Review Double Dragon Neon: Si Seri Klasik Kini Kembali!

Reading time:
February 14, 2014
Double Dragon NEON (278)

Nama Double Dragon mungkin cukup untuk membuat banyak generasi gaming yang belum pernah melihat mesin arcade sebelumnya bingung. Dengan jarak waktu yang memang terhitung cukup jauh dibandingkan dengan generasi gaming terbaru dan yang lalu, ini tentu menjadi fenomena yang tidak mengherankan. Hanya gamer yang tumbuh di era tahun 1990-an yang mengerti mengapa nama Double Dragon begitu fenomenal di masa lalu. Terlepas dari sistem gameplay yang sangat sederhana, game beat-em up ini selalu menjadi primadona di mesin arcade manapun, terutama karena mekanik gameplay-nya yang sangat menantang dan berfokus pada kerjasama tim. Berdua melewati semua jenis musuh lewat kombinasi pukulan dan tendangan? Pengalaman yang cukup untuk membuat gamer masa lalu, kembali memasukkan koin, mengulang, dan berusaha menyelesaikan pertarungan yang tidak mudah ini.

Double Dragon memang sempat hadir dalam beberapa seri, dan tidak hanya didistribusikan untuk mesin Arcade saja. Popularitas tinggi membuatnya akhirnya mendapatkan tempat di beberapa konsol rumahan di masa lalu, dan bahkan “dihidupkan kembali” lewat proses port ke beberapa perangkat smartphone saat ini. Namun semua usaha ini seolah ditujukan untuk memanfaatkan rasa nostalgia yang sempat mencicipi pesonanya di zaman arcade. Lantas, bagaimana dengan gamer-gamer “muda” yang belum pernah mendengar nama yang satu ini? Tantangan ini akhirnya berusaha dijawab oleh sebuah proyek reboot – Double Dragon Neon. Sudah dirilis sejak tahun 2012 yang lalu di konsol, game yang dikembangkan oleh WayForward Technologies dan Abstraction Games ini akhirnya meluncur ke PC beberapa hari yang lalu.

Lantas seperti apa pesona yang ia tawarkan? Mampukan format baru ini menarik calon konsumen baru akan nama besar Double Dragon yang begitu dipuja di masa lalu? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Seperti seri klasiknya, Anda tetap akan kembali berusaha menyelamatkan si wanita pujaan - Marian.
Seperti seri klasiknya, Anda tetap akan kembali berusaha menyelamatkan si wanita pujaan – Marian.

Apa yang rela Anda lakukan untuk menyelamatkan wanita yang Anda cintai? Semua plot yang ditawarkan seri Double Dragon selalu berkisar pada kasus yang satu ini – termasuk di Double Dragon Neon. Akan terasa sangat familiar bagi mereka yang sempat mencicipi seri klasiknya, petualangan Anda tetap ditujukan untuk merebut kembali sang wanita pujaan – Marian yang kali ini diculik oleh makhluk misterius bernama – Skullmageddon. Dengan bentuk tengkorak yang menyerupai seorang shogun, rasa cinta mendalam Skullmageddon terhadap Maria yang tak pernah berbalas membuat monster ini harus mengambil langkah ekstrim. Namun satu elemen yang lupa ia prediksi? Ia harus berhadapan sang duo naga – Billy Lee dan Jimmy Lee.

Sesosok makhluk aneh bernama Skullmargedon menjadi dalang utama penculikan ini.
Sesosok makhluk aneh bernama Skullmargedon menjadi dalang utama penculikan ini.
Anda harus bertarung, dari bumi, luar angkasa, hingga ke dimensi lain. Monster-monster absurd pun siap menjadi lawan Anda.
Anda harus bertarung, dari bumi, luar angkasa, hingga ke dimensi lain. Monster-monster absurd pun siap menjadi lawan Anda.
Po..po..power rangers??!
Po..po..power rangers??!

Cerita yang terdengar absurd? Percaya atau tidak, inilah yang menjadi salah satu kekuatan utama dari Double Dragon Neon itu sendiri. Cita rasa tahun 80-an yang mengalir kental akan membawa Anda, perlahan namun pasti, pada usaha untuk menghancurkan Skullmageddon yang ternyata berhasil menculik dan membawa Marian ke dimensi lain. Anda akan bertarung melewati sudut kota, dojo yang menjadi roket luar angkasa, fasililtas penelitian super aneh, hingga dunia asing yang sebenarnya, hampir mustahil disinggahi oleh manusia apapun. Absurditas dari sisi cerita justru membuat Double Dragon Neon begitu menarik. Sederhana, dengan tema klasik kuat yang siap untuk menyeret perasaan nostalgia gamer manapun yang sempat mencicipinya. Perasaan familiar yang begitu menjadi nilai jual yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Lantas mampukah Billy Lee dan Jimmy Lee menyelamatkan Marian dari cengkeraman musuh? Rintangan seperti apa yang harus mereka tundukkan? Semua pertanyaan ini bisa Anda jawab dengan memainkan Double Dragon Neon ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…