20 Game Klasik Playstation yang Mungkin Anda Lupakan!

Reading time:
December 4, 2014

10. Bust A Groove

bust a groove

Dari semua game berbasis ritme yang tersedia di pasaran, baik di masa lalu maupun saat ini, tidak ada yang mampu menundukkan keunikan Bust A Groove. Berbeda dengan Dance Dance Revelation atau Guitar Hero yang hanya menuntut Anda menekan tombol di layar ketika menyentuh titik tertentu, Bust A Groove tidak menawarkan clue sejelas itu. Anda benar-benar harus mendengar beat setiap lagu yang ada dan menekan tombol di saat beat jatuh. Ini menjadi game ritme yang memang menuntut Anda untuk menggunakan telinga dengan super tajam dan bukannya akurasi mata-tangan. Sebuah konsep yang tidak pernah lagi dieksplor game-game masa kini. Musik dan desain karakter yang ia tawarkan juga pantas diacungi jempol.

9. Jackie Chan Stuntmaster

Jackie Chan Stuntmaster (2)

Sebuah konsep game dimana sang karakter utama terinspirasi oleh aktor di dunia nyata memang jadi barang yang cukup langka di era Playstation pertama. Salah satu yang mengeksekusi hal tersebut dengan cukup baik adalah Jackie Chan – Stuntmaster. Mereka yang tidak suka dengan film laga sekalipun sudah pasti akan mengenal siapa Jackie Chan. Walaupun hadir dengan kualitas visual yang terhitung buruk dan terkesan sangat kotak bahkan untuk standar di zaman itu, ada beberapa elemen yang membuat game ini tampil memorable. Animasi pertarungan yang cukup keren, konsep beat them’up klasik yang begitu lugas, hingga akting “payah” para karakter yang hanya memperlihatkan perubahan visual di bagian wajah. One of the best..

8. Vanguard Bandits

vanguard bandits

Sejak kelahiran Xenogears dengan kualitasnya yang fantastis, game-game yang menghadirkan pertempuran mecha raksasa seolah jadi standar baru yang terus diburu. Namun untuk mengharapkan sebuah game yang sama hampir mustahil. Salah satu proyek lain yang cukup memenuhi harapan tersebut adalah Vanguard Bandits. Berbeda dengan game strategi lain, Vanguard Bandits mempertontonkan pertempuran mecha-mecha raksasa yang sebagian besar hadir dengan senjata melee dan bukannya range ala Front Mission. Pertempuran jarak dekat dengan model tiga dimensi, cerita yang cukup menarik, dan desain mecha keren membuat Vanguard Bandits menjadi legenda tersendiri di zamannya.Namun pasarnya yang cukup niche, mungkin akan membuat Anda belum pernah mendengar nama yang satu ini.

7. Rival School: United by Fate

rival school1

Satu lagi game fighting keren yang mulai termakan masa dan dilupakan, namun begitu populer di masa keemasannya. Benar sekali, kita tengah membicarakan Rival Schools: United by Fate. Ada sesuatu yang terasa keren melihat anak-anak remaja sekolah ini ternyata saling bertarung dengan kemampuan super gila yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Tidak terlalu kompetitif dan menyenangkan di saat yang sama, Rival Schools juga hadir dengan desain karakter yang pantas untuk diacungi jempol. AKIRA, FOR THE WIN!

6. Ehrgeiz

ehrgeiz

Final Fantasy: Dissidia? Jauh sebelum Square Enix melebur semua karakter ikonik dari beragam seri Final Fantasy ke dalam game yang satu ini, mereka sebenarnya sudah menjajal konsep serupa lewat game fighting sederhana – Ehrgeiz. Secara visual, ia memang tidak terlihat terlalu menarik, namun ia menjadi satu-satunya kesempatan Anda untuk melihat Sephiroth, Tifa, dan Cloud untuk bertarung di sebuah game fighting. Menariknya lagi? Ia menjadi satu dari sedikit game fighting yang memungkinkan Anda untuk bergerak secara bebas di ruang tiga dimensi dengan kecepatan tinggi. Kontrol sederhana dan ekstra mini game super fun, Ehrgeiz punya posisi tersendiri untuk mereka yang sempat memainkannya. Sayangnya, ia tidak sepopuler yang dibayangkan.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

January 26, 2022 - 0

Review Uncharted – Legacy of Thieves Collection: Ekstra Tenaga Berburu Harta!

Sebuah seri yang membantu Playstation 3 menemukan posisi yang lebih…
January 26, 2022 - 0

Review WD_BLACK SN850: Upgrade Playstation 5 Jadi 2TB!

Ketika pertama kali dirilis, PlayStation 5 sudah menawarkan storage internal…
January 25, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Daisuke Inoue, Jin Fujiwara, Fumihiko Yasuda (Stranger of Paradise: FF Origin)!

Sebuah proyek yang tidak pernah terprediksi, ini mungkin kalimat yang…
December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…