Review CMStorm Octane: Combo Periferal Gaming Andalan!

Author
David Novan
Reading time:
April 14, 2015
CMStorm Octane, perangkat gaming futuristik untuk Anda
CMStorm Octane, perangkat gaming futuristik untuk Anda

Bermain game adalah hobi yang tidak murah. Bukan saja Anda harus memikirkan dana untuk membeli game setiap bulannya, tetapi juga harus dipusingkan dengan memilih perangkat gaming yang cocok untuk digunakan. Memutuskan perangkat gaming apa yang akan menemani Anda bermain game sama seperti memilih pasangan hidup. Bila salah, maka Anda bisa jadi akan menyesal untuk waktu lama. Apalagi perangkat gaming saat ini hadir dengan beragam feature menggoda dan resikonya Anda akan merogoh kantong sangat dalam untuk membelinya.

CMStorm Octane menawarkan solusi yang cukup menarik untuk membantu Anda memilih perangkat gaming yang relatif murah meriah. Octane bukan hanya memberikan keyboard gaming dalam paket penjualannya, tetapi juga disertai mouse gaming dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 600 ribuan. Kapan lagi Anda bisa mendapatkan keyboard dan mouse gaming semurah itu? CMStorm sendiri cukup terkenal di kalangan penyedia perangkat gaming dengan produknya yang berkualitas. Fakta ini sendiri sudah menjamin Octane harganya murah tetapi tidak murahan.

Keyboard dan mouse menggunakan ukuran standar perangkat PC
Keyboard dan mouse menggunakan ukuran standar perangkat PC

Akan tetapi, tidak adil rasanya bila kami mempercayai kualitas Octane begitu saja tanpa mencobanya terlebih dahulu. Anda juga tentunya ingin memastikan terlebih dahulu apakah Octane mampu diajak bermain game dengan intensif sepanjang malam sebelum memutuskan untuk membelinya. Oleh karena itu, kami mengajak Octane untuk bermain semalaman; mulai dari bermain game action shooter seperti Call of Duty Advanced Warfare, Battlefield 4, hingga game online, yaitu Tera Online dan Path of Exile.

Desain Futuristik

Octane merupakan gabungan dari dua produk, yaitu keyboard gaming Devastator MB7C dan mouse gaming Devastator MS35. Keduanya memiliki bentuk futuristik yang begitu menarik, terlebih mousenya. Siapa sangka ketika mouse tersebut dihubungkan ke komputer, Anda akan bertemu dengan muka robot di punggung mousenya! Ya, desain mouse pada Octane menyerupai muka robot yang matanya bisa menyala beraneka warna!

Backlight wajib hukumnya untuk perangkat gaming bergaya futuristik
Backlight wajib hukumnya untuk perangkat gaming bergaya futuristik

Keyboardnya sendiri tidak begitu menarik perhatian seperti mousenya. Meskipun demikian, bentuknya masih tetap menarik untuk dilihat. Selain ia dapat memendarkan cahaya untuk menerangi semua tombolnya, keyboard tersebut juga menawarkan beberapa fungsi tambahan yang sangat membantu. Pada bagian atas keyboard, Anda dapat menemukan tombol pengaturan media player dan musik. Melalui tombol tersebut, Anda dapat dengan mudah melakukan fungsi Play/Pause/Stop dan Skip musik. Selain itu, Anda juga dapat mengatur volume dengan menekan tombol di sana.

Keberadaan fungsi tambahan tersebut sangat membantu ketika kami sedang memainkan game sambil mendengarkan lagu di latar belakang. Biasanya, beberapa game dapat mengalami crash bila dipaksa untuk pindah program dengan cara Alt-Tab, terutama game online. Berkat fungsi ini, pengalaman bermain kami menjadi tak terganggu sama sekali. Keyboard ini juga menyimpan beberapa fungsi lain yang tidak kalah pentingnya.

