Review Super Mario 3D World: Game Platformer Terbaik!

Reading time:
April 24, 2014

Mengejutkan, Ia Tampil “Sosial”

Secara mengejutkan, Super Mario 3D World adalah sebuah game yang cukup
Secara mengejutkan, Super Mario 3D World adalah sebuah game yang cukup “sosial”

Di masa lalu, sebuah game platformer ini seperti ini memang menyajikan mode multiplayer kooperatif, namun hanya bisa diakses secara split-screen. Ketika koneksi internet masih terhitung kebutuhan mewah yang sulit didapat dan mahal, tidak ada alternatif yang lebih rasional untuk memicu sedikit elemen “sosial” di game seperti ini. Namun seiring dengan perkembangan teknologi  yang ada, Super Mario 3D World membawa aspek sosial tersebut lebih jauh, bahkan ketika Anda tidak memiliki teman fisik atau kontroller ekstra untuk memungkinkan Anda memainkan game ini bersama dengan tiga player yang lain. Aspek sosial tersebut terintegrasi dengan fitur Miiverse milik Wii U.

Anda bisa bertemu dengan Mii user lain yang tengah berada di dunia Super Mario World ini, melihat post yang mereka lemparkan, dan memberikan komen atau Like.
Anda bisa bertemu dengan Mii user lain yang tengah berada di dunia Super Mario World ini, melihat post yang mereka lemparkan, dan memberikan komen atau Like.
Tidak jarang, Anda juga akan bertemu dengan konten tidak jelas seperti ini. What the hell is that?
Tidak jarang, Anda juga akan bertemu dengan konten tidak jelas seperti ini. What the hell is that?

Di sepanjang World Map yang sudah Anda jelajahi, Anda akan bisa bertemu dengan Mii user lain yang tengah berdiam diri atau sekedar berjalan-jalan tanpa arah di tepi-tepi area chapter yang bisa Anda akses. Berbicara langsung dengan setiap Mii ini akan membuka status terakhir mereka terkait Super Mario 3D World, dari sekedar gambar banner unik, coretan tidak jelas, hingga beragam status dan pertanyaan terkait dengan Super Mario 3D World itu sendiri. Lewat Miiverse, Anda bisa memberikan like atau membalas setiap status ini, atau sekedar berbagi informasi penting. Tentu saja, etika spoiler juga harus diperhatikan.

Ketika mengulang chapter yang sudah Anda selesaikan, Anda juga bisa bermain bersama dengan user lain sebagai
Ketika mengulang chapter yang sudah Anda selesaikan, Anda juga bisa bermain bersama dengan user lain sebagai “Ghost”.

Sementara di sisi gameplay, Super Mario 3D World akan secara otomatis mengintegrasikann gameplay tiga user yang lain di dalam chapter yang Anda ulang untuk memberikan sedikit suasana kompetitif di dalamnya. Walaupun tidak terasa signifikan pengaruhnya, namun selalu menjadi hal yang menarik untuk melihat rute-rute lain yang diambil oleh orang lain – yang bisa jadi membantu Anda menemukan lokasi bintang hijau yang tidak pernah Anda ketahui sebelumnya. Anda juga bisa menjadikannya indikator seberapa cepat aksi Anda menyelesaikan chapter yang ada dibandingkan dengan gamer yang lain.

Kesimpulan

Super Mario 3D World JagatPlay (99)
Sempurna, hands down, salah satu pengalaman game platformer terbaik yang pernah kami rasakan setelah Rayman Legends beberapa waktu yang lalu, tentu saja.

Sempurna, hands down, salah satu pengalaman game platformer terbaik yang pernah kami rasakan setelah Rayman Legends beberapa waktu yang lalu, tentu saja. Super Mario 3D World mungkin terdengar tidak lagi relevan karena nama Mario yang ia usung, namun Nintendo seolah memberikan segudang alasan bahwa prejudice seperti ini tidak pernah bisa diterapkan untuk game-game klasik mereka. Super Mario 3D World bukan hanya sekedar visual yang lebih baik, framerate lebih halus, atau gaming dalam definisi tinggi, ia lebih dari sekedar game Mario dengan kualitas grafis dan permainan warna yang manis. Ia adalah kombinasi beragam elemen luar biasa yang menghasilkan pengalaman game platformer yang menyegarkan dan menantang di saat yang sama. Ia akan membuat Anda jatuh cinta.

Integrasi beragam mekanik gameplay baru di dalam chapter yang tampil unik satu sama lain menghasilkan sebuah game platformer yang sama sekali tidak monoton, bahkan terhitung mengejutkan. Anda tidak akan pernah bisa memprediksi gameplay seperti apa yang disuntikkan Nintendo di dunia selanjutnya atau tingkat kesulitan dan tantangan apa yang harus Anda tundukkan. Selalu ada sesuatu yang baru, selalu ada sesuatu yang harus ditemukan, selalu ada rahasia yang terbuka, selalu ada elemen yang akan membuat Anda terkagum-kagum sembari mengeluarkan komentar “Inilah alasan mengapa Nintendo tidak akan pernah mati”. Dipadukan dengan musik-musik yang juga mengalun indah dan tepat, Super Mario 3D World adalah sebuah epitome genre platformer itu sendiri.

Tidak ada alasan untuk tidak jatuh cinta pada Super Mario 3D World. Dari tantangan yang ia tawarkan, ia bukanlah sekedar sebuah game “anak-anak” yang bisa Anda remehkan hanya karena tema dan desain visual yang disuntikkan. Super Mario 3D World lebih dari semua prejudice itu. Dengan elemen-elemen yang saling mendukung dan bekerja super baik, Super Mario 3D World seolah menarik industri game kembali ke akarnya – bahwa sebuah game memang didesain untuk menyenangkan, menyegarkan, dan membuat Anda kembali tak ubahnya seorang anak kecil yang baru pertama kali menemukan sebuah “mesin gaming”. Luar biasa!

Kelebihan

Integrasi setiap elemen yang sempurna membuat Super Mario 3D World hadir sebagai salah satu game platformer terbaik yang pernah kami nikmati.
Integrasi setiap elemen yang sempurna membuat Super Mario 3D World hadir sebagai salah satu game platformer terbaik yang pernah kami nikmati.
  • Everything

Kelemahan

Kekuatan utama ada pada desain level yang luar biasa. Anda tidak akan pernah bisa menerka kira-kira apa yang akan Anda dapatkan di chapter selanjutnya. Amazing!
Kekuatan utama ada pada desain level yang luar biasa. Anda tidak akan pernah bisa menerka kira-kira apa yang akan Anda dapatkan di chapter selanjutnya. Amazing!
  • Nothing

Cocok untuk gamer: pencinta game-game platformer, mengharapkan game-game yang segar – menyenangkan – menantang di saat yang sama

Tidak cocok untuk gamer: yang berharap ada darah dan potongan tubuh di dalamnya, masih terperangkap dalam pikiran bahwa Mario itu hanya untuk “anak kecil”

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…