PlayTest: Gaming Dengan Xenom Pegasus PS15SR-X2!

Author
David Novan
Reading time:
March 10, 2015

Call of Duty Advanced Warfare

Game perang bertema masa depan ini membutuhkan banyak kekuatan GPU dari graphics card untuk memperlihatkan lingkungan pertempuran yang brutal. Hal tersebut disebabkan begitu banyak ledakan dan partikel yang terjadi di sekitar Anda ketika memainkan game ini. Setinggi apa permintaan spesifikasi hardware untuk dapat memainkan game ini dengan baik?

  • Prosesor: Intel i5 2500K
  • Memory: 8 GB
  • Graphics Card: NVIDIA GTX760 4GB
  • HDD: 55GB

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan seksama sebelum Anda dapat menikmati tampilan graphics-nya dengan indah adalah bug yang terselip di dalam setting Option. Bila Anda menyalakan opsi graphics Cache Sun Shadow Maps dan Cache Spot Shadow Maps, maka tekstur yang terlihat di layar permainan akan selalu Low, setinggi apapun Anda menyetel kualitas teksturnya. Oleh karena itu, kedua opsi tersebut harus selalu mati.

Pertempuran sengit di New Baghdad tidak memengaruhi kinerja notebook
Pertempuran sengit di New Baghdad tidak memengaruhi kinerja notebook

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah beban berat yang terjadi bila Anda menghidupkan Supersampling ketika menggunakan setting Extra. Seperti yang juga kami alami ketika memainkan game ini, hanya dengan Supersampling 2x saja mampu memelorotkan kinerja hingga di bawah 20 fps. Untuk game action yang mementingkan bidikan akurat serta framerate, kondisi tersebut tidak boleh terjadi!

Setelah kami mengubah beberapa opsi seperti yang dapat Anda lihat di screenshot, game ini berjalan dengan sangat nikmat dan tampilannya tidak banyak menderita akibat perubahan tersebut. Bahkan ketika kami bertempur di daerah padat aktivitas seperti stage New Baghdad sekalipun, game ini berjalan dengan baik pada framerate berkisar 45 hingga 55 fps. Kami dapat dengan mudah membidik musuh yang bergerak sekalipun tanpa adanya penurunan kinerja cukup besar.

004 005 006

Playable?: Game action ini berjalan dengan sangat baik bahkan pada setting Extra sekalipun. Beberapa opsi mungkin perlu dimatikan demi menghindari bug graphics dan ranjau penghancur kinerja seperti yang tersimpan di Supersampling. Secara keseluruhan, Xenom Pegasus berjalan dengan sangat baik ketika memainkan Call of Duty Advanced Warfare.

Far Cry 4

Game ini memiliki dua hal yang membuatnya cukup mengerikan untuk dihadapi notebook gaming ini; permainan open world dan detail tekstur lingkungan yang sangat bagus. Belum lagi game ini meminta cukup banyak memori untuk dapat dimainkan dengan nyaman. Berikut permintaan yang dibutuhkan untuk menjalankan game ini dengan baik:

  • Prosesor: Intel i5 2400S
  • Memory: 8 GB
  • Graphics Card: NVIDIA GTX680 2GB
  • HDD: 30GB

Untungnya, jumlah memori yang terpasang pada Xenom Pegasus mencukupi. Namun, hanya satu faktor itu saja ternyata tidak cukup untuk menjalankan game ini pada setting tertinggi. Demi menanggulangi jatuhnya kinerja pada setting tertinggi, kami akhirnya menggunakan patokan setting High dan mulai mencari beberapa opsi yang dapat diturunkan untuk meningkatkan kenyamanan bermain. Pada game semacam ini, sangat penting untuk mendapatkan setting yang memungkinkan kami bermain tanpa adanya delay ketika membidik senjata ke musuh. Apalagi pada game ini kebanyakan musuh seringkali bergerak antara perlindungan.

Bermain di bawah 30 fps tidak begitu melelahkan mata
Bermain di bawah 30 fps tidak begitu melelahkan mata

Opsi pertama yang kami turunkan adalah Shadow. Perubahan tersebut langsung terasa dampaknya pada kenyamanan permainan. Setelah kami menurunkan setting Shadow ke Low, korban berikutnya adalah Terrain atau kualitas lingkungannya. Kami tidak ingin terlalu menjatuhkannya supaya game masih terlihat indah. Pada setting yang dapat Anda lihat di screenshot, game berjalan dengan nyaman pada framerate sekitar 25 hingga 28 fps. Untungnya game ini dirancang untuk berjalan dengan baik pada framerate 30 fps.

008 009

Bila Anda merasa kurang dan ingin bermain pada framerate lebih tinggi, kami sarankan untuk mengubah beberapa setting, seperti yang tertera di screenshot di bawah ini:

00B 00C 00D 00E

Hasil dari setting baru ini sangat luar biasa nyaman untuk dimainkan. Berkat perubahan resolusi ke 1360×768 dan setting graphics ke Low, game dapat berjalan pada framerate 58 hingga 75 fps! Lalu, bagaimana dengan tampilan indah dari Far Cry 4 sendiri? Ternyata tidak banyak berubah bila dibandingkan dengan setting lebih tingginya. Memang ada sedikit permukaan kasar, tetapi tidak sampai membuat Anda tidak dapat menikmati alamnya nan indah.

Walaupun pada setting lebih rendah, game ini tetap indah
Walaupun pada setting lebih rendah, game ini tetap indah

Playable?: Far Cry 4 enak dimainkan ketika Anda mengubah beberapa opsi graphics ke Low dan resolusi ke 1360×768. Tidak ada kesulitan ketika bertempur atau berkendara di alam nan indah dalam game ini. Membidik musuh yang bergerak cepat dapat cukup mudah dilakukan serta Anda juga mampu bereaksi cepat pada musuh yang menyergap dari samping.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…