dibangun tanpa alasan yang kuat. Anda harus memastikan bahwa Anda telah menemukan tempat yang cukup nyaman sebagai basis sebelum Anda membangun firepit itu sendiri. Nyaman? Tentu saja. Pastikan daerah tersebut memang memiliki resource makanan yang memadai dan tentu saja, akses menuju resource penting yang lebih mudah. Lebih bagus lagi, jika Anda berhasil menemukan perkemahan AI lain dan menetap di sana, seperti yang kami lakukan.

Trap untuk Makanan

Jadikan Trap sebagai sumber makanan awal!
Jadikan Trap sebagai sumber makanan awal!

Anda bisa berjuang mati-matian mengumpulkan berry, wortel, dan jamur yang jarang untuk memuaskan rasa lapar Anda, namun pada akhirnya, tidak akan pernah cukup untuk memuaskan nafsu makan Wilson yang besar. Lebih rasional jika Anda membangun trap dalam jumlah banyak yang ditempatkan di setiap lubang kelinci yang Anda temukan, terutama yang berada di dekat basecamp. Dengan begini, Anda bisa bebas mengeksplorasi dan mencari resource lain yang dibutuhkan, namun sekaligus memastikan bahwa makanan Anda memang sudah terjamin. Anda bisa mengecek setiap perangkap ini ketika hari mulai sore, mengumpulkan binatang apapun yang terkumpul di dalamnya, memasak dan memakannya untuk melewati hari. Setidaknya satu masalah penting Anda – kelaparan akan teratasi dari aksi yang ini.

Bangun Science Machine Anda secepat mungkin!

Dapatkan gold nugget secepat mungkin, dan bangun Science Machine.
Dapatkan gold nugget secepat mungkin, dan bangun Science Machine.

Beberapa hari awal permainan mungkin mengesankan bahwa Wilson akan bisa bertahan hidup dengan sekedar mengandalkan kapak dan pickaxe di tangan. Namun pada akhirnya, dengan semakin terbatasnya sumber daya yang ada, Anda butuh beragam equipment yang jauh lebih destruktif dan efektif di saat yang sama, apalagi ketika Anda mulai tinggal menetap. Oleh karena itu, menjadi sesuatu yang krusial untuk membangun Science Machine secepat mungkin. Baca resource apa saja yang bisa dibutuhkan, tuju tempat di tengah hutan untuk menemukan Gold Nugget, dan mulai membangun teknologi baru untuk mempermudah hidup Anda. Teknologi bercocok tanam dan backpack adalah dua hal yang harus Anda prioritaskan.

Target utama: Lepas dari Gaya Hidup Nomaden

Mari kita bertani..
Mari kita bertani..

Misi utama yang harus Anda usahakan di awal permainan adalah memastikan kegiatan berburu dan meramu Anda secepat mungkin berubah menjadi gaya hidup yang lebih menetap. Karena pada akhirnya, probabilitas Anda untuk bertahan hidup tidak akan terlihat cukup menjanjikan jika Anda terus berpindah tempat tinggal. Anda butuh tempat tinggal.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

August 16, 2022 - 0

Review ROLLERDROME: Sepatu Roda Haus Darah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh ROLLEDROME? Mengapa kami menyebutnya…
August 15, 2022 - 0

Review Digimon Survive: Seru Iya, Bosan Juga Iya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Digimon Survive? Mengapa kami menyebutnya…
July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…