20 Game Klasik Playstation yang Mungkin Anda Lupakan!

Reading time:
December 4, 2014
20 Game Klasik Playstation yang Mungkin Anda Lupakan! seperti biasa

20 tahun sudah Playstation menancapkan taringnya yang tajam di industri game dan terus tampil dengan kualitas yang memesona. Lewat sepak terjang konsol racikan Sony ini, ia tidak hanya membantu mendefinisikan perkembangan generasi-generasi lewat perangkat keras yang mereka rilis, tetapi juga menawarkan puluhan franchise original yang berhasil meninggalkan kesan yang begitu mendalam. Playstation pertama lah yang menjadi tonggak untuk kesuksesan Playstation setelahnya, yang kini sudah mencapai angka “4” dan menawarkan performa yang bahkan tidak pernah dibayangkan 1-2 dekade sebelumnya. Bagi gamer yang sempat tumbuh besar dengan konsol yang satu ini, Playstation pertama adalah sang raja yang tidak tergantikan.

Memori Anda mungkin sudah mulai usang, namun ada begitu banyak game Playstation pertama yang sulit untuk dilupakan begitu saja. Kita membicarakan game seperti Bishi Bashi, Xenogears, Legend of Dragoon, Suikoden 2, Tomba, Legend of Legaia, Final Fantasy VIII, Tony Hawk Pro Skater, dan begitu banyak game lainnya. Game-game yang bahkan sudah tidak lagi mendapatkan kesempatan untuk hidup kembali, namun akan terus menetap abadi di otak kita. Namun dengan ratusan game Playstation yang mungkin sudah pernah Anda cicipi, tentu ada begitu banyak game keren yang mungkin berujung tidak membekas. Game yang sempat memberikan Anda pengalaman terbaik dan unik di masa lalu, namun tidak berujung populer.

Lantas apa yang akan kita bahas saat ini? Alih-alih mengikuti sebagian besar media yang mungkin akan merangkum list game-game Playstation terbaik mereka, kita akan mengambil sedikit jalur yang berbeda. Kita akan menggali memori, mengingat kembali game-game keren yang mungkin sudah Anda lupakan karena matinya franchise atau eksposure yang tidak pernah kembali. Tujuannya? Tentu saja membuat Anda melemparkan reaksi, “Ah… gua pernah main game ini dulu.. Keren banget ini!”, and something like that..  Berangkat dari hal inilah, kita tentu saja tidak akan membahas game-game klasik populer yang masih melekat di otak sebagian besar gamer. Harvest Moon? Vagrant Story? Legend of Mana? Kita masih ingat jelas semua game-game ini.

Jadi, dari semua game Playstation pertama yang sempat dirilis ke pasaran, apa saja 20 game klasik keren yang mungkin sudah Anda lupakan? Inilah list dari JagatPlay untuk merayakan ulang tahun Playstation yang ke-20!

20. Super Shot Soccer

super shot soccer

Game sepakbola apa yang paling Anda ingat ketika Playstation pertama  berjaya di masa lalu? Sebagian besar memori Anda mungkin akan tertuju pada FIFA 98 atau Winning Eleven 4 yang sempat membuat industri rental di Indonesia berkembang pesat. Namun untuk level yang lebih tidak kompetitif, tidak ada game sepakbola yang lebih menyenangkan dibandingkan Super Shot Soccer yang satu ini. Mulai ingat? Benar sekali, ini menjadi salah satu dari sedikit game sepakbola yang memungkinkan para pemainnya mengakses beagam jurus andalan unik dan epik untuk untuk setiap negara yang ada. Angin topat? Gocekan yang tak ubahnya teleport? Momen-momen menyenangkan pastinya.

19. Die Hard Trilogy

die hard trilogy

Sebagian besar dari kita tampaknya setuju, bahwa sebagian besar game yang mengakar pada proyek adaptasi film biasanya berakhir mengecewakan. Beberapa film seolah memang didesain hanya untuk dinikmati secara pasif dan sama sekali tidak nyaman dinikmati secara interaktif. Namun harus diakui, ada beberapa proyek di luar sana yang terhitung cukup berhasil menawarkan daya tarik versi filmnya dengan gameplay yang juga tidak kalah menyenangkan. Salah satunya? Tentu saja Die Hard Trilogy! Menghadirkan gameplay yang berbeda untuk setiap seri Die Hard, elemen action  yang dihadirkan memang cukup seru terlepas dari sistem kamera klasik yang jadi masalah. Bagian terbaiknya? Ia memproyeksikan karakter ikonik – John McClane dengan cukup baik. Yippie ki yay, mother*piiip*!!

18. Xena: The Warrior Princess

xena

Tidak hanya layar lebar, ada banyak film seri televisi yang juga diangkat menjadi video game semasa kejayaan Playstation pertama. Salah satu yang cukup menarik perhatian dengan gameplay yang juga solid adalah Xena – The Warrior Princess. Anda yang tidak bisa melupakan sosok Lucy Lawless yang begitu menggoda di versi serinya sudah pasti tidak melewatkan game yang satu ini. Tidak banyak menawarkan  kompleksitas memang, Xena bergerak dalam alur yang sama seperti game-game action yang lain. Berhadapan dengan para Amazon sampai Minotaur, kesan memorable muncul dari begitu banyak momen. Dari fakta Anda bisa menggunakan chakram andalannya dengan kontrol penuh dari kacamata orang ketiga, hingga teriakan khasnya yang juga tetap disematkan di dalamnya.

17. Saiyuki: Journey West

saiyuki

Membicarakan game RPG di Playstation, maka pikiran Anda mungkin akan langsung tertuju pada nama besar seperti Final Fantasy, Breath of Fire, atau Suikoden. Padahal ada satu nama lain yang hadir dengan kekuatan cerita dan mekanik gameplay yang cukup keren yang mungkin sudah terhapus dari ingatan Anda. Apakah nama Saiyuku: Journey West memunculkan ingatan tertentu? Game strategi RPG yang satu ini memang sempat menarik perhatian yang cukup besar karena setting utamanya yang terhitung unik. Perjalanan ke Barat mencari Kitab Subci kini hadir dengan desain karakter yang lebih indah, konflik yang lebih intens, dan elemen strategi yang lebih epik. We need more games like this.

16. Evil Zone

evil zone

Selain RPG, selama eksistensinya – Playstation pertama juga boleh disimpulkan sebagai surga untuk game-game fighting model tiga dimensi. Peningkatan performa dari generasi sebelumnya yang cukup signifikan membuat banyak developer menjajal opsi yang satu ini. Game fighting dengan visual terbaik di zaman itu? Beberapa dari Anda mungkin akan menyebut Tekken atau Bloody Roar dan melupakan game yang satu ini – Evil Zone. Hadir dengan mekanik gameplay yang sangat sederhana, jurus ultimate sinematik yang terlihat sangat destruktif, dan variasi karakter dengan desain super keren, Evil Zone jarang sekali mendapatkan perhatian yang seharusnya. Ada kesenangan tersendiri mencicipi game yang satu ini, apalagi mengingat Anda tidak butuh banyak mengingat kombinasi tombol seperti apa yang harus dieksekusi untuk melahirkan gerakan tertentu. Salah satu kekuatan utamanya yang lain ada ciri khas anime yang juga mengalir begitu kentara darinya. Danzaiver, FTW!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…