FF VII Remake Tak Gunakan Luminous Engine
Dengan beragam proyek game yang tengah berada di bawah bendera raksasa mereka saat ini, Square Enix memang menyimpan banyak game yang pantas untuk diantisipasi, di luar potensi tanggal rilis yang masih menjadi tanda tanya. Dari developer Baratnya, ia punya Hitman dan Deus Ex: Mankind Divided, sementara dari negeri sendiri – begitu banyak proyek JRPG, termasuk Dragon Quest XI, Star Ocean V, Final Fantasy XV, Kingdom Hearts 3, dan tentu saja – Final Fantasy VII Remake. Secara logis, ini adalah kesempatan untuk memanfaatkan engine teranyar mereka – Luminous Engine secara optimal. Namun nyatanya, yang terjadi juga sebaliknya.
Satu-satunya game yang dibangun menggunakan Luminous saat ini hanyalah Final Fantasy XV, setelah Kingdom Hearts 3 sudah dikonfirmasikan “beralih” ke Unreal Engine 4. Tidak berhenti di sana saja, tren ini ternyata terus berlanjut.
Dalam wawancara terbarunya, Hajime Tabata – penanggung jawab FF XV saat ini juga memastikan bahwa Luminous tidak akan digunakan untuk Final Fantasy VII Remake. Sayangnya, ia tidak memberikan lebih detail alasan atas keputusan ini atau dengan apa FF VII Remake akan dibangun. Sementara untuk urusan FF XV, Tabata mengaku bahwa proses pengembangan saat ini sudah berjalan lebih dari 65 persen selesai. Ia mengklaim bahwa semua rencana yang ingin mereka implementasikan, dari sisi game ataupun marketing berjalan dengan sangat baik.
Apakah ini berarti Luminous akan berakhir seperti engine Square Enix sebelumnya – Ebony, yang kabarnya hanya digunakan untuk Final Fantasy XIII dan sekaligus “dipaksa” untuk dirilis dalam tiga seri untuk menjustifikasi proses pengembangannya yang mahal? Kita lihat saja nanti. Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda termasuk gamer yang berharap Luminous menjadi basis untuk FF VII Remake?