Valve Luncurkan Mod Berbayar – Tuai Respon Negatif

Reading time:
April 27, 2015
left 4 dead gaben

Valve adalah gudangnya inovasi. Untuk alasan yang cukup gila, mereka selalu berusaha menawarkan sesuatu yang baru ke industri game, baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. Steam adalah bukti nyata akan hal tersebut. Di awal kelahirannya, tidak ada satupun gamer yang akan pernah percaya bahwa portal distribusi game secara digital bisa menjadi sesukses sekarang, dengan jutaan user yang mengandalkannya setiap hari. Namun terlepas dari cinta gamer terhadap Valve, ia ternyata tidak selalu menghadirkan kebijakan populer. Salah satu yang terbaru? Mod berbayar!

Mod adalah urat nadi gaming untuk PC, sebuah fakta yang memang tidak terbantahkan. Rasa cinta komunitas pada franchise tertentu melahirkan usaha untuk menyempurnakannya, atau bahkan menawarkan sesuatu yang benar-benar baru untuknya.  Roda ini berputar puluhan tahun, tanpa masalah. Namun, semua berubah ketika Valve memutuskan untuk menjadikan proses ini sebagai sebuah industri, sebuah siklus uang yang baru. Bekerja sama dengan Bethesda, Valve meluncurkan sesi mod berbayar via Steam. Ini berarti, modder diperkenankan menjual mod yang mereka racik via Store untuk digunakan di dalam game. Skyrim menjadi proyek pertama, dan segudang mod langsung meluncur di hari pertama. Namun alih-alih positif, respon yang didapatkan Valve justru bertolak belakang.

Gamer merespon negatif skema  bisnis seperti ini, bahkan dari kelompok modder yang aktif di komunitas Nexus, sekalipun. Bukannya mendukung, mereka justru melihat aksi yang dilakukan Valve ini akan berujung mimpi buruk, mematikan komunitas modding itu sendiri. Menjadikan sesuatu yang mengakar pada cinta menjadi bisnis berimplikasi negatif. Apalagi Valve sendiri terhitung angkat tangan, tidak ambil pusing dengan isu plagiat atau bahkan pencurian mod gratis yang mungkin dilakukan oleh user. Semua keluhan itu akhirnya sampai di telinga Gabe Newell.

Valve memperkenalkan sistem mod berbayar untuk Skyrim beberapa hari yang lalu.  Namun, alih-alih positif, gamer justru bereaksi sangat negatif pada sistem baru Steam ini.
Valve memperkenalkan sistem mod berbayar untuk Skyrim beberapa hari yang lalu. Namun, alih-alih positif, gamer justru bereaksi sangat negatif pada sistem baru Steam ini.

Gaben langsung meluncur ke situs komunitas – Reddit untuk mendengar keluhan gamer. Namun terlepas dari kritik yang kuat, Gaben percaya bahwa sistem mod berbayar seperti ini akan menguntungkan industri game – baik dari sisi gamer maupun modder sendiri. Ia menyakinkan bahwa Valve akan mematikan fitur ini jika memang dirasa merugikan. Namun untuk sementara ini, ia akan mengandalkan data yang terkumpul sebelum mengambil keputusan. Gaben juga tidak berkeberatan untuk bekerjasama dengan Nexus untuk mengambil  jalan terbaik.

Namun, terlepas dari jawaban Gaben ini, respon negatif terus mengalir. Ada banyak hal yang ditakuti modder dari sistem seperti ini. Dua yang paling kentara adalah bisnis akan mematikan potensi kerjasama antar beragam mods yang sudah menjadi sesuatu yang normal selama ini. Ditakutkan bahwa modder tidak lagi akan membiarkan modder lain untuk menyempurnakan mod yang ia racik, semata-mata karena alasan uang. Alasan kedua? Scene modding sudah berjalan selama belasan tahun, dan sejauh ini tidak mengalami masalah sama sekali dengan roda yang terus berputar secara konsisten. Lantas, apa yang hendak dilakukan Valve saat inI? Ketakutan besar bahwa Valve yang selama ini begitu dicintai oleh komunitas gamer, kini berubah menjadi kekuatan yang menjadikan uang sebagai prioritas.

You either die a hero, or live long enough to see yourself become the villain, huh, Gaben?

Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…