Review TTesports Sybaris: Wireless Tetapi Tetap Menggelegar!

Author
David Novan
Reading time:
November 7, 2014

Komitmen ThermalTake untuk menyajikan periferal gaming bertaraf Esports adalah sebab utama munculnya merek TTesports. Beragam perangkat gaming untuk membantu gamer lebih unggul dibandingkan lawannya dibarengi pula dengan memasukkan feature teknologi terkini. Headphone gaming terbaru dari TTesports, Sybaris, merupakan salah satu bukti komitmen tersebut.

001
Earphone dapat dilipat untuk memudahkan penyimpanan.

TTesports Sybaris mempercayakan koneksi wireless Bluetooth 4.0 untuk menghubungkan perangkat ini dengan sumber suaranya, baik itu komputer maupun perangkat mobile. Penggunaan teknologi Bluetooth 4.0 yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 lalu ini tentu saja memiliki alasan yang kuat.

Nama lain Bluetooth 4.0 adalah Bluetooth Low Energy, Bluetooth LE, dan Bluetooth Smart. Teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk menikmati semua kemampuan Bluetooth dalam mengantarkan informasi tanpa harus menguras daya yang besar. Jadi, perangkat yang menggunakannya dapat digunakan untuk waktu lebih lama hingga baterainya perlu diisi kembali. Efeknya untuk TTesports Sybaris? Tentu saja waktu penggunaan yang lebih lama. Anda tentu ingin menikmati suara di headphone wireless dengan durasi lebih lama ‘kan?

Untuk menggunakan feature NFC, cukup tempelkan perangkat mobile dan ia akan otomatis melakukan pairing dengan Sybaris.
Untuk menggunakan feature NFC, cukup tempelkan perangkat mobile dan ia akan otomatis melakukan pairing dengan Sybaris.

Feature lain yang patut dilirik dari TTesports Sybaris adalah penggunaan teknologi Near-field Communication (NFC). Teknologi ini memungkinkan perangkat untuk membentuk medan listrik berukuran kecil yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi. Bedanya dengan bentuk pengiriman informasi wireless lain? Sinyal NFC tidak dapat ditangkap perangkat lain yang jaraknya jauh, bahkan di dalam satu ruangan sekalipun (sekitar 22 meter). Biasanya perangkat yang ingin menggunakan NFC harus melakukan pairing dengan menempelkan kedua perangkat tersebut. Tujuannya untuk keamanan dan memudahkan pairing antarperangkat.

Desain Elegan ala TTesports

TTesports Sybaris dengan bangga kembali menampilkan desain khas ala TTesports yang dapat Anda temukan di semua perangkat headphone-nya. Dominasi warna hitam glossy nan mengkilat dipadukan dengan merah di bagian earphone dan logonya membuat perangkat suara ini terlihat elegan. Pada bagian penahan atas kepalanya, Anda dapat menemukan bantalan busa yang dilapisi kulit hitam dove.

Sybaris mempertahankan ciri khas TTesport dengan menggunakan dominasi hitam dan detail merah, seperti yang terlihat di earpad-nya.
Sybaris mempertahankan ciri khas TTesport dengan menggunakan dominasi hitam dan detail merah, seperti yang terlihat di earpad-nya.

Untuk menunjang kenyamanan ketika digunakan, TTesports Sybaris menggunakan earpad berlapis kulit dan diisi dengan busa yang empuk. Ketebalan busa ini sendiri tergolong cukup besar untuk melindungi ujung kuping penggunanya dari tekanan ketika bersentuhan dengan earphone. Hal ini selalu menjadi sumber ketidaknyamanan dan rasa sakit ketika menggunakan dalam waktu yang lama.

Penunjang lain yang cukup baik adalah digunakannya bahan besi stainless untuk memperpanjang ukuran lingkar kepala headband. Selain memberikan tampilan yang menarik, perak diapit warna hitam, penunjang headband ini juga berguna untuk meyakinkan penggunanya akan kekuatan headband itu sendiri.

