Review Bloodborne: Penyiksaan yang Begitu Nikmat!

Reading time:
March 31, 2015

Pengalaman Tanpa Akhir

Bloodborne menyediakan begitu banyak konten untuk menyerap puluhan jam hidup Anda dengan cara seadiktif mungkin.
Bloodborne menyediakan begitu banyak konten untuk menyerap puluhan jam hidup Anda dengan cara seadiktif mungkin.

Untuk sebuah game dengan harga Rp 600.000-an, Bloodborne membuktikan bahwa ia memang pantas untuk diincar di harga yang tidak terhitung murah tersebut. Apa pasal? Karena konten yang Anda dapatkan akan sebanding dengann apa yang Anda bayar. Kami sendiri berhasil menyelesaikan game ini dengan waktu tempuh sekitar 27 jam, itupun dengan begitu banyak area yang belum kami eksplorasi, dengan boss misi sampingan yang belum kami taklukkan, dan senjata yang belum dikumpulkan. Di beberapa titik terakhir gameplay, kami memutuskan untuk mengejar akhir cerita untuk kemudahan review. Bahkan untuk proses sepert ini pun, ia masih memakan waktu lebih dari 20 jam. Anda yang meluangkan waktu untuk mengejar segala bentuk cerita tentu bisa menghasilkan waktu lebih panjang.

Namun petualangan ini belum berakhir. Setelah Anda menyelesaikan Bloodborne, terlepas dari ending manapun yang Anda dapatkan, Anda bisa kembali memainkan game ini dalam format New Game +. Walaupun secara mendasar tidak banyak berbeda, New Game + memuat kualitas musuh yang lebih sulit – jumlah HP lebih tebal dengan  serangan damage yang lebih mematikan.

Di awal, ia akan terasa mudah. Namun seiring dengan berjalannya waktu, New Game + menawarkan tantangan yang akan membuat keringat dingin Anda terus bercucuran. Apa pasal? Ketika mencapai level 100-misalnya, ada kemungkinan progress karakter Anda sudah terhenti di status yang menjadi favorit Anda sehingga tidak mungkin lagi dinaikkan di level-level selanjutnya. Sementara di sisi lain, seiring berjalannya cerita yang ada, musuh di New Game + tidak pernah berhenti berkembang. Setiap area baru yang Anda temui akan memuat musuh lebih kuat, lebih tebal, lebih sakit serangannya. Bisakah Anda mentolerir tingkat kesulitan baru ini? Jika Anda mencintai tantangan, maka New Game + adalah yang Anda kejar setelah menikmati cerita utama di New Game Biasa.

Selesai menyelesaikan New Game biasa? Masih ada New Game + yang makin sulit!
Selesai menyelesaikan New Game biasa? Masih ada New Game + yang makin sulit!
Anda juga bisa menciptakan dan mengeksplorasi Chalice Dungeon yang sama sulitnya.
Anda juga bisa menciptakan dan mengeksplorasi Chalice Dungeon yang sama sulitnya.

Menariknya lagi? New Game + bukanlah satu-satunya metode Anda untuk menikmati Bloodborne secara maksimal. Masih ada satu mekanisme lain bernama – Chalice Dungeon yang bertindak sebagai dungeon acak yang akan mampu menghabiskan waktu Anda untuk ekstra puluhan jam. Mengumpulkan item komponen yang dibutuhkan, Anda bisa meracik Chalice Dungeon Anda sendiri – menjelajahinya untuk ekstra item, equipment, dan boss unik yang tidak akan Anda temukan di cerita utama. Tidak hanya itu saja, terbagi atas beberapa tingkat, ia juga tidak mudah. Varian-varian musuh baru ini bisa saja membunuh Anda secara instan, apalagi jika Anda melangkah semakin dalam.

Sifatnya acak membuat tidak ada satupun Chalice Dungeon yang serupa. Menariknya lagi? Anda bisa mengundang user lain dan mengunjungi Chalice Dungeon user lain.
Sifatnya acak membuat tidak ada satupun Chalice Dungeon yang serupa. Menariknya lagi? Anda bisa mengundang user lain dan mengunjungi Chalice Dungeon user lain.

