World of Warcraft Mulai Kembali Ramai

Reading time:
October 15, 2014

Salah satu game MMORPG paling fenomenal yang pernah muncul di industri game, predikat yang satu ini memang pantas diberikan kepada World of Warcraft dari Blizzard. Bertahan untuk waktu yang cukup lama dengan sistem langganan bulanannya, mekanik gameplay unik World of Warcraft tidak hanya berhasil mencuri perhatian puluhan juta gamer di seluruh dunia tetapi juga mengubah standar bagaimana sebuah game MMO seharusnya dibangun. Namun sayangnya, vakumnya konten yang menarik membuat game yang satu ini kian peminat. Walaupun masih pantas menyandang predikat sebagai game MMO dengan jumlah pelanggan terbesar, banyak yang memprediksi bahwa Blizzard akan menjadikannya sebagai sebuah game MMO free to play. Rasa pesimis yang ternyata tidak terbukti.

Dengan expansion pack terbaru yang tengah dipersiapkan dan berhasil tampil memesona lewat trailer sinematik yang dilemparkan untuknya – Warlords of Draenor, scene World of Warcraft ternyata kembali  bergairah. Sempat bertahan di angka 6,8 juta gamer di akhir bulan Juni 2014 silam, World of Warcraft berhasil menarik lebih dari 600.000 ribu pelanggan baru hingga berita ini ditulis. Game andalan Blizzard sudah memiliki pelanggan sekitar 7,4 juta orang. Walaupun masih terhitung sangat minim dibandingkan dengan tahun 2010 silam yang berhasil membukukan angka 12 juta, namun kenaikan ini tentu saja dilihat sebagai sesuatu yang positif.

Sempat meredup, game MMO andalan Blizzard - World of Warcraft berhasil menarik kembali jumlah pelanggan dengan angka yang terhitung fantastis.
Sempat meredup, game MMO andalan Blizzard – World of Warcraft berhasil menarik kembali jumlah pelanggan dengan angka yang terhitung fantastis.

Blizzard sendiri merencanakan banyak update konten terbaru sebelum Warlords of Draenor meluncur pada 13 November 2014 mendatang. Mereka ingin menyuntikkan model karakter baru, event dunia “Iron Horde Incursion”, pergantian interface yang lebih baik, hingga perubahan kelas.

Apakah dengan update terbaru ini World of Warcraft akan kembali mendominasi scene MMORPG dunia dengan angka yang fantastis? Ataukah ia mulai perlahan namun pasti, tidak lagi terlihat relevan dan tergerus zaman? Kita tunggu saja.

Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…