Penopang pada headband menggunakan besi stainless yang cukup kuat guna mendukung penggunaan di outdoor.
Penopang pada headband menggunakan besi stainless yang cukup kuat guna mendukung penggunaan di outdoor.

Desain headphone ini turut menyembunyikan beberapa tombol fungsional. Tombol Power dan volume dapat Anda temukan membaur dengan sisi earphone bagian kanan. Jadi, ketika Anda menggunakan TTesports Sybaris di kepala, tombol tersebut akan dengan mudah Anda gunakan dengan bantuan jempol tangan kanan, karena ia menghadap ke belakang. Cukup genggam earphone kanan dan Anda akan menemukannya.

Apabila Anda tidak ingin menghabiskan baterai dengan menggunakan koneksi wireless, TTesports Sybaris juga menawarkan koneksi kabel dengan panjang sekitar 2 meter. Pada kabel tersebut, Anda dapat menemukan pengatur volume dan switch untuk mengatur fungsi Microphone. Pada mode kabel, Anda hanya bisa mengatur volume melalui kabel ini. Jadi, tombol yang membaur dengan elegan pada earphone kanan tidak dapat digunakan.

Tombol volume dan power disembunyikan di belakang headphone. Secara bersamaan juga memudahkan pengguna untuk menekan tombol tersebut.
Tombol volume dan power disembunyikan di belakang headphone. Secara bersamaan juga memudahkan pengguna untuk menekan tombol tersebut.

Game: Menggelegar di Telinga

Bermain game dengan menggunakan TTesports Sybaris merupakan pengalaman yang mengasyikkan. Suara yang dihasilkannya ketika bermain game action, terutama ketika berada di tengah baku tembak, begitu menggelegar. Kualitas Bass TTesports Sybaris yang mencapai batas bawah 20Hz membuatnya mampu menampilkan suara ledakan yang membahana. Suara tersebut didukung oleh sifat driver Closed sehingga membuat suara tidak banyak yang keluar dari driver dan membocorkan tekanan suara yang dihasilkan oleh Bass. Arsitektur inilah yang membuat kualitas Bass-nya cukup baik.

Arsitektur Close driver memungkinkan kualitas Bass yang lebih baik. Jaring besi di permukaan earphone hanya hiasan dan terlihat seperti Open Driver.
Arsitektur Close driver memungkinkan kualitas Bass yang lebih baik. Jaring besi di permukaan earphone hanya hiasan dan terlihat seperti Open Driver.

Suara tinggi dan menengah yang dihasilkan TTesports Sybaris tergolong bagus. Walaupun tingkat Bass yang dihasilkan terkadang membuat suara di frekuensi menengah “tenggelam”, akan tetapi suara tinggi dapat disajikan dengan baik. Desingan peluru, suara jet, atau gesekan kuku monster yang merangkak di balik tembok dapat terdengar dengan detail.

Komunikasi antarpemain menjadi keharusan untuk sebuah headphone gaming. Untuk mendukung fungsi tersebut, TTesports Sybaris menyediakan Microphone yang dapat dilepas dari headphone dikala tidak digunakan. Bagian tubuh Mic cukup panjang dan fleksibel untuk dibengkokkan sesuai selera dan posisi mulut Anda. Mic ini juga menjadi perpanjangan koneksi untuk kabel bila Anda tidak ingin menggunakan fungsi wireless-nya. Bagaimana dengan kualitas suaranya? Mic ini tidak terganggu dengan suara lingkungan dan mampu mengantarkan perintah suara Anda dengan baik.

Microphone dapat dipasang dengan mudah dan memiliki elastisitas tinggi supaya dapat dibengkokkan sesuai kebutuhan penggunanya.
Microphone dapat dipasang dengan mudah dan memiliki elastisitas tinggi supaya dapat dibengkokkan sesuai kebutuhan penggunanya.
Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…