20 Game Klasik Asyik untuk Teman Mudik!

Reading time:
July 24, 2014
20-game-klasik-asyik-jagatp

Setelah perjuangan untuk menahan gelombang nafsu, rasa haus, dan lapar selama hampir satu bulan terakhir ini, hari kemenangan yang dinanti akhirnya tinggal menghitung hari. Antisipasi yang penuh dengan rasa gembira tentu saja mulai dirasakan, apalagi dengan segudang hal yang perlu dipersiapkan untuk memastikan perayaan besar ini berjalan dengan lancar. Namun mereka yang menjadikan kota besar sebagai tempat mengadu nasib, momen Lebaran adalah saat terbaik untuk kembali ke kampung halaman, berkumpul bersama dengan keluarga, dan berusaha kembali menemukan identitas diri yang mungkin mulai terkikis kehidupan kota besar yang bergerak terlalu cepat. Namun tentu saja, bergerak melintasi kota, dengan media kendaraan apapun bukanlah pekerjaan yang mudah. Salah satu musuh terbesarnya? Lelah dan bosan.

Teknologi saat ini memang menyediakan alternatif pilihan solusi untuk membuat perjalanan mudik menjadi jauh lebih mudah untuk dinikmati. Salah satunya, tentu saja dengan memanfaatkan perangkat genggam cerdas dengan basis sistem operasi Android untuk menjalankan beragam konten multimedia yang menarik, terutama untuk bermain video game. Sayangnya, jika hanya mengandalkan PlayStore semata, perangkat mobile seperti smartphone dan tablet tidak akan tampil maksimal. Solusi terbaik adalah dengan menyuntikkan software emulator dan membuka kesempatan lebih besar untuk menjajal game-game klasik terbaik di masa lalu. Game-game yang tidak hanya menarik dan menantang, tetapi juga efektif untuk menghabiskan waktu.

Game klasik mana saja yang terbaik untuk menjalankan fungsi ini? Indikatornya tentu saja jelas. Pertama, ia harus dapat berjalan dengan sangat baik di sebuah perangkat yang menjadikan touch screen sebagai alat navigasi utama. Ini berarti, semua game klasik dengan mekanisme kontrol super kompleks menjadi tidak relevan, apalagi jika game-game ini menuntut Anda untuk senantiasa menggerakkan kamera atau bergerak dalam format kontrol yang unik. Semakin sederhana, semakin baik. List ini juga dibangun dengan asumsi bahwa Anda memainkannya tanpa kontroler fisik.  Indikator kedua adalah bahwa game-game ini tidak hanya sekedar menyenangkan, tetapi juga adiktif di saat yang sama. Hal yang pantas juga diperhatikan adalah fakta bahwa kami membangun list ini dari kacamata seorang penumpang, dan bukannya pengendara. Anda yang bertindak sebagai supir kendaraan utama tentu sangat tidak disarankan untuk menyuntikkan game-game ini karena perhatian yang dengan mudah dapat terbagi.

Lantas game-game klasik apa yang menurut kami pantas untuk disuntikkan di perangkat smartphone atau tablet Android Anda via emulator, untuk menemani perjalanan mudik? Perlu diketahui, untuk sementara ini, Android sudah mendukung emulator beberapa platform klasik seperti Playstation 1, PSP, Nintendo 64, GBA, NES, SNES, dan SEGA Genesis. Berikut adalah list yang kami bangun:

20. Aladdin [NES]

aladdin

Hampir semua proyek game adaptasi film saat ini memang seringkali berujung menjadi mimpi buruk, dengan gameplay asal-asalan yang seolah didesain hanya sekedar sebagai game kelas dua yang memanfaatkan hype versi film yang dirilis. Di masa lalu, developer memberikan perhatian yang sangat serius untuk memastikan hal ini tidak terjadi. Hasilnya? Ada begitu banyak game adaptasi film yang tampil luar biasa. Salah satu yang memesona di masa lalu? Tidak lain dan tidak bukan adalah Aladdin yang membawa platformer sebagai genre utama. Menantang dengan tema yang memang mewakili veris filmnya, Aladdin menjadi alternatif yang tentu saja sayang untuk dilewatkan.

19. Metal Slug [Playstation]

metal slug

 

Melewati perjalanan yang panjang, Anda tentu saja butuh game yang memang bisa membuat Anda melupakan betapa membosankannya duduk di tempat yang sama untuk waktu yang cukup lama. Alternatif terbaik adalah mencari sebuah game yang tidak membutuhkan proses berpikir yang kompleks dan memang didesain untuk bersenang-senang. Dan tidak ada yang lebih tepat untuk melakukan tugas tersebut selain game shoot’em up klasik – Metal Slug.

18. Megaman Battle Network [GBA]

megaman battle network

Memainkan Megaman di perangkat berbasis touch screen tentu saja menjadi mimpi buruk tersendiri, apalagi mengingat game originalnya membutuhkan kecekatan dan eksekusi gerakan yang tepat. Walaupun demikian, tidak berarti Anda tidak bisa menikmati aksi sang robot biru yang satu ini. Megaman Battle Network menjadi salah satu alternatif yang cukup menarik, apalagi mengingat genrenya sendiri yang memang berbeda. Sistem kontrol sederhana, gameplay yang adiktif, dan visualisasi yang cukup ciamik menjadi nilai jual tersendiri.

17. Tomba [Playstation]

tomba

Beberapa dari Anda, termasuk yang sempat mencicipi masa keemasan Playstation di masa lalu, mungkin tidak terlalu familiar dengan nama Tomba sendiri. Dengan model tiga dimensi yang diusung untuk membangun dunianya, Tomba bukanlah sekedar sebuah game platformer seperti yang kita kenal. Ia lebih difokuskan untuk menyelesaikan setiap side mission kecil, yang masing-masing, membutukan solusi unik tersendiri. Jadi tidak hanya sekedar bergerak dari titik A ke titik B sembari menghancurkan setiap musuh yang ditemui di sepanjang perjalanan, Tomba juga menuntut Anda untuk memerhatikan clue dan sedikit berpikir untuk mencari hubungan antara quest dan item tertentu.

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…