10 Teknologi Video Game Paling Diimpikan di Dunia Nyata!

Reading time:
August 4, 2015
feat-image-teknologi-video-

Video game dibangun atas dasar kreativitas. Kebebasan untuk berimajinasi, membangun sebuah dunia yang begitu ajaib, lengkap dengan kehidupan, dinamika sosial, konflik, hingga beragam karakter ikonik di dalamnya menjadi hal yang selalu tampil menarik dari setiap video game yang meluncur ke pasaran. Memang ada usaha untuk terus merepresentasikan sebuah kondisi yang lebih realistis terutama dari mekanik gameplay yang ditawarkan, namun setiap video game biasanya mampu menawarkan sesuatu yang berbeda.

Seperti halnya sesuatu yang dibangun dengan imajinasi pulalah, ada banyak hal tidak masuk akal yang pasti Anda dapatkan di video game. Beberapa membawa Anda ke perjalanan fantasi melawan makhluk kolosal dan mencari kekuatan magis, sementara yang lainnya memberikan Anda gambaran akan masa depan, baik ataupun buruk, termasuk dari sisi teknologi. Untuk urusan terakhir ini, terlepas dari mungkin atau tidaknya ia tercapai di dunia nyata, selalu menarik melihat bagaimana “kegilaan” para developer berakhir dengan sebuah teknologi luar biasa yang sangat menggoda. Sesuatu yang sangat kita inginkan berada di dunia nyata.

Tentu saja, konsep teknologi sci-fi tidak dipelopori oleh video game. Jauh-jauh hari sebelum media hiburan yang mulai bergerak ke arah mainstream ini tercipta, media lain seperti film ataupun novel sudah masuk ke dalam “pasar” ini. Mereka memperlihatkan banyak teknologi yang dulunya mungkin terasa mustahil untuk tercipta, namun terealisasi sempurna seperti internet atau perangkat tablet, misalnya. Walaupun banyak konsep teknologi fiksi mengakar pada dua media besar ini, video game sebenarnya juga menawarkan tidak sedikit teknologi original yang menjadi impian untuk bisa diimplementasikan di dunia nyata. Kita tentu tidak membicarakan teleport, mecha, atau cyborg yang sudah menjadi “makanan” film sci-fi berpuluh-puluh tahun yang lalu. Kita membicarakan teknologi yang mengakar pada video game, yang bersifat damai dan bisa dimanfaatkan untuk peradaban yang jauh lebih maju.

Lantas, dari semua teknologi keren yang pernah diperlihatkan di video game, mana saja yang menurut kami akan menjadi teknologi terbaik jika bisa diimplementasikan di dunia nyata? Berikut adalah list versi JagatPlay:

  1. Mystrile Hoe [Harvest Moon: Back To Nature]

harvest moon back to nature

 

Bayangkan berapa banyak energi yang harus dikeluarkan seorang petani ketika musim tanam tiba? Dengan luas tanah yang begitu masif, belum tentu ujung tombak penghasil makanan sehari-hari kita ini mampu menyewa atau membeli sebuah traktor untuk kerja yang lebih cepat dan efisien. Harvest Moon: Back To Nature sebenarnya menyediakan satu “solusi” sederhana yang tidak butuh banyak biaya. Dengan sebuah cangkul biasa nan sederhana dan sebuah ore bernama – Mystrile yang berwarna biru gelap dan bercahaya, Anda bisa menciptakan sebuah kombinasi cangkul paling efektif dan luar biasa yang mungkin pernah ditemui di dunia pertanian. Bagaimana tidak? Anda hanya perlu mengeluarkan ekstra tenaga untuk satu petak cangkulan saja, dan voila! tiba-tiba enam petak tanah di depan Anda juga tercangkul, seperti sebuah energi shockwave yang meluncur dalam tanah. Bagaimana dengan penjelasan ilmiahnya? Itu jadi urusan belakangan.

  1. Pip-Boy [Fallout]

pipboy

Personal Information Processor atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pip-Boy adalah sebuah device yang tampaknya tidak akan asing lagi untuk para pecinta franchise game RPG open-world dari Bethesda – Fallout. Dibangun oleh RobCo Industries, ia menjadi teknologi wajib para survivor yang tinggal di Vault untuk mengakses segudang informasi yang dibutuhkan. Kita tidak hanya membicarakan soal dunia yang tengah Anda hadapi, tetapi juga soal diri Anda sendiri. Sifat spesifik seperti apa yang Anda miliki, skill seperti apa yang perlu Anda bangun untuk memastikan diri Anda bisa bertahan di masa depan, atau sekedar membandingkan “status” Anda dengan orang lain untuk mencari kekurangan dan kelebihan. Tinggal melihat Pip-Boy Anda seperti tengah melihat sebuah jam tangan, dan semua jawaban yang Anda butuhkan akan tersedia di sana. Ia bahkan bisa berfungsi sebagai inventory list item apa saja yang tengah Anda miliki saat ini dan menjadi penunjuk arah ke semua tempat yang butuh Anda kunjungi. Satu alat sederhana, semua fungsi. Awesome..

  1. A.R.I [Heavy Rain]

ari heavy rain

Ari? Ari? Bukan, bukan, kita tidak tengah membicarakan nama standar teman sekelas atau satu jurusan yang tampaknya tidak mungkin dihindari selama kita tinggal di Indonesia. A.R.I di sini adalah teknologi yang dimanfaatkan oleh salah satu karakter utama Heavy Rain – Norman Jayden untuk menginvestigasi siapa sebenarnya sosok di balik Origami Killer. A.R.I merupakan kependekan dari Added Reality Interface – sebuah program Augmented Reality yang dihidupkan dengan kacamata dan sarung tangan. Ia bisa menyimpan data yang dibutuhkan dan memungkinkan sang pengguna untuk memanipulasinya secara fisik. Tidak hanya sekedar terlihat keren, fungsi A.R.I sangatlah luar biasa. Ia bisa digunakan untuk memeriksa golongan darah, ukuran sepatu, hingga bau. Informasi apapun yang Anda butuhkan untuk mencari siapa penjahat di balik setiap kasus yang ada.

  1. Gravity Gun [Half-Life]

gravity gun

Manusia mungkin berada di puncak rantai makanan saat ini, berkat kemampuan kita untuk berkomunikasi lebih efektif dan memanipulasi objek. Walaupun harus diakui, manusia bukanlah makhluk yang kuat secara fisik. Tidak percaya? Anda bisa mulai menghitung waktu berapa lama Anda bisa bertahan hidup melawan seekor beruang atau singa yang kelaparan. Ada usaha untuk memperkuat kemampuan fisik manusia tersebut, terutama lewat teknologi exoskeleton yang memungkinkan prajurit untuk mengangkut beban jauh lebih berat dari apa yang tubuhnya mampu lakukan. Sebenarnya video game sudah punya solusi untuk urusan yang satu ini. Benar sekali, kita tengah membicarakan Gravity Gun dari Half-Life. Ingin menata rumah dan memindahkan kulkas? Arahkan Gravity Gun, tembak, dan pindahkan. Ingin membuang sampah dalam rumah ke tong sampah besar di depan dan Anda tengah malas bergerak? Arahkan ke kantong sampah, gerak, dan tembakkan. How awesome is that..

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…