Profil keyboard lebih tinggi dibandingkan keyboard biasa
Profil keyboard lebih tinggi dibandingkan keyboard biasa

Pada keyboard di Octane, Anda dapat menemukan tombol kombinasi untuk mengunci tombol Windows yang ada di antara tombol Alt dan Ctrl sebelah kiri. Hal ini sangat penting untuk gamer, mengingat tombol ini biasanya menyebabkan gamer tidak sengaja keluar dari game ke layar Windows dan tidak jarang menyebabkan gamenya crash atau dia kalah bermain! Melalui tombol ini, Anda tidak perlu lagi mencongkel tombol Windows untuk menghindari kecelakaan fatal tersebut!

Fungsi lainnya adalah kombinasi tombol untuk mengunci keyboard supaya tidak dapat berfungsi tombolnya. Jadi, Anda dapat meninggalkan dengan santai sesi bermain Anda untuk ke toilet misalnya, dan tidak perlu khawatir ada orang lain yang memainkannya. Anda juga dapat menemukan fungsi pengaturan cahaya keyboard, seperti intensitas dan kecepatan denyutan cahaya.

Bentuk pinggir Octane terlihat sederhana
Bentuk pinggir Octane terlihat sederhana

Kembali ke desain mouse, penggunaan muka robot untuk membuat iri gamer lain bukan satu-satunya kelebihannya. Mouse ini menyediakan dua tombol di bagian ibu jari sebagai fungsi tambahan ketika bermain maupun di luar permainan. Ketika Anda berada di layar Windows, tombol ini dapat dengan mudah membantu navigasi untuk Back dan Forward Windows. Jadi, Anda tidak perlu repot menekan tombol panah di bagian atas Windows untuk maju dan mundur.

Ketika bermain, tombol ini sangat berguna untuk menambah kendali di dalam game. Ambil contoh ketika bermain game action shooter; tentunya akan lebih mudah bila Anda menggunakan tombol ibu jari untuk melakukan serangan melee/pisau yang biasanya diletakkan di posisi cukup sulit dijangkau di keyboard. Begitu juga ketika Anda ingin mengeluarkan skill yang butuh refleks cepat di game lain. Tombol ini bisa menjadi penyelamat Anda.

Tombol pengatur media player terletak di bagian atas keyboard
Tombol pengatur media player terletak di bagian atas keyboard

Tombol di dekat mouse wheel berguna untuk mengubah tingkat kepekaan sensor mouse atau DPI. Pada mouse ini Anda dapat menemukan empat tingkat DPI, yaitu 500, 1000, 2000, dan 3500. Semua tingkatan tersebut umum digunakan di dalam game untuk beragam kegunaan, mulai dari serangan yang butuh membidik cepat hingga bergerak lambat ketika menggunakan sniper. Sayangnya, tombol untuk mengubah DPI tersebut hanya satu buah. Jadi, Anda harus melewati urutan DPI yang tidak Anda butuhkan terlebih dahulu untuk sampai ke tujuan. Misalnya, ketika Anda ingin pindah ke DPI 2000 dari 500, maka Anda harus menekan dua kali untuk sampai ke 2000.

Lalu, apa kegunaan tombol lain yang ada di bagian bawah tombol pengubah DPI? Ia digunakan untuk mengubah warna lampu di bagian mata robot. Anda dapat menemukan tujuh warna berbeda untuk mata tersebut. Jadi, bila Anda bosan dengan satu warna maka ia dapat dengan mudah diubah. Keputusan mouse ini untuk mengorbankan fungsi demi kosmetik sebenarnya cukup disayangkan.

Anda dapat dengan mudah mengatur tingkat volume
Anda dapat dengan mudah mengatur tingkat volume
Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

August 15, 2022 - 0

Review Digimon Survive: Seru Iya, Bosan Juga Iya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Digimon Survive? Mengapa kami menyebutnya…
July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…