Review Killzone – Shadow Fall: Ajang Pamer Visual Playstation 4!

Reading time:
January 15, 2014

Visual Showcase

Jika  ada satu hal yang berhasil dieksekusi dengan sangat baik oleh Killzone: Shadow Fall, itu adalah fungsinya sebagai visual showcase untuk Playstation 4.
Jika ada satu hal yang berhasil dieksekusi dengan sangat baik oleh Killzone: Shadow Fall, itu adalah fungsinya sebagai visual showcase untuk Playstation 4.

Seperti peran yang sudah ia emban selama bertahun-tahun, Killzone: Shadow Fall menjadi visual showcase untuk memperlihatkan potensi kemampuan yang bisa ditawarkan oleh Playstation 4. Dengan kemampuan performa yang meningkat signifikan dibandingkan dengan platform generasi sebelumnya, tugas ini berhasil dieksekusi dengan sangat baik oleh Guerilla Games sendiri. Killzone: Shadow Fall menjadi pondasi definisi next-gen dan apa yang bisa diantisipasi dari Playstation 4 di masa depan.

Kualitas detail wajah yang luar biasa.
Kualitas detail wajah yang luar biasa.
Pesona ini juga mengalir jelas dari pemainan tata cahaya dan tekstur yang disuntikkan Guerilla Games.
Pesona ini juga mengalir jelas dari pemainan tata cahaya dan tekstur yang disuntikkan Guerilla Games.

Peningkatan kualitas visual signifikan ini sudah bisa Anda cicipi sejak pertama kali menghidupkan game yang satu ini di Playstation 4 Anda. Definisi tinggi dengan framerate stabil adalah satu dari awal pesona yang bisa Anda dapatkan.

Seberapa signifikan perubahan di sisi visual ini? ini adalah visualisasi Killzone 3
Seberapa signifikan perubahan di sisi visual ini? ini adalah visualisasi Killzone 3

 

Lihat detail yang ditawarkan oleh Killzone: Shadow Fall. Lekuk wajah, cahaya, dan tekstur pakaian terlihat lebih menarik.
Lihat detail yang ditawarkan oleh Killzone: Shadow Fall. Lekuk wajah, cahaya, dan tekstur pakaian terlihat lebih menarik.

Jika Killzone 3 sudah tampil luar biasa di Playstation 3, kualitas detail dan efek visual ini jauh lebih memanjakan mata di Killzone: Shadow Fall. Ekspresi wajah setiap karakter kini terlihat mendetail, dengan efek tata cahaya yang juga dipresentasikan dengan sangat baik. Particles, voice acts, dan tekstur yang ditawarkan juga terlihat luar biasa, terlepas dari lens glare yang memang harus diakui, sedikit berlebihan.

Jatuh pada FPS Generic

Terlepas dari statusnya sebagai sebuah game
Terlepas dari statusnya sebagai sebuah game “next-gen”, sisi gameplay Killzone: Shadow Fall tidak istimewa.

Walaupun terlihat memesona di sisi visual, hampir tidak ada yang spesial di sisi gameplay Killzone: Shadow Fall. Terlepas dari potensi kemampuan Playstation 4, prioritas Guerilla Games tampaknya sangat jelas – memastikan produk yang satu ini mampu menawarkan kualitas visual yang sepadan dengan performa perangkat keras yang ia usung. Sementara di sisi gameplay, Killzone: Shadow Fall jatuh pada mekanisme sama yang diusung oleh sebagian besar game FPS yang ditawarkan oleh developer yang lain. Ini hanya soal bertahan hidup, selamat dari kepungan musuh yang datang secara bergelombang, dan mencapai titik misi yang tertulis jelas via indikator yang ada. Walaupun menawarkan sedikit elemen stealth di dalamnya, sebagian besar misi ini bisa dicapai dengan menggunakan setiap senjata yang Anda dapatkan dan melemparkan setiap peluru yang Anda miliki seefektif mungkin. Tidak ada yang terlihat begitu inovatif di dalamnya.

