Review Sid Meier’s Starships: Menjadi Penguasa Antariksa!

Author
David Novan
Reading time:
April 2, 2015

Gameplay Sangat Sederhana

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Starships merupakan perpanjangan tema dari Beyond Earth. Itu pula sebabnya ketika memulai permainan, Anda akan diminta untuk memilih salah satu dari pemimpin yang bisa ditemukan di Beyond Earth. Setiap pemimpin tersebut memiliki kelebihan tersendiri, misalnya kemampuan untuk memberikan dua teknologi acak gratis di awal permainan, memiliki satu ekstra kapal antariksa, atau kemampuan yang lebih membantu mengembangkan dunia, seperti ekstra satu kota tambahan di planet asalnya.

Tutorial sederhana untuk gameplay yang ringkas
Tutorial sederhana untuk gameplay yang ringkas

Selain pemimpin, sistem Affinity juga dapat ditemukan di sini. Bila pada Beyond Earth Anda harus melakukan penelitian untuk meningkatkan Affinity, Starships menggunakan pendekatan yang lebih mudah, yaitu cukup memilih salah satu dari tiga opsi. Pilihan yang Anda ambil, baik itu Supremacy, Harmony, atau Purity akan menentukan bonus permanen yang Anda miliki untuk peradaban. Supremacy memberikan secara acak satu Wonder – bangunan yang mampu memberikan keuntungan permanen lagi untuk daya tempur kapal, Harmony dengan diskon 50 persen untuk memperbaiki kapal, dan Purity memberikan imbalan penyelesaikan Quest yang lebih banyak.

Lalu, bagaimana cara Anda memenangkan game ini? Anda dapat mengejar salah satu dari empat tujuan, yaitu mengalahkan semua peradaban lain menggunakan militer, memiliki populasi terpadat, Wonder terbanyak, atau ilmu pengetahuan tertinggi. Setiap pencapaian yang didapat pada akhir giliran atau Turn akan diubah menjadi poin untuk dikumpulkan. Ya, game ini juga menggunakan bentuk permainan Turn Base seperti Beyond Earth.

Planet dapat dikembangkan dengan menggunakan resource
Planet dapat dikembangkan dengan menggunakan resource

Konsepnya mudah saja; Anda akan diberikan giliran untuk menjalankan armada kapal menuju satu planet ke planet lain. Setiap kali mendatangi planet yang belum menjadi milik Anda, sebuah Quest akan muncul. Isi dari Quest tersebut beragam bentuknya, mulai dari mengalahkan musuh, melindungi stasiun angkasa, menghancurkan pasukan pendaratan musuh, hingga bertahan hidup selama beberapa Turn.

Beragam jenis Quest dapat Anda temui ketika mengunjungi planet baru
Beragam jenis Quest dapat Anda temui ketika mengunjungi planet baru

Setelah Anda menjalankan armada ke planet baru atau berperang, kru kapal akan semakin menurun tingkat kebugarannya. Kondisi tersebut diwakili oleh tanda kepala di pojok bawah layar permainan. Kepala yang masih hijau akan berubah menjadi merah setelah Anda melakukan aksi. Selain membatasi jumlah aksi, tingkat kebugaran kru tersebut juga dapat memengaruhi kemampuan armada ketika berperang. Jadi, ada baiknya untuk berperang ketika Anda memulai Turn selagi kru masih segar.

Ketika stamina tersebut habis, maka Anda tidak bisa lagi melakukan aksi. Untuk itu Anda perlu mengistirahatkan kru dengan cara mengirim mereka berlibur ke planet, dengan kata lain mengakhiri giliran jalan. Selain kembali menyegarkan kru, akhir Turn juga meningkatkan pengaruh peradaban Anda di planet terakhir yang sedang dihampiri.

Setiap pemimpin bertarung untuk mendapatkan pengaruh di planet baru
Setiap pemimpin bertarung untuk mendapatkan pengaruh di planet baru

Untuk resource yang bisa digunakan pada Starships sendiri masih merupakan penyederhanaan dari Beyond Earth. Pada game ini Anda akan menemukan lima macam resource, yaitu Energy, Metal, Science, Food, dan Credit. Energy digunakan untuk segala hal yang berhubungan dengan armada Starships sedangkan Metal untuk membangun fasilitas di planet dan Wonder, serta Food untuk membuat kota baru di planet. Science seperti namanya berguna untuk membeli teknologi baru dan Credit digunakan untuk membeli resource lain di pasar antarplanet.

Beberapa planet memiliki Wonder yang bisa dibangun untuk mendapatkan keuntungan permanen
Beberapa planet memiliki Wonder yang bisa dibangun untuk mendapatkan keuntungan permanen

Semua yang bisa ditemukan di Starships merupakan versi sangat sederhana dari Beyond Earth. Bahkan, bisa dibilang terlalu sederhana untuk game sekelas Sid Meier. Faktor mikromanajemen yang selalu menjadi bintang utama dalam semua game Sid Meier dan menjadi elemen pemicu ketagihan juga disederhanakan luar biasa. Lupakan semua kompleksitas yang biasanya ada di seri ini, karena Starships bukan salah satunya.