Chalice Dungeon memuat boss khusus mereka sendiri dan jalinan cerita rahasia yang seharusnya menjadi benang merah untuk puzzle plot di progress utama. Yang membuatnya luar biasa adalah fakta bahwa ia adalah sebuah dungeon acak. Chalice Dungeon yang terbangun atas item Anda akan berbeda dengan Chalice Dungeon yang dibangun orang lain, dari susunan bentuk, varian musuh, hingga item yang bisa Anda dapatkan di dalamnya. Kerennya lagi, Anda bisa berbagi Chalice Dungeon Anda secara publik kepada user lain, sehingga mereka bisa masuk, mengeksplorasi, dan mendapatkan item sama seperti yang Anda dapatkan. Ia menciptakan dinamika yang berbeda. Komunitas-komunitas Bloodborne, baik di Indonesia maupun luar, seringkali berbagi informasi Chalice Dungeon mereka, seperti item-item apa saja yang bisa diburu di dalamnya. Bosan dengan cerita utama? Lompat ke Chalice Dungeon dan nikmati pengalaman berbeda, tidak ada habisnya, dan sama sulitnya.

Kesimpulan

Bloodborne™_20150328134153
Tidak ada kata yang lebih pantas untuk mendefinisikan Bloodborne, selain menyebutnya sebagai proyek From Software yang fantastis. Semua hal yang disuntikkan From Software untuknya berjalan begitu optimal, menciptakan pengalaman game action RPG terbaik yang pernah kami nikmati, baik dari sisi mekanik gameplay, visualisasi, atmosfer, tingkat kesulitan, desain monster, hingga faktor resiko yang akan membuat Anda menikmati setiap jengkal sensasi yang ingin ia suntikkan.

 

Tidak ada kata yang lebih pantas untuk mendefinisikan Bloodborne, selain menyebutnya sebagai proyek From Software yang fantastis. Semua hal yang disuntikkan From Software untuknya berjalan begitu optimal, menciptakan pengalaman game action RPG terbaik yang pernah kami nikmati, baik dari sisi mekanik gameplay, visualisasi, atmosfer, tingkat kesulitan, desain monster, hingga faktor resiko yang akan membuat Anda menikmati setiap jengkal sensasi yang ingin ia suntikkan. Unik memang, terlepas dari genre action RPG yang ia usung, Bloodborne juga terasa seperti sebuah game survival horror. Mengapa? Karena pada akhirnya ia berkutat pada satu konsep utama – usaha untuk bertahan hidup, bagaimanapun caranya. Ada begitu banyak elemen resiko yang secara konsisten memicu dilema, apakah pantas ditempuh atau tidak. Bloodborne akan membuat Anda selalu tegang, tertarik, waspada, dan penasaran.

Walaupun demikian, bukan berarti game ini datang tanpa masalah. Salah satu yang jadi catatan terbesar kami adalah waktu loading yang masih terlalu lama untuk sebuah game yang akan selalu mendorong untuk mati, mati, dan mati lagi. Proses untuk hidup kembali di Lantern terdekat, atau ketika Anda ingin bolak-balik Hunter’s Dreams untuk proses grinding memakan waktu lama karena masalah loading yang sulit untuk ditoleransi ini. Sony dan From Software memang menjanjikan patch, namun ia masih belum terwujud hingga review ini meluncur. Masalah lain adalah glitch yang masih sering ditemui. Beberapa gamer berhasil menemukan cara untuk menduplikasi item hingga mendapatkan Echoes tidak terbatas. Sementara yang kami temui? Beberapa musuh tenggelam ke dasar tanah dan menyerang dari sana, tanpa ampun. Menyebalkan, tentu saja.

Namun di luar kedua kekurangan, Bloodborne adalah sebuah game yang luar biasa – bahkan pantas untuk dinobatkan sebagai proyek eksklusif terbaru dan terbaik Playstation 4 saat ini. Dengan harga yang ia usung, ia siap untuk menyita waktu Anda untuk waktu yang begitu lama, apalagi dengan New Game + dan Chalice Dungeon yang ada. MUST PLAY!

Kelebihan

“Optional” Boss..
  • Atmosfer Yharnam yang luar biasa
  • Tingkat kesulitan tinggi
  • Elemen Resiko yang terus memancing dilema
  • Desain musuh
  • Chalice Dungeon
  • Build Karakter yang cukup bervariasi
  • Eksplorasi yang berarti – lewat misi sampingan dan optional Boss yang ada

Kekurangan

Waktu loading yang masih terlalu lama.
Waktu loading yang masih terlalu lama.
  • Waktu loading
  • Masih ada glitch di sana-sini

Cocok untuk gamer: pencinta action RPG, mereka yang senang dengan tantangan ala seri Souls

Tidak cocok untuk gamer: yang mudah frustrasi, yang butuh arahan jelas soal mekanik, cerita, dan kemana harus melangkah

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…