Preview FIFA 15: Atmosfer yang Lebih Realistis!

Reading time:
September 24, 2014
FIFA 15 Intros

Persaingan klasik antara dua game simulasi sepak bola terbaik akan terjadi lagi dalam waktu dekat. Setiap tahun, baik EA Sports maupun Konami selalu berlomba-lomba memberi peningkatan pada game garapannya agar tampil lebih memukau. Pada akhirnya memang hanya satu yang jadi pemenang, Meski nampaknya hal itu tidak terlalu berpengaruh bagi mereka para fans fanatik. Ikatan yang kuat kepada salah satu judul yang dirasa lebih nyaman dimainkan membuat para fans ini selalu kembali ke pelukan yang sama, terlepas dari bagus tidak inovasi yang ditawarkan.

Kini, satu diantaranya telah lebih dulu meluncur ke pasaran. Ya, FIFA 15! Hadir sekitar sebulan lebih cepat dibanding PES 2015 yang kabarnya baru akan rilis pada November 2014 mendatang, FIFA 15 punya peluang besar untuk menggaet para pecinta game sepak bola yang sudah terlanjur penasaran. Syaratnya? Tentunya memenuhi segala ekspektasi para gamer.

Kesan Pertama

Seperti pada game sebelumnya, FIFA 15 kembali mengandalkan engine Ignite untuk versi PlayStation 4 dan Xbox One. Tentunya dengan berbagai perbaikan di sana sini. Kabar baiknya bagi pengguna PC, EA Sports memutuskan untuk menggunakan engine yang sama dengan konsol new-gen! Anda yang pada FIFA 14 merasa kecewa ketika pihak developer lebih memilih engine serupa dengan PS3 dan Xbox 360, kini boleh bernafas lega dan bersiap menikmati kualitas yang, secara visual, lebih baik.

Bicara visual, EA Sports terbukti cukup berhasil memoles game ini dengan memperhatikan hingga hal-hal terkecil. Jika sebelumnya game simulasi sepak bola selalu mencoba menampilkan wajah pemain semirip mungkin dengan gerakan otentik masing-masing yang khas, di FIFA 15 Anda juga bisa melihat efek-efek physics seperti pada kostum pemain yang bergerak mengikuti gerakan tubuh serta bisa kotor ketika terjatuh, rambut pemain yang bergoyang, lapangan dengan rumput yang realistis dan bisa rusak karena ulah pemain, penonton yang punya reaksi berbeda-beda dalam menanggapi apa yang terjadi pada pertandingan, pencahayaan yang menawan, hingga elemen-elemen lainnya.

Yang lebih menarik, penonton dari setiap tim yang bermain di Barclays Premiere League punya yel-yel ikonik berbeda yang akan dikumandangkan selama jalannya pertandingan. Emosi setiap pemain pun tersirat dari wajah dan gerakan tubuh mereka, entah itu ketika berhasil mencetak gol, sakit karena kena tackle, kecewa saat gagal bikin gol, rasa tidak puas terhadap keputusan wasit, dan sebagainya. Hasilnya, atmosfer pertandingan lebih kuat dan realistis.

Terkait gameplay, FIFA 15 hadir sekilas tak jauh berbeda dengan FIFA 14. Anda yang sempat mencicipi versi demo-nya mungkin bisa merasakannya juga. EA Sports ‘hanya’ mencoba menyempurnakan apa yang sudah pernah mereka buat, yang boleh dibilang, memang sudah bagus. Selama sekitar 3 jam kami mencicipinya sebelum membuat artikel preview ini, kami merasa AI rekan satu tim kini lebih baik. Pemain akan merespon apa yang coba Anda lakukan dan melakukan pergerakan yang efektif. Tak hanya itu, AI lawan pun jauh lebih pintar untuk mengantisipasi setiap langkah Anda. Satu hal yang cukup menarik perhatian adalah gerakan kiper saat menghalau bola. EA sendiri memang memberi perhatian khusus agar gerakan kiper tak lagi terlihat seperti dibuat-buat.

Kami memang belum bisa bicara lebih banyak tentang berbagai fitur baru yang coba dihadirkan oleh EA. Selama beberapa jam mencoba, kami melihat akan banyak sisi positif dari game ini yang bisa membuatnya terlihat lebih menggoda. Penasaran? Beri kami waktu beberapa hari untuk mencoba lebih jauh, dan tunggu review lengkapnya pekan depan!

PS: Klik Gambar untuk Memperbesar!

FIFA 15 Kick Off (In Menus) FIFA 15 Kick Off (In Menus) FIFA 15 Kick Off (In Menus) FIFA 15 Kick Off 0-0 CHE V PSG, 1st Half FIFA 15 Kick Off 0-0 MUN V JUV, 1st Half FIFA 15 Kick Off 0-0 MUN V JUV, 1st Half FIFA 15 Kick Off 0-2 BAR V REA, 1st Half FIFA 15 Kick Off 3-1 INT V MIL, 1st Half FIFA 15 (In Menus) FIFA 15 Intros (In Menus) FIFA 15 Intros 2-1 LIV V MCI, 2nd Half

 

FIFA 15 Intros 2-1 LIV V MCI, 1st Half
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

January 26, 2022 - 0

Review Uncharted – Legacy of Thieves Collection: Ekstra Tenaga Berburu Harta!

Sebuah seri yang membantu Playstation 3 menemukan posisi yang lebih…
January 26, 2022 - 0

Review WD_BLACK SN850: Upgrade Playstation 5 Jadi 2TB!

Ketika pertama kali dirilis, PlayStation 5 sudah menawarkan storage internal…
January 25, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Daisuke Inoue, Jin Fujiwara, Fumihiko Yasuda (Stranger of Paradise: FF Origin)!

Sebuah proyek yang tidak pernah terprediksi, ini mungkin kalimat yang…
December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…