Dev. Far Cry: Pengalaman Bermain Lebih Penting Daripada Visual

Reading time:
October 28, 2014
Far Cry 4 king of kyrat jagatplay (7)

Mana yang lebih penting: gameplay atau grafis? Perdebatan klasik hampir selalu terjadi begitu pertanyaan seperti ini dilontarkan, mengingat gamer selalu punya preferensi standar tersendiri apa yang menjadi daya tarik sebuah video game. Tidak hanya para gamer, tidak sedikit developer yang juga akhirnya membangun identitas utama di atas dua elemen yang berbeda ini. Developer independen, misalnya, lebih dikenal karena inovasi gameplay unik di atas kualitas visual yang terlihat ketinggalan zaman. Sementara developer seperti Crytek, secara terbuka menjadikan engine andalannya – CryEngine dan visual sebagai primadona. Lantas, bagaimana dengan developer Far Cry 4 sendiri – Ubisoft Montreal? Apa yang menjadi fokus mereka?

Dalam wawancaranya dengan situs gaming – Total Xbox, creative director dari Far Cry 4 – Alex Hutchinson secara terbuka menegaskan bahwa pengalaman bermain selalu menjadi fokus utama pengembangan mereka. Ia ingin menciptakan sebuah sensasi gameplay yang baru daripada hanya sekedar menawarkan kualitas visual yang jauh lebih baik dari seri sebelumnya. Sebuah evolusi gameplay lah yang membuat sebuah franchise tampil menarik. Ia juga yakin bahwa sebagian besar gamer di seluruh dunia kini juga tidak terlalu peduli dengan kualitas visual dan lebih mengedepankan gameplay.

Developer Far Cry 4 menyebut bahwa pengalaman bermain selalu menjadi fokus pengembangan mereka, dan bukan visual.
Developer Far Cry 4 menyebut bahwa pengalaman bermain selalu menjadi fokus pengembangan mereka, dan bukan visual.

Oleh karena itu, di wawancara yang sama, Hutchinson mengungkapkan rasa bingungnya dengan perdebatan resolusi game yang acap kali terdengar di beragam media gaming yang ada. ia juga merasa aneh bahwa perdebatan in masih tercipta ketika sebagian gamer tidak segan memainkan game-game baru di luar sana yang mengusung gaya visual retro berbasis piksel. Tidak hanya itu saja, ia juga mengklaim bahwa tidak akan ada gamer yang bisa membedakan apakah sebuah game berjalan di resolusi 900p atau 1080p. Hutchinson menyebut bahwa pengalaman bermain adalah yang utama, bahwa ia tidak akan sungkan menikmati kembali sebuah game, SNES sekalipun, jika ia memang keren.

Far Cry 4 sendiri akan dirilis pada 18 November 2014 mendatang, untuk Playstation 3, Playstation 4, Xbox 360, Xbox One, dan tentu saja – PC.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Kualitas grafis dan gameplay, aspek mana yang lebih menjadi prioritas Anda?

 

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…