PlayTest: Gaming dengan GeForce GTX Titan X!

Author
David Novan
Reading time:
April 10, 2015

Call of Duty Advanced Warfare

Tidak ada yang lebih menyakitkan daripada bermain game shooter action seperti game ini dengan frame rate rendah! Tidak hanya Anda akan kesulitan menembak dengan benar, mata Anda juga akan sakit atau bahkan perut mual setelah bermain lama. Itu sebabnya game ini harus berjalan dengan baik atau tidak sama sekali. Berikut spesifikasi yang disarankan untuk dapat memainkan game ini dengan nyaman:

  • Prosesor: Intel i5 2500K
  • Memory: 8 GB
  • Graphics Card: NVIDIA GTX760 4GB
  • HDD: 55GB

Resolusi 1080

Selain bisa menembak musuh dengan baik, game ini juga harus dapat tampil indah supaya bisa dinikmati dengan maksimal. Apalagi bila ia dimainkan di konfigurasi komputer sekuat yang telah kami persiapkan. Oleh karena itu, kami tanpa basa-basi langsung menggunakan setting maksimum seperti yang bisa Anda lihat di screenshot.

titanx jagatplay (5) titanx jagatplay (6) titanx jagatplay (7)

Apakah setting tersebut dapat dijalankan dengan baik oleh Titan X? Jelas bisa! Pada setting maksimum tersebut, game dapat berjalan dengan luar biasa nyaman. Keindahan tampilannya juga begitu memanjakan mata. Semua kenyamanan tersebut dapat terjadi berkat tingkat fps yang begitu tinggi, yaitu sekitar 120 hingga 200 fps! Bahkan pada pertarungan dengan banyak efek visual lingkungan sekalipun, game ini masih berjalan di atas 100 fps.

titanx jagatplay (8)

Resolusi 4K

Bagaimana bila game ini dimainkan pada resolusi 4K? Apakah Titan X terpengaruh cukup besar seperti yang terjadi di Assassin’s Creed Unity? Secara mengejutkan Titan X berhasil mempertahankan setting maksimum game ini seperti yang bisa Anda lihat di screenshot. Tidak ada setting yang diubah bila dibandingkan dengan resolusi 1080. Lalu, bagaimana dengan pengalaman bermainnya?

titanx jagatplay (9) titanx jagatplay (10) titanx jagatplay (11)

Ternyata, game ini masih mampu dijalankan dengan sangat baik. Game masih berjalan di atas 60 fps, tepatnya sekitar 70 hingga 100 fps. Pada tingkat frame rate tersebut, Anda tidak akan mengalami gangguan sedikitpun dalam permainan; baik ketika membidik musuh yang lincah hingga tidak ada kelelahan pada mata. Berkat tingginya resolusi dan setting graphics, tampilan pada game ini menjadi jauh lebih menakjubkan bila dibandingkan resolusi 1080!

titanx jagatplay (12)

Playable?: Call of Duty Advanced Warfare berhasil menemukan gameplay terbaiknya ketika dimainkan pada Titan X! Memainkan game ini pada 4K dan berjalan dengan mulus membuat pertempuran menjadi jauh lebih mudah, ketika berbicara mengenai kemampuan membidik musuh.

Far Cry 4

Game bertema open world selalu menjadi mimpi buruk bagi pemilik komputer kelas menengah ke bawah. Membeli hardware yang lebih baik untuk memainkannya adalah keharusan. Selain itu, Anda juga harus tidak tanggung-tanggung ketika memilih hardware yang akan digunakan; dengan kata lain mengeluarkan uang sangat banyak. Berikut spesifikasi ideal untuk dapat memainkan game ini:

  • Prosesor: Intel i5 2400S
  • Memory: 8 GB
  • Graphics Card: NVIDIA GTX680 2GB
  • HDD: 30GB

Resolusi 1080

Far Cry 4 bukan hanya open world saja, ia juga memiliki tampilan graphics yang indah serta Anda dapat menemukan beragam kehidupan di dalamnya. Semua itu tentu saja akan menguras daya kerja CPU dan GPU. Namun, seharusnya semua itu bukan tantangan berat untuk Titan X. Seperti yang bisa Anda lihat di screenshot, kami menggunakan setting Ultra untuk memainkan game ini.

titanx jagatplay (13) titanx jagatplay (14)

Apa efek dari setting yang kami gunakan pada gameplay game ini? Dunia yang luar biasa indah dan nyaman dimainkan! Ya, kami sama sekali tidak menemukan hambatan yang berarti ketika memainkan game ini. Tidak ada penurunan kinerja cukup jauh di tengah permainan dan Anda akan menemukan frame rate sekitar 57 hingga 80 fps. Semua kegiatan dalam game, seperti memanjat, mengendarai, dan menembak musuh dapat berjalan dengan baik.

titanx jagatplay (15) titanx jagatplay (16)

Resolusi 4K

Permintaan kinerja pada resolusi 4K berlipat ganda besarnya bila dibandingkan dengan 1080. Begitu juga dengan setting yang kami tetapkan untuk memainkan game ini dengan nyaman. Setidaknya cukup banyak opsi setting yang kami turunkan pada Medium, seperti yang bisa Anda lihat di screenshot. Apakah perubahan ini memengaruhi keindahan di dalam game?

titanx jagatplay (17) titanx jagatplay (18)

Ajaibnya, tampilan dalam game justru semakin indah berkat besarnya resolusi yang digunakan. Semua tampilan menjadi lebih detail dan tidak ada gerigi di tepian obyek akibat dimatikannya Antialiasing, seperti yang bisa Anda lihat sendiri di screenshot dua monyet di bawah. Keindahan 4K tersebut juga didukung oleh kenyamanan ketika bermain. Anda akan menemukan frame rate antara 48 hingga 65 fps.

titanx jagatplay (19) titanx jagatplay (20)

Playable?: Titan X jelas sekali membuat game ini begitu ideal untuk dimainkan. Baik pada 1080 maupun 4K, game ini tetap mampu memberikan pengalaman bermain terbaiknya.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…