Review Civilization – Beyond Earth: Dunia Baru, Adiksi Baru!

Reading time:
October 31, 2014
Civilization Beyond Earth - 031

Seri game Civilization, turn based strategy dari Firaxis, dikenal sebagai seri legendaris yang digemari banyak gamer di seluruh dunia. Civilization umumnya menawarkan sebuah game di mana Anda harus beradu strategi mengatur negara Anda untuk dapat mengalahkan lawan-lawan Anda, baik komputer atau pemain lain. Selama ini, Civilization lebih banyak mengangkat peradaban yang ada di bumi ini sebagai topik utamanya. Namun, bagaimana bila Firaxis ternyata mencoba membawa Civilization ke luar bumi? Jawabannya ada dalam game baru mereka, Sid Meier’s Civilization: Beyond Earth ini!

Civilization Beyond Earth - 067
Planetfall.. Welcome to the New World!

Secara umum, Civilization: Beyond Earth ini bisa dikatakan sedikit menyimpang dari inti game Civilization. Game ini lebih layak disebut sebagai penerus dari game lawas, Sid Meier’s Alpha Centauri, dibandingkan sebagai sebuah game Civilization. Tetapi, pihak 2K Games dan Firaxis tampaknya punya pertimbangan tersendiri sehingga memutuskan menggunakan nama Civilization untuk game bertema dasar luar angkasa ini, terlebih lagi Alpha Centauri memang kurang sukses di pasaran.

Plot

Civilization Beyond Earth - 014
Movie singkat yang muncul ketika membuka game Civilization: Beyond Earth menjelaskan latar belakang mengapa manusia butuh mencari planet baru.

Civilization: Beyond Earth mengambil latar waktu beberapa ratus tahun ke depan. Saat itu, sebuah bencana yang baru berlalu bernama “The Great Mistake” membuat manusia harus mencari tempat tinggal baru di luar bumi. Setelah perjalanan panjang mencari “rumah” baru, mantan penduduk bumi akhirnya menemukan planet baru yang nantinya akan menjadi tempat tinggal baru manusia. Sayangnya, Anda, sebagai pemimpin dari salah satu ekspedisi, harus bersaing dengan ekspedisi dari kubu lain dalam memperebutkan kekuasaan di planet baru tersebut.

Selain harus melawan kubu lain, Anda juga harus berhadapan dengan penghuni dari planet baru tersebut, apalagi kalau bukan spesies alien lokal. Sikap Anda terhadap ras alien tersebut akan banyak mempengaruhi jalannya permainan dari elemen baru yang diperkenalkan dalam game ini, Affinity. Anda juga harus berpikir keras untuk mengatur koloni Anda, dari yang semula kecil, mengembangkannya, membesarkannya, dan juga menemukan berbagai teknologi yang bisa membantu Anda menghadapi kubu lawan.

Civilization Beyond Earth - 064

Pihak Firaxis mempertahankan berbagai elemen yang ada di Civilization V dan menyertakannya dalam game ini. Mereka juga menambahkan beberapa elemen baru, yang sebagian diambil dari game Alpha Centauri, ke dalam game ini. Hal itu akhirnya melahirkan sebuah game Civilization yang mengusung rasa baru, yang tentunya tetap dapat membuat Anda membuang hidup Anda di depan komputer untuk memainkan game ini! Kami akan membahas beberapa elemen menarik dari game tersebut lebih lanjut dalam artikel ini!

Memulai Kehidupan di Planet Baru

Civilization Beyond Earth - 165
Membangun kota-kota baru menjadi makanan yang harus Anda nikmati di awal permainan. Akan ada banyak sekali gangguan yang muncul dan menghambat Anda. Bersiaplah!
Civilization Beyond Earth - 090
Virtue, hal yang menggantikan Social Policy di Civilization: Beyond Earth.

Anda akan memulai permainan dengan terlebih dahulu menentukan siapa sponsor Anda, perlengkapan yang dibawa, siapa saja yang ikut dalam ekspedisi Anda, fitur unik di pesawat luar angkasa yang digunakan, serta planet baru yang akan Anda tempati. Anda harus memikirkan benar apa yang akan Anda perbuat di planet baru tersebut nantinya sebelum memilih hal-hal tersebut. Semua hal tersebut pada dasarnya mirip dengan ketika Anda memilih negara dan tokoh pemimpinnya di Civilization V.

Civilization Beyond Earth - 136
Sistem Happiness di Civilization V diubah menjadi Health di Civilization: Beyond Earth.
Civilization Beyond Earth - 009
Beberapa lokasi di map mengandung beberapa rahasia yang bisa digali oleh unit Explorer.. Selain itu, terdapat juga Miasma, semacam gas yang ditemui di planet baru dengan wujud menyerupai kabut berwarna hijau di map. Gas tersebut berbahaya bagi pasukan Anda yang berhenti di petak dengan gas tersebut.
Civilization Beyond Earth - 187
Beberapa resource baru yang diperkenalkan di game ini: Xenomass (kolam hijau di bagian tengah bawah), Firaxite (kristal orange di bagian atas), dan Floatstone (batu ungu di bagian kanan).

Kehidupan baru di tempat baru tentunya tidak akan mudah, terlebih lagi bila tempat baru tersebut adalah tempat yang sangat asing bagi Anda. Firaxis tahu betul akan hal tersebut dan menggambarkannya dengan sangat baik di dalam game ini. Anda benar-benar harus beradaptasi dengan cepat dengan cara menentukan lokasi pendaratan pesawat penjelajah Anda yang nantinya akan menjadi ibu kota negara Anda, mencari tahu apa saja yang ada di sekitar ibu kota tersebut, serta mengembangkan apa saja yang ada di sekitar ibu kota untuk mendukung perkembangan negara Anda. Mirip dengan Civilization? Ya dan tidak. Kami akan menjelaskan lebih lanjut di mana persamaan dan perbedaan tersebut!

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…
April 18, 2022 - 0

Review Grammarian Ltd: Indo Versus Inggris!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Grammarian Ltd ini? Mengapa kami…
January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…