20 Game Klasik Playstation yang Mungkin Anda Lupakan!

Reading time:
December 4, 2014

5. Incredible Crisis

incredible crisis

Bishi-Bashi, Bishi-Bashi, dan Bishi-Bashi, nama yang satu ini seolah menjadi epitome tersendiri sebagai game party dengan mini game super menyenangkan yang paling populer. Padahal jika ingin diselediki lebih jauh, ada satu game dengan konsep serupa yang tidak kalah gila. Menjadikan sebuah keluarga normal yang harus berhadapan dengan segudang situasi tidak normal – Incredible Crisis menawarkan salah satu pengalaman Playstation paling menyenangkan. Ada yang unik dengan konsep seperti ini dan setiap mini game dieksekusi dengan cukup baik. Sayangnya, sejauh memori kami menggali, game ini tidak pernah dicitrakan sebagai game yang menyenangkan untuk dicicipi dalammode multiplayer.

4. Tokimeki Memorial

tokimeki memorial

Ibaratkan bahwa Anda seperti seorang anak kecil yang tengah ingin makan permen. Namun orang tua Anda yang cerdas memahami hal itu, lantas menyimpan permen terenak di rumah di atas lemari yang tidak mungkin Anda jangkau. Kesan seperti inilah yang kami dapatkan dari satu nama – Tokimeki Memorial dari Konami. Sejak awal eksistensi Playstation, Tokimeki selalu disebut-sebut di beragam majalah game klasik Indonesia di kala itu, bahkan dengan ekstra walkthrough tersendiri. Otak yang masih belum tumbuh “dewasa” masih bingung mengapa game yang hanya memuat kalimat per kalimat seperti ini bisa terus populer. Apalagi mengingat ia hanya dijual dengan bahasa Jepang saja. Namun setelah dewasa dan mulai mengerti dating sim, Tokimeki jadi game pertama yang masuk ke dalam pikiran. Wish i could try it.

3. Jet Moto

jet moto

 

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari sebuah game racing selain kesempatan untuk memacu kendaraan Anda secepat mungkin dari kacamata kosep futuristik. Hal inilah yang ditawarkan oleh Jet Moto yang dikembangkan oleh SingleTrac. Berhadapan dengan beragam penghalang di dalam track yang seolah memang didesain untuk membunuh Anda secara instan, Jet Moto tak ubahnya pompa adrenalin paling mumpuni di masa lalu. Hampir mustahil melakukan belokan tajam? Keluarkan grapple magnet Anda dan beraksi dengan gaya super keren! Seandainya saja ada yang tertarik untuk melahirkan game seperti ini kembali di platform generasi terbaru saat ini.

2. Galerians

galerians

“Gua pernah main game keren itu.. cuman gua lupa namanya!”, reaksi seperti ini mungkin akan paling sering Anda temukan ketika tengah membicarakan Galerians. Sebagian besar gamer Playstation seolah ingat betapa keren game action dengan gaya kontrol Resident Evil dengan tema kekuatan super psychic ini, namun tidak pernah mengingat betul nama yang ia usung. Galerians adalah salah satu “masterpiece” terlupakan di Playstation dan semua gamer yang sempat mencicipinya tentu setuju dengan hal yang satu ini. Tema gelap, cerita penuh misteri, dan kekuatan-kekuatan super keren yang memungkinkan Anda untuk melempar atau membakar orang  tanpa pertimbangan moral apapun? BURN EVERYTHING!!

1. Alundra 2

alundra21

 

Berputar di tempat yang sama selama berjam-jam, memutar otak hingga mengeluarkan keringat dingin, berhenti, dan tidur, kemudian mengulang proses yang sama kembali keesokan harinya. Sensasi inilah yang terbakar di otak kami ketika membicarakan Alundra, terutama di seri keduanya. Sebagai sebuah game action dengan kamera isometrik, Alundra tampil begitu sempurna. Visual yang cukup solid untuk generasi di kala itu, sembari mengusung konsep sisi action yang seru dan puzzle yang benar-benar butuh logika jadi kekuatan utama. Sebuah konsep yang tentu saja sudah begitu jarang ditawarkan oleh sebagian besar game saat ini. Jika Anda ingin mencicipi sedikit sensasi nostalgia game platformer klasik / action RPG yang benar-benar berkualitas, Alundra 2 pantas masuk sebagai salah satu kandidat yang terbaik. One of the best, for sure! Setidaknya menurut memori kami.

Di atas adalah 20 game Playstation generasi pertama, yang menurut kami menawarkan kualitas dan pengalaman bermain terbaik di masanya, namun dengan popularitas yang tidak begitu kuat. Game-game yang mungkin sudah terhapus dari ingatan Anda karena absennya keinginan developer atau publisher untuk melahirkan kembali franchise-franchise ini untuk platfrom gaming yang lebih modern. Game-game yang sebagian besar dari kita pernah mencicipinya, namun lupa dengan nama atau bahkan mekanik gameplay seperti apa yang ditawarkan. Game-game terbaik yang sudah terbukur cukup lama dan butuh untuk dilemparkan kembali ke permukaan, tentu saja.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Game tidak populer (jarang diketahui gamer lain) apa yang pernah Anda mainkan, dan menurut Anda sebagai yang terbaik dari era Playstation pertama? Feel free to comment and share your opinion!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

January 26, 2022 - 0

Review Uncharted – Legacy of Thieves Collection: Ekstra Tenaga Berburu Harta!

Sebuah seri yang membantu Playstation 3 menemukan posisi yang lebih…
January 26, 2022 - 0

Review WD_BLACK SN850: Upgrade Playstation 5 Jadi 2TB!

Ketika pertama kali dirilis, PlayStation 5 sudah menawarkan storage internal…
January 25, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Daisuke Inoue, Jin Fujiwara, Fumihiko Yasuda (Stranger of Paradise: FF Origin)!

Sebuah proyek yang tidak pernah terprediksi, ini mungkin kalimat yang…
December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…