Namun tidak hanya sekedar berjalan dari satu koridor ke koridor lainnya, Guerilla Games menyuntikkan sedikit elemen open-world di Killzone: Shadow Fall, menghadapkan Anda pada sebuah arena pertempuran luas yang memberikan kebebasan ruang gerak untuk mencapai setiap misi yang ada. Seperti konsep sama yang sempat diterapkan Crysis, Anda bisa bergerak menginfiltrasi atau bertempur secara terbuka dengan setiap ancaman yang bisa Anda temui. Untuk mendukung performanya sebagai seorang Shadow Marshall, Kellen akan dilengkapi dengan sebuah radar sonar yang akan mampu menangkap posisi musuh dalam radius jarak tertentu. Menggunakannya dalam waktu yang lama, sonar bisa menjadi bumerang dan justru membocorkan posisi Anda kepada musuh.

Misi Anda sederhana - memastikan diri bertahan hidup sembari menuju ke titik misi yang terlihat jelas lewat indikator di layar.
Misi Anda sederhana – memastikan diri bertahan hidup sembari menuju ke titik misi yang terlihat jelas lewat indikator di layar.
Ada sedikit cita rasa open-world di dalamnya. Tidak bergerak dari satu koridor ke koridor lain, Anda akan ditawarkan sebuah ruang tempur luas yang memungkinkan Anda bergerak bebas.
Ada sedikit cita rasa open-world di dalamnya. Tidak bergerak dari satu koridor ke koridor lain, Anda akan ditawarkan sebuah ruang tempur luas yang memungkinkan Anda bergerak bebas.
Beresiko monoton, Killzone: Shadow Fall terselematkan berkat desain level yang cukup menyegarkan.
Beresiko monoton, Killzone: Shadow Fall terselematkan berkat desain level yang cukup menyegarkan.

Walaupun mengusung mekanik gameplay FPS generic yang tentu saja beresiko menghasilkan rasa monoton, pengalaman yang bervariasi lahir dari desain level beragam yang harus dihadapi Kellen dan Echo selama menghentikan perang baru antara Vekta dan Helghan ini. Anda harus bertempur dalam begitu banyak skenario, dari kamp pengungsian hingga luar angkasa, yang masing-masing didesain dengan begitu manis.

Implementasi fitur Playstation 4 sendiri memang belum mengalir kentara di Killzone: Shadow Fall. Satu-satunya yang membuatnya terlihat unik hanya ada penggunaan touchpad untuk mengaktifkan drone spesial Anda – OWL. Untuk menghadapi pertempuran yang memang tidak terlihat seimbang di sisi kuantitas, Kellen akan dibantu dengan OWL yang mampu melemparkan empat fungsi utama: ikut menyerang, membangun shield, melemparkan stun bomb, dan jalur glide untuk mengakses tempat lebih rendah dengan lebih aman. Untuk mengakses fungsi yang berbeda-beda ini, Anda tinggal menggeser touchpad ke empat penjuru mata angin, dan menggantinya secara instan. Penerapan fungsi ini mungkin terasa canggung di awal Anda mengaksesnya, namun seiring dengan progress permainan Anda, fungsi touchpad ini akan terasa lebih natural.

OWL - drone
OWL – drone “teman sejati” Anda.
Memaksimalkan fungsi touchpad di Dualshock 4, Anda bisa menggeser touchpad untuk mengganti fungsi OWL sendiri. Dari sekedar menyuruhnya menyerang, hingga membangun shield.
Memaksimalkan fungsi touchpad di Dualshock 4, Anda bisa menggeser touchpad untuk mengganti fungsi OWL sendiri. Dari sekedar menyuruhnya menyerang, hingga membangun shield.

Namun terlepas dari fungsi ini, Killzone: Shadow Fall tidak menawarkan apapun yang baru. Secara visual ia mungkin memesona, tetapi di sisi gameplay, tidak ada yang bisa dibanggakan. Ia tetap FPS yang mudah dinikmati, namun untuk Anda yang mencari inovasi gameplay sebagai pembuka generasi baru, Anda akan cukup kecewa dengan arah yang dibawa oleh Guerilla Games di Killzone: Shadow Fall.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…