Square Enix Tak Tangani Final Fantasy XV Sendirian

Reading time:
April 6, 2015
FINAL FANTASY XV EPISODE DUSCAE_20150318191623

Setelah 8 tahun proses pengembangan tanpa arah yang jelas, ada sedikit kelegaan melihat Square Enix, perlahan namun pasti, mulai menemukan fokus mereka kembali untuk menyelesaikan Final Fantasy XV. Di bawah kepemimpinan baru Hajime Tabata, Square Enix menjadi jauh lebih terbuka terhadap progress yang ada. Tidak hanya merilis sebuah demo beberapa waktu lalu, mereka juga terus mengkomunikasikan apa saja yang akan dan sudah mereka implementasikan untuk memastikan penantian gamer pecinta JRPG di seluruh dunia terbayarkan. Namun ada satu informasi menarik meluncur dari mulut Tabata baru-baru ini. Square Enix ternyata tidak sendirian mengerjakan Final Fantasy XV!

Dalam wawancaranya dengan situs gaming Famitsu, Tabata mengakui bahwa dalam proses pengembangan Final Fantasy XV, Square Enix juga dibantu oleh developer lain – HexaDrive yang difokuskan pada ranah teknis. HexaDrive sendiri memang bukan developer baru, mengingat kerja luar biasa mereka dalam proyek HD Remaster seperti FF Type-0 HD, Okami HD, dan The Legend of Zelda: Wind Waker HD. Tabata menyebut bahwa campur tangan HexaDrive sendiri sudah dimulai sejak tahun 2013 silam, sebelum event E3 di tahun tersebut. Developer ini sudah ikut bergabung sejak Final Fantasy XV masih dibangun di atas engine lawas mereka – Ebony sebelum beralih ke engine terbaru – Luminous.

Square Enix tidak bekerja sendirian. Developer lain - HexaDrive juga membantu proses pengembangan Final Fantasy XV.
Square Enix tidak bekerja sendirian. Developer lain – HexaDrive juga membantu proses pengembangan Final Fantasy XV.

Lantas, mengapa mengajak HexaDrive? Tabata mengakui bahwa Final Fantasy XV sempat terhenti di fase eksperimen. Dengan menggunakan hanya struktur internal tim mereka sendiri, Square Enix sangat menyadari bahwa mereka tidak akan pernah bisa menciptakan proyek HD dengan skala yang begitu masif. Re-evaluasi akhirnya menghasilkan jawaban baru.  Mereka memutuskan untuk menggandeng tenaga ekstra dari Square Enix Technology Promotion dan Visual Works, dengan HexaDrive sebagai support teknis. Semua hal baru yang meluncur dari Final Fantasy XV dari Final Fantasy XV selama dua tahun terakhir ini berasal dari kerjasama ini.

Sayangnya dengan begitu banyaknya pihak yang sudah terlibat, Square Enix masih belum bisa memberikan kepastian kapan tepatnya Final Fantasy XV akan meluncur untuk Playstation 4 dan Xbox One.  Hope this speeds everything up..

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…