Review NBA 2K14 [Next-Gen]: Versi yang Berbeda!

Reading time:
January 16, 2014
NBA 2k14 Next-Gen (16)

Statusnya sebagai platform gaming dengan kemampuan mentah terbaik di pasaran saat ini, apalagi dengan sifatnya yang dinamis tidak lantas membuat PC tampil sebagai mesin gaming “primadona”, terutama di mata para developer dan publisher. Terlepas dari potensi yang mampu ia hasilkan, kerjasama erat antara Sony – Microsoft dengan para aktor yang berada di belakang beragam franchise besar justru menghasilkan keuntungan tertentu, apalagi ketika kita berbicara dengan produk yang mereka hasilkan. Beberapa konten eksklusif ditawarkan untuk mempopulerkan Playstation 4 dan Xbox One, untuk membantu mendefinisikan potensi sebuah platform next-gen itu sendiri. Seperti yang dilakukan oleh 2K Sports dengan seri game olahraga terbarunya – NBA 2K14.

Anda, para Players, yang cukup rajin mengikuti update dari JagatPlay tentu saja sudah membaca review komprehensif kami beberapa waktu yang lalu terkait NBA 2K14 versi PC. Di sana kami menuliskan kesan Visual Concepts yang “bermalas-malasan”, karena menawarkan inovasi minim sebuah seri terbaru, terlepas dari mekanik gameplay yang tetap nyaman untuk dimainkan. Namun siapa yang menyangka, developer yang satu ini ternyata tengah berfokus untuk proyek yang lain, proyek ambisius mereka sendiri, NBA next-gen yang memang dibangun eksklusif untuk Playstation 4 dan Xbox One. Tidak hanya sekedar menjual nama “next-gen” sebagai sebuah gimmick belaka, Visual Concepts membangun versi terbaru ini dengan nilai jual yang begitu luar biasa.

Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh NBA 2K14 versi next-gen ini? Apa yang membuat kami menyebutnya sebagai sebuah versi NBA 2K14 yang berbeda?

Pesona Sang Engine Next-Gen Terbaru: Eco-Motion!

Berbeda dengan versi Xbox 360, Playstation 3, dan PC, NBA 2K14 versi Playstation 4 dan Xbox One diperkuat dengan engine terbaru Visual Concepts - Eco-Motion.
Berbeda dengan versi Xbox 360, Playstation 3, dan PC, NBA 2K14 versi Playstation 4 dan Xbox One diperkuat dengan engine terbaru Visual Concepts – Eco-Motion.

Dari semua game yang ditawarkan sebagai game-game rilis perdana platform next-gen, beberapa game memang mampu menawarkan kualitas visualisasi yang mampu mewakili pesona “generasi terbaru” ini sendiri. Di antara Killzone: Shadow Fall dan Ryse: Son of Rome, NBA 2K14 menempatkan diri sebagai salah satu game third party yang memaksimalkan persona yang satu ini, terutama di sisi visual. Semua hal ini mampu dieksekusi berkat implementasi engine teranyar – Eco-Motion yang memang dikembangkan Visual Concepts untuk Playstation 4 dan Xbox One. Sementara platform yang mereka kategorikan sebagai “generasi” saat ini – Playstation 3, Xbox 360, dan PC masih menggunakan engine lawas mereka. Lantas seberapa signifikan perbedaan yang ditawarkan? Tidak berlebihan rasanya jika menyebut keduanya “bumi dan langit”.

Tidak main-main, kata yang satu ini tampaknya cukup kuat untuk menyimpulkan pesona yang ditawarkan oleh Eco-Motion. Setiap atlit dibentuk lewat proses capture memesona yang menawarkan kualitas wajah penuh detail, lengkap dengan ekspresi yang tergambarkan baik untuk menggambarkan emosi yang terjadi di lapangan, ketika setiap dari mereka gagal atau berhasil mencetak angka dengan gaya yang luar biasa. Tidak hanya di sisi wajah, Eco-Motion memungkinkan Visual Concepts menyuntikkan level detail yang tak kalah memanjakan mata di setiap aspek visual yang ada. Kita membicarakan tata cahaya, tesktur kain yang terlihat di pakaian, hingga lekukan otot dan keringat yang mengalir seiring dengan jalannya permainan. Perbedaan dengan generasi engine yang digunakan di PC sangat jauh berbeda, bahkan terhitung signifikan. Kami menyediakan screenshot di bawah ini untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran kualitas yang ditawarkan oleh Eco-Motion. Satu sisi adalah NBA 2K14 versi next-gen, dan yang lainnya merupakan NBA 2K14 versi current gen yang kami mainkan di PC dengan kualitas visual paling optimal.

NBA 2K14 current gen (10)
NBA 2k14 Next-Gen (2)
Tata cahaya dan pantulan yang terlihat lebih realistis di versi next-gen.
NBA 2K14 current gen (9) NBA 2k14 Next-Gen (11)

 

NBA 2K14 current gen (17) NBA 2k14 Next-Gen (5)

 

NBA 2K14 current gen (20) NBA 2k14 Next-Gen (15)

Tidak hanya di sisi visual, ada sedikit perubahan yang terjadi di mekanik gameplay yang ditawarkan. Fitur collision untuk setiap elemen benda tampaknya ditawarkan dalam level yang lebih realistis, membuat setiap gerak Anda akan rentan membuat Anda kehilangan bola jika tidak dieksekusi dengan hati-hati. Animasi gerak juga terlihat lebih nyata, terutama dari kecepatan dribble dan lari, menghadirkan simulasi yang juga lebih kentara. Jika Anda beralih dari current gen ke next-gen, Anda akan butuh sedikit penyesuaian sebelum bisa mencapai ritme permainan yang nyaman di versi next-gen. Apalagi ketika Anda termasuk pemain yang seringkali mengandalkan 3pt shootout sebagai senjata andalan. Animasi yang berbeda membutuhkan timing pelepasan bola yang berbeda. Bukan sesuatu yang sulit untuk dikuasai.

Tidak hanya perombakan di sisi visual, NBA 2K14 juga hadir dengan fitur RealVoice - sebuah sesi wawancara dengan menggunakan suara asli setiap pemain. Menariknya lagi? Pilihan percakapan yang ada sangat adaptif, dan terlihat relevan dengan jalannya pertandingan yang ada.
Tidak hanya perombakan di sisi visual, NBA 2K14 juga hadir dengan fitur RealVoice – sebuah sesi wawancara dengan menggunakan suara asli setiap pemain. Menariknya lagi? Pilihan percakapan yang ada sangat adaptif, dan terlihat relevan dengan jalannya pertandingan yang ada.

Atmosfer pertandingan yang realistis juga tidak hanya terjadi di dalam lapangan, tetapi juga luar lapangan. Tidak jarang Anda akan menemukan para pemain yang berada di bangku cadangan mengeluarkan reaksi unik tertentu, apalagi ketika Anda baru mengeksekusi gerakan dunk super keren yang biasanya memang memancing reaksi sama di pertandingan nyata. Posisi kamera ketika melakukan highlight kini juga dirombak untuk menghasilkan kesan yang lebih sinematik. Namun tidak hanya sekedar Eco-Motion yang diandalkan untuk menghasilkan atmosfer ini, Visual Concepts juga menghadirkan sebuah fitur baru – RealVoice, yang akan memuat sebuah momen wawancara di tengah pertandingan. Seperti namanya, RealVoice memuat suara asli dari setiap pemain dan pelatih yang di-wawancara, yang secara luar biasa, seringkali hadir dengan ketepatan konten yang memang merepresentasikan pertandingan yang tengah Anda jalani. Luar biasa!

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…