Review Assassin’s Creed Rogue: Berburu Assassin Lebih Seru!

Author
David Novan
Reading time:
March 18, 2015

Gabungan Gameplay Terbaik

Kesan pertama yang melekat ketika memainkan Assassin’s Creed Rogue seperti bertemu kembali dengan Assassin’s Creed Blackflag. Sama seperti seri game Assassin’s Creed yang menekankan petualangan merambah lautan dengan menggunakan kapal laut tersebut, Anda akan langsung bertemu dengan pengalaman serupa. Daerah yang bisa dijelajahi di darat juga sama, yaitu beragam pulau dengan jumlah penduduk sedikit.

Walaupun tidak seramai Unity, tetapi banyak sekali rahasia yang tersimpan di dalamnya
Walaupun tidak seramai Unity, tetapi banyak sekali rahasia yang tersimpan di dalamnya

Namun, seperti yang telah kami singgung sebelumnya, game ini ternyata menyimpan banyak kejutan menarik, terutama dari segi permainannya. Aksi Cormac kini kembali menjadi banyak pilihannya, bila dibandingkan dengan Assassin’s Creed Unity. Musuh yang Anda hadapi dapat dilawan dengan beragam cara, baik berhadapan langsung maupun dengan gaya “Assassin”. Hal yang sangat menonjol untuk ditampilkan ke depan adalah kemampuan untuk memanipulasi pergerakan musuh, opsi untuk bersembunyi, dan pergerakan Cormac.

Musuh dapat dipanggil dengan menggunakan siulan
Musuh dapat dipanggil dengan menggunakan siulan

Memanipulasi musuh untuk masuk ke dalam posisi tersembunyi yang telah Anda siapkan adalah bentuk permainan paling klop untuk seorang Assassin. Bentuk permainan ini sendiri sebenarnya telah ada sebelum seri Unity dirilis. Namun, entah mengapa feature ini dihilangkan dalam Unity. Padahal kemampuan untuk memanggil musuh ke tempat persembunyian Anda melalui siulan dan menghabisinya secara diam-diam adalah cara menghabisi paling keren dalam seri Assassin’s Creed.

Kemampuan ini sangat pas bila digabungkan dengan kemampuan Anda untuk membaur dengan lingkungan, dalam hal ini rimbunnya semak-semak dan tumpukan jerami. Berlari antara semak untuk mendekati posisi musuh memberikan kesan strategi tersendiri ketika bermain. Anda harus mempelajari daerah mana yang akan dilewati musuh, menunggu di sana, memanggilnya dengan siulan, dan menghabisinya ketika berada di semak.

Mengintai musuh dan menyerangnya di saat yang tepat adalah gaya bertarung Assassin sejati
Mengintai musuh dan menyerangnya di saat yang tepat adalah gaya bertarung Assassin sejati

Pergerakan dari Cormac sendiri ada sisi positif dan negatifnya. Satu sisi, Anda dapat bernavigasi dengan luwes melewati beragam pepohonan dan cabang untuk mendekati posisi musuh. Namun di sisi lain, teknologi bergerak dengan cepat ketika menaiki dan menuruni bangunan yang bisa ditemui di Unity tidak digunakan di sini. Hasilnya, seringkali Anda harus ketiban sial karena Cormac tidak cukup cepat bergerak dan ketahuan musuh!

Bila terpaksa, Cormac dapat bertarung dengan sangat mematikan
Bila terpaksa, Cormac dapat bertarung dengan sangat mematikan

Bertarung di Laut Luas

Petualangan Cormac membawanya mengarungi beragam daerah yang jauh. Terkadang mereka dipisahkan oleh lautan nan luas. Untungnya, Cormac memiliki kapal laut tangguh bernama Morrigan yang mampu melawan rintangan apapun, baik kapal lain maupun ombak ganas. Gelombang laut ketika Cormac menaiki Morrigan merupakan hal yang bisa membuat Anda jatuh cinta. Indahnya lautan dari sudut pandang kapten kapal tersebut menyimpan hal baru yang menarik bila dibandingkan dengan Blackflag.

Lautan di game ini begitu hidup dan indah
Lautan di game ini begitu hidup dan indah

Lautan benua Amerika pada Assassin’s Creed Rogue berada dekat dengan kutub bumi. Kondisi tersebut membuat perjalanan laut Anda akan dihiasi oleh bongkahan es dengan beragam ukuran. Mereka dapat ditemukan terapung di lautan dan uniknya mampu menambahkan variasi strategi baru ketika bermain. Sebab, ketika Anda bertempur dengan kapal lain, Anda dapat menembak bongkahan tersebut untuk menghancurkannya dan membuat ombak besar. Lalu, apa efeknya? Kapal berukuran sedang dan kecil dapat tenggelam terkena ombak tersebut! Sangat membantu bila Anda dikelilingi banyak kapal musuh berukuran kecil!

Bongkahan es dapat menjadi senjata mematikan untuk kapal kecil
Bongkahan es dapat menjadi senjata mematikan untuk kapal kecil

Kapal musuh yang Anda perangi dapat dilukai hingga tidak bergerak lagi, untuk berikutnya dapat Anda tenggelamkan. Namun, Anda dapat juga membajak kapal tersebut dengan awak kapal Anda! Keuntungan membajak kapal tersebut ternyata lebih besar dibandingkan hanya menenggelamkannya. Anda akan mendapatkan lebih banyak sumber daya atau Resource dan uang bila dibandingkan mengambilnya dari kapal karam.

Namun, harus Anda ingat bahwa tidak semua kapal musuh dapat Anda tenggelamkan dengan mudah. Sebelum mulai menyerang, Anda dapat melihat terlebih dahulu kemampuan kapal tersebut dengan menggunakan teropong. Melalui opsi ini, Anda dapat melihat muatan yang ada di dalamnya serta kekuatannya. Semakin besar levelnya, maka Anda butuh kekuatan tempur yang besar pula untuk melawannya. Bila Anda melihat label levelnya berwarna merah, maka upgrade dulu Morrigan sebelum mulai melawannya!

Kapal musuh yang berhasil ditangkap memberikan lebih banyak Resource
Kapal musuh yang berhasil ditangkap memberikan lebih banyak Resource

Resource yang Anda dapatkan ketika menenggelamkan kapal atau menyiduknya dari lautan dalam bentuk peti mengambang dapat digunakan untuk memperkuat Morrigan. Kapal Anda dapat diperkuat melalui beberapa opsi, seperti meningkatkan kekuatan badannya supaya ia dapat lebih banyak menerima serangan sebelum tenggelam, menambah meriam supaya lebih kuat serangannya, hingga menambahkan senjata jenis baru. Bahkan, Anda juga dapat mendandani Morrigan dengan beragam hiasan baru supaya ia lebih garang.

Upgrade kapal Anda supaya ia mampu memberikan hantaman lebih dahsyat
Upgrade kapal Anda supaya ia mampu memberikan hantaman lebih dahsyat
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…