PlayTest: Gaming dengan GeForce GTX Titan X!

Author
David Novan
Reading time:
April 10, 2015

Dying Light

Feature paling dominan dari game ini bila menyangkut keberadaan Titan X adalah kemampuannya untuk memperlihatkan efek cuaca, lingkungan, dan pencahayaan. Menurut kami, tidak ada yang lebih indah dibandingkan menyaksikan matahari terbit setelah bertahan hidup melawan zombie di malam harinya. Apa saja yang harus dilalui Titan X untuk dapat memperlihatkan gameplay paling ideal untuk Dying Light? Berikut spesifikasinya:

  • Prosesor: Intel i5 2400S
  • Memory: 8 GB
  • Graphics Card: NVIDIA GTX680 2GB
  • HDD: 30GB

Resolusi 1080

Setting yang kami gunakan untuk resolusi ini sudah sangat jelas, semua berada pada tingkat maksimum! Bahkan opsi yang biasanya menghancurkan pertahanan komputer kelas atas sekalipun, View Distance, berani kami maksimalkan. Begitu juga dengan efek pencahayaan dan bayangan lain. Kami berencana untuk melihat tampilan terbaik ketika berburu zombie!

titanx jagatplay (21) titanx jagatplay (22)

Benar saja, game ini dapat berjalan dengan sangat baik di setting tersebut! Permainan dapat berjalan dengan baik dan nyaman, tanpa adanya sedikitpun penurunan kinerja komputer, ketika kami bertualang di tengah kawanan zombie. Tampilannya juga luar biasa indah dan efek pencahayaan tidak memengaruhi kinerja game. Anda dapat menemukan antara 65 hingga 100 fps ketika memainkan game ini menggunakan Titan X.

titanx jagatplay (23) titanx jagatplay (24)

Resolusi 4K

Opsi setting apakah yang akan mengalami dampak dari digunakannya resolusi 4K? Ternyata kami terpaksa menurunkan View Distance sedikit demi menjaga permainan tetap nyaman. Shadow dan Foliage juga terkena dampaknya. Sebesar apakah hal ini akan menurunkan kualitas tampilannya?

titanx jagatplay (25) titanx jagatplay (26)

Kemampuan Titan X untuk menghasilkan resolusi 4K ternyata kembali menyelamatkan kualitas tampilan game ini. Meskipun ada beberapa opsi yang diturunkan, game ini tetap indah. Berkat tidak adanya perubahan opsi setting di bagian efek pencahayaan, kami masih dapat menikmati indahnya matahari terbenam sambil menendangi kawanan zombie! Gameplay juga berjalan dengan nyaman pada 35 hingga 70 fps.

titanx jagatplay (27) titanx jagatplay (28)

Playable?: Zombie sama sekali bukan tandingan untuk raksasa Titan X. Bukan hanya ia dapat menampilkan tampilan terindah dari game ini, Anda juga akan merasakan kenyamanan bermain untuk waktu sangat lama.

Battlefield Hardline

Meskipun Hardlines menggunakan tema polisi yang kurang menggelegar, tetapi pada dasarnya ia masih menggunakan engine game yang sama dengan Battlefield 4! Jadi, ia tidak bisa dianggap remeh, apalagi untuk pemilik komputer dengan konfigurasi menengah. Namun, Titan X dan Rig yang kami siapkan bukan sesuatu yang setengah-setengah. Berikut spesifikasi yang diperlukan untuk dapat memainkan game ini dengan baik:

  • Prosesor: Intel Core 2 Quad Q9500 / AMD Phenom II X6 1045T
  • Memory: 8 GB
  • Graphics Card: NVIDIA GeForce GTX 760 / AMD Radeon R9 270X
  • HDD: 60GB

Resolusi 1080

Raksasa ini seharusnya bisa mematahkan perlawanan Hardlines untuk bisa menampilkan kualitas tampilan terbaiknya. Terlebih lagi ketika game ini dimainkan di resolusi 1080. Oleh karena itu, kami menggunakan setting maksimum untuk memainkan game ini, seperti yang bisa Anda lihat di screenshot. Hampir semua opsi disetel pada Ultra untuk menjamin kualitas tampilan terbaik.

titanx jagatplay (29)

Keindahan lingkungan permainan yang dibanggakan Battlefield terbaru berhasil ditampilkan dengan maksimal di sini. Semua efek visual, baik efek udara, ledakan, maupun pencahayaan terlihat begitu indah. Seakan Anda dimanjakan untuk dapat menikmati game ini dengan nyaman. Pada resolusi ini, kami menemukan frame rate yang tinggi, yaitu 80 hingga 110 fps.

titanx jagatplay (30) titanx jagatplay (31)

Resolusi 4K

Sekali lagi resolusi ini memaksa Titan X untuk menurunkan beberapa opsi setting pada Hardlines. Sama seperti game sebelumnya, kami menurunkan opsi tekstur hingga Low demi menjamin kenyamanan bermain. Namun, game sebelumnya memperlihatkan resolusi 4K dapat mengubah setting Low menjadi indah seperti tampilan kualitas maksimalnya. Setting lengkapnya dapat Anda lihat di screenshot.

titanx jagatplay (32)

Efek 4K kembali memengaruhi kualitas tampilan pada game yang kami mainkan. Tekstur Low sekalipun tidak begitu memengaruhi keindahan game ini. Pada beberapa kesempatan, kami bahkan dapat memperhatikan tekstur yang sebanding dengan Ultra ketika dilihat dari dekat. Gameplay sendiri berjalan dengan baik, sekitar 45 hingga 55 fps.

titanx jagatplay (33)titanx jagatplay (34)

Playable?: Hantaman Titan X membuat Hardlines bertekuk lutut. Bukan saja Anda dapat menemukan tampilan yang indah, permainan juga berjalan dengan baik di kedua resolusi. Menurut kami, game ini lebih nyaman dimainkan di 4K, terutama ketika mulai membidik musuh.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…