Kebijakan Langganan Elder Scrolls Online Picu Kecaman Gamer

Reading time:
April 7, 2014
The Elder Scrolls Online - JagatPlay (6)

Sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, ini mungkin menjadi kalimat yang paling tepat untuk menggambarkan reaksi sebagian besar gamer ketika Bethesda secara resmi mengumumkan Elder Scrolls Online ke pasaran. Bagaimana tidak? Dengan dunia luas dan kebebasan yang ia usung, menikmati Elder Scrolls bersama dengan jutaan gamer di seluruh dunia tentu saja menjadi konsep menarik yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Tidak menahan diri dan berusaha mengumpulkan feeback sebanyak mungkin dari para gamer, Bethesda bahkan menggelar beberapa kali masa beta untuk Elder Scrolls Online. Pilihan untuk mengusung format berlangganan memang menimbulkan pro-kontra tersendiri, namun sebagian besar tidak senang bagaimana sistem ini akan berjalan di hari pertama Anda memilikinya.

Seperti yang kita tahu, Elder Scrolls Online akan dijual dengan standar harga sebuah game AAA lainnya, serta kebutuhan untuk membayar sekitar USD 15 / bulan untuk memastikan diri Anda tetap bisa menikmatinya. Bethesda sendiri membela format berlangganan ini dan menganggapnya sebagai sarana terbaik untuk memastikan MMO ini terus menghadirkan konten menarik berkesinambungan di masa depan. Jika menilik kebiasaan sebagian besar game MMO yang mengusung konsep serupa di masa lalu, hal yang sangat lumrah jika harga jual tersebut sudah termasuk langganan game gratis setidaknya hingga 1 – 2 bulan ke depan. Namun, tidak dengan Elder Scrolls Online.

Berbeda dengan game MMO lain yang biasanya sudah memasukkan gratis langganan 1 atau 2 bulan permainan ke dalam paket pembelian awal game, Elder Scrolls Online meminta Anda membayar terlebih dahulu di bulan pertama dengan dalih pre-otorisasi kartu kredit.
Berbeda dengan game MMO lain yang biasanya sudah memasukkan gratis langganan 1 atau 2 bulan permainan ke dalam paket pembelian awal game, Elder Scrolls Online meminta Anda membayar terlebih dahulu di bulan pertama dengan dalih pre-otorisasi kartu kredit.

Setelah membayar harga game awal ESO, gamer juga dituntut untuk melakukan proses pre-otorisasi kartu kredit terlebih dahulu sebelum bisa lompat masuk ke dalam MMO ini secara langsung. Benar sekali, gamer dituntut untuk membayar terlebih dahulu uang langganan – USD 15 di hari pertama untuk bisa memainkannya. Sementara format langganan gratisnya baru akan diterapkan di bulan kedua setelah Anda membelinya. Terdengar sepele? Hal ini juga akan berpengaruh pada gamer yang tidak memiliki kartu kredit. Bethesda kabarnya akan menyediakan kartu langganan terpisah, namun sayangnya sangat terbatas. Besar kemungkinan, gamer yang sudah membeli Elder Scrolls Online tidak bisa memainkan game ini sejak hari pertama.

Bethesda dan sang publisher – Zenimax Online sendiri masih belum memberikan komentar resmi ataupun solusi pasti terkait masalah yang satu ini. Elder Scrolls Online sendiri sudah dirilis pada tanggal 4 April 2014 yang lalu, untuk Windows dan Mac. Sementara versi konsol generasi terbaru – Playstation 4 dan Xbox One baru meluncur Juni 2014 mendatang. Bad start?

 

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…