10 Game yang Harus Diwaspadai Selama Bulan Puasa!

Reading time:
June 23, 2015
senran-kagura1

Bagi gamer, tidak ada lagi aktivitas yang lebih efektif untuk “mempercepat” waktu selama bulan Ramadhan yang suci ini selain bermain game. Pengalaman interaktif menyenangkan yang terus melempar Anda dari satu tantangan ke tantangan selanjutnya akan terus memancing rasa penasaran. Namun kuncinya ada pada kemampuan untuk menarik perhatian Anda secara penuh, sehingga pengalaman imersif ini akan mengalihkan Anda dari sumber godaan apapun yang bisa saja – menguji ketahanan Anda mengurung segala macam nafsu ke batas maksimal. Gamer, seperti Anda maupun kami, tampaknya sangat mengerti bahwa ada begitu banyak produk game di luar sana yang memang pantas untuk dihindari selama bulan puasa ini.

Kita mengerti bahwa semua video game bukanlah wilayah “mainan” yang sekedar ditujukan untuk anak-anak. Tidak sedikit judul game dari beragam genre yang memang difokuskan untuk menargetkan pasar orang dewasa, bahkan dengan konten yang eksplisit. Berangkat dari pengetahuan dasar ini, gamer yang memang berniat menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk sudah pasti akan menghindari game-game sekelas Hentai, Playboy Mansion, ataupun 7 Sins, misalnya untuk menekan nafsu apapun yang bisa muncul dari sana. Namun kita semua juga memahami, bahwa video game terkadang memuat banyak kejutan. Banyak game yang terlihat “ramah” dari luar namun membawa konten yang tidak kalah berbahaya.

Sebagian besar game ini sebenarnya sangat menyenangkan untuk dinikmati dan memuat konten yang tidak secara eksplisit akan membuat puasa Anda batal begitu saja. Namun tidak sedikit elemen yang dirangkai begitu efektif, dari animasi, visual, desain, hingga tema utama yang siap menguji ketahanan Anda. Game-game yang menuntut kewaspadaan ekstra ketika dicicipi. Dari semua produk yang ada, game-game apa saja yang kami maksud? JagatPlay merangkai ke-10 yang menurut kami, harus Anda waspadai:

  1. GTA V

Grand Theft Auto V_20141119232528

Secara konten, GTA V adalah sebuah game open-world yang menyenangkan. Dengan dunia luas yang bisa Anda eksplorasi dengan beragam cara, segudang aktivitas yang menemaninya, dan sistem tiga karakter dengan kepribadian yang kuat, GTA V tampil begitu solid. Konsep sandbox yang memberikan Anda kebebasan hampir mutlak untuk beraksi memang tidak akan menjadi cobaan di bulan puasa ini, justru menjadi sarana katarsis – untuk melampiaskan semua rasa frustrasi yang terbangun dengan cara yang lebih “sehat”. Lantas, apa yang perlu dikhawatirkan? Tentu saja godaan untuk  “mengeksplorasi” sisi nakal GTA V lebih jauh. Selalu ada karakter prostitusi yang menunggu Anda di tepi jalan ketika malam, dan selalu ada pula – sebuah klub tari telanjang yang membuka ruang untuk Anda masuki kapanpun dengan konten ketelanjangan yang eksplisit pula. Dua konten yang sebenarnya bisa Anda abaikan sepenuhnya, namun tetap perlu benteng tersendiri untuk dijaga.

  1. Watch Dogs

watch dogs

Watch Dogs memang tidak sebaik GTA V. Anda memang berkesempatan untuk memanipulasi beragam fasilitas kota untuk Anda jadikan sebagai senjata berkat kemampuan hacking yang Anda miliki, namun yang ditawarkan Watch Dogs – tidaklah sebebas dan “segila” karya luar biasa dari Rockstar. Jika Anda termasuk gamer yang baru berkesempatan untuk mencicipi Watch Dogs di bulan puasa kali ini dan berambisi untuk menyelesaikannya sebelum Ramadhan berakhir, maka kami tampaknya harus mengingatkan bahwa game ini tidak “seaman” yang dibayangkan. Anda memang tidak akan bertemu dengan prostitusi atau klub tari telanjang seperti halnya di GTA V, namun salah satu muatan cerita utamanya memuat konten ketelanjangan yang benar-benar eksplisit. Kita tidak hanya membicarakan satu atau dua wanita, tetapi keseluruhan ruangan sebagai bagian dari kejahatan perdagangan manusia yang berusaha diperangi oleh Aiden Pearce.

  1. Cooking Mama

cooking mama

Godaan bisa datang dari segala arah, bahkan untuk sebuah game sederhana menyenangkan nan adiktif yang bisa Anda nikmati via handheld maupun perangkat mobile. Tentu saja, kita tidak tengah potensi Anda akan jatuh hati pada “sensualitas” karakter Mama yang tampil begitu biasa saja. Namun untuk perut yang tengah berusaha keras menahan lapar dengan usaha sebaik mungkin untuk tidak memaparkan diri sendiri pada gambar-gambar makanan yang ada, Cooking Mama akan melewati cobaan yang berat. Permainan kecil yang awalnya sekedar untuk lucu-lucuan kini jadi “monster” yang berbahaya bagi niat puasa Anda. Bahkan tempura dalam gambar dua dimensi sekalipun, bisa membuat liur dan nafsu makan Anda tidak tertahankan. Di bulan puasa, Cooking Mama akan berubah menjadi Cooking Satan, dan harus waspada karenanya.

  1. PES 2015 / FIFA 15

fifa151

Game olahraga, PES 2015 ataupun FIFA 15 adalah salah satu game yang paling efektif untuk menghabiskan waktu, apalagi ketika Anda mencicipinya bersama dengan teman Anda. Saling menguji strategi formasi dan penempatan pemain, bertukar skill olah bola yang mumpuni, dan berjuang untuk mencapai skor setinggi-tingginya. Secara konsep, baik PES 2015 / FIFA 2015 sebenarnya tidak mengandung potensi untuk menggagalkan puasa sama sekali. Tetapi elemen tersebut langsung naik ke tingkat “waspada” begitu Anda bermain melawan teman Anda. Aura kompetitif yang begitu kuat, apalagi jika Anda merasa bahwa teman Anda selalu menerapkan strategi yang tidak bisa Anda lawan begitu saja, bisa saja membuat Anda lupa bahwa Anda tengah berpuasa. Rasa frustrasi yang terbangun dari kekalahan beruntun tanpa kesempatan melawan balik, tidak disadari, satu dua umpatan bisa saja meluncur tanpa Anda pikirkan sebelumnya.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…