Pertempuran menggunakan taktik berbasis petak Hexagonal
Pertempuran menggunakan taktik berbasis petak Hexagonal

Mikromanajemen Sederhana

Pengaturan pertama yang dapat Anda temukan di Starships adalah manajemen armada kapal tempur. Unit yang menjadi bidak utama untuk memainkan game ini hanya terdiri dari satu armada saja. Untuk memperkuat armada tersebut, Anda dapat menambahkan jumlah kapal di dalamnya atau meng-upgrade daya tempurnya menggunakan resource Energy yang bertambah setiap Turn-nya.

Kapal tempur dapat di-upgrade untuk memperkuat kemampuannya
Kapal tempur dapat di-upgrade untuk memperkuat kemampuannya

Sistem ini memungkinkan Anda untuk memperkuat sedikit kapal saja untuk mengalahkan musuh dengan banyak kapal yang tidak diperkuat dengan baik. Hanya dengan meningkatkan hingga maksimum kemampuan bertahan dan menyerang saja sudah cukup untuk merebut planet asal musuh yang dipertahankan oleh banyak kapal.

Lebih mengerikan lagi bila armada Anda didukung dengan level teknologi yang tinggi. Setiap bagian dari kapal tempur Anda memiliki teknologi yang mendukung kekuatannya. Misalnya, Anda dapat meningkatkan teknologi Laser untuk memperkuat senjata tersebut di kapal; atau teknologi perisai untuk mempertebal pertahanan pertama dari serangan musuh tersebut.

Teknologi berdasarkan aplikasinya di peperangan
Teknologi berdasarkan aplikasinya di peperangan

Pengaturan selanjutnya adalah membangun kota di Planet beserta fasilitas pendukungnya. Membangun kota baru di planet begitu mudah, selama Anda memiliki resource Food yang dibutuhkannya. Cukup satu kali klik dan kota baru tercipta! Begitu juga dengan fasilitas di planet. Mereka bisa dibuat dengan satu klik saja. Fasilitas tersebut mampu memperbesar penghasilan resource setiap Turn-nya, membuat jalur Warp antarplanet supaya Anda tidak menghabiskan stamina ketika melintasinya, atau membangun armada pertahanan planet.

Sebelum Anda mulai memperkuat planet yang dikuasai, tentu saja mulanya Anda harus mengambilnya terlebih dahulu dari pihak lain. Bila planet tersebut belum dikuasai pemimpin lain, maka Anda harus menyelesaikan Quest seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun, bila planet itu milik peradaban lain, maka pertama Anda harus mendeklarasikan perang terlebih dahulu sebelum mulai melancarkan invasi.

Berkomunikasi atau sekadar memeriksa kekuatan pihak lain sangat penting
Berkomunikasi atau sekadar memeriksa kekuatan pihak lain sangat penting

Pertempuran pada Starships juga menggunakan sistem giliran pada daerah permainan yang dibagi menjadi petak Hexagonal. Petak tersebut menentukan daerah yang bisa Anda gunakan untuk menggerakkan kapal tempur. Akan tetapi, angkasa luar di sekitar planet tidak sebersih yang dikira. Jadi, jangan kaget bila Anda akan menemukan banyak sekali pecahan batu asteroid di medan pertempuran.

Menyerang musuh melintasi asteroid akan mengurangi kekuatan serangan
Menyerang musuh melintasi asteroid akan mengurangi kekuatan serangan

Bebatuan angkasa tersebut tidak hanya menghalangi jalan Anda saja. Ternyata, Anda juga dapat menggunakannya untuk keperluan taktik. Serangan utama jarak jauh pada Starships adalah Laser. Senjata sinar tersebut ternyata akan berkurang kemampuannya bila terhalang oleh asteroid. Kekuatan Laser juga berkurang bila jarak musuh semakin jauh. Oleh karena itu, Anda dapat menemukan senjata konvensional lain yang lebih taktis, seperti torpedo; peluru berhulu ledak besar yang bergerak lambat dan dapat diledakkan di tengah jalan.

Torpedo dapat diledakkan manual ketika ia telah ada di tengah musuh
Torpedo dapat diledakkan manual ketika ia telah ada di tengah musuh

Setelah planet dibebaskan dari pengaruh pihak lain, peradaban Anda akan meninggalkan pengaruhnya di sana. Pengaruh tersebut ditandai oleh lingkaran yang terbagi menjadi empat bagian. Biasanya, Anda akan meninggalkan satu dari empat pengaruh di planet yang dibebaskan. Jadi, ada kemungkinan peradaban lain dapat ikut meninggalkan pengaruhnya di sana, terutama ketika mereka menyerang musuh di planet tersebut pada Turn berikutnya! Planet yang belum dikuasai 100 persen oleh satu peradaban akan terus berada di luar peradaban tersebut.

Hantaman senjata dapat merusak perangkat pendukung kapal tempur
Hantaman senjata dapat merusak perangkat pendukung kapal tempur
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…

PlayStation

September 1, 2022 - 0

Wawancara dengan Shaun Escayg dan Matthew Gallant (The Last of Us Part I)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Shuan Escayg dan Matthew Gallant terkait…
August 31, 2022 - 0

Review The Last of Us Part I: Lebih Indah, Lebih Emosional!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Last of Us Part…
August 26, 2022 - 0

Review Soul Hackers 2: Kumpul Iblis, Selamatkan Dunia!

Bagaimana dengan pengalaman yang ditawarkan oleh Soul Hackers 2 ini?…
August 25, 2022 - 0

Review Playstation Plus Tier Baru: Ambil EXTRA, Abaikan DELUXE!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Playstation Plus Tier Baru ini?…

Nintendo

September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…