PlayTest: Gaming dengan Dell UltraSharp U3415W 34″ Monitor!

Author
David Novan
Reading time:
November 6, 2015
Dell UltraSharp U3415W  (1)

Banyak hal yang mampu mengundang decak kagum dari monitor Dell Ultrasharp 34″ U3415W yang saat ini hadir di meja kerja kami; pertama tentu saja bentuknya yang begitu indah. Tidak berhenti sampai situ saja, lengkungan permukaan monitor dengan tampilan Panoramic ini juga mampu membuat tidak hanya beberapa anggota redaksi kami ingin mencoba menggunakannya. Sedangkan untuk kami sebagai gamer, tentu saja ingin mencoba bermain game dengan menggunakan monitor yang sempat mendapatkan Silver Award pada pameran Computex 2015 lalu tersebut!

Satu hal yang membuat kami begitu penasaran dengan monitor ini sebenarnya berada pada ukuran layarnya. Bermodalkan ukuran layar 34 Inchi serta resolusi 3440×1440 dan Aspect ratio 21:9, pengalaman bermain yang ditawarkan oleh monitor ini tentu saja akan berbeda dengan monitor biasa. Tambahan beberapa Inchi layar di kedua sisi monitor pastinya akan memperlihatkan beberapa hal yang biasanya tidak dapat dilihat pada monitor standar saat ini dengan Aspect ratio 16:9. Sebesar apa pengaruhnya terhadap pengalaman bermain pada sesi PlayTest kali ini dapat Anda temukan sendiri pada artikel ini.

Sebelum kami memainkan game pada monitor ini, kami perlu mempersiapkan PC gaming dan Console untuk dicobakan. Pada PC, game yang kami coba mainkan tergolong baru dan memiliki tampilan berkualitas tinggi. Setidaknya ada lima game PC yang kami coba, yaitu Metal Gear Solid V, The Witcher 3, Grand Theft Auto V, Far Cry 4, dan Project Cars. Sedangkan untuk game Console, pada kesempatan ini kami menggunakan PlayStation 4, adalah Destiny dan Mad Max. Berikut konfigurasi PC yang kami gunakan untuk memainkan game tersebut:

  • Motherboard: Gigabyte X99 SOC Force
  • Prosesor: Intel Core i7 5960X @3.00 GHz
  • RAM: Kingston HyperX 16 GB DDR4
  • Graphics Card: Zotac GeForce GTX 980 Ti GDDR5 6144 MB
  • SSD: Kingston HyperX Fury 240 GB
  • OS: Windows 8.1

Kisaran harga dari monitor ini sendiri berada pada US$1500. Harga yang tidak murah tentu saja, mengingat teknologi dan kualitas yang ditawarkannya. Pada artikel ini, Anda dapat menemukan dua jenis gambar untuk game PC yang kami mainkan, yaitu screenshot dari game dan foto monitor ketika memainkannya. Perlu diingat bahwa gambar dari foto tidak seakurat apa yang terpampang di layar monitor pada saat itu. Sebab, pencahayaan dan warna dari permukaan monitor tidak dapat ditangkap dengan baik oleh sensor kamera yang kami gunakan. Setidaknya kami akan berusaha untuk menggambarkan apa yang kami temui pada momen tersebut melalui artikel ini.

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain

Metal Gear Solid V merupakan game Stealth dengan tema Open World yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Bukan hanya Anda diberikan kebebasan untuk melakukan banyak hal, pada saat bersamaan juga dimanjakan oleh kualitas tampilan grafis yang tinggi. Namun bukan itu saja; pewarnaan dan pencahayaan pada game ini sangat bergantung pada kemampuan monitor yang menampilkannya. Pada saat gelap, waktu yang paling ideal untuk menyusup masuk sendirian ke dalam benteng musuh, kemampuan monitor untuk menggambarkan semua obyek dengan alami dapat menentukan keberhasilan sebuah misi.

 

Dell UltraSharp U3415W  (2) Dell UltraSharp U3415W  (3)

Pada screenshot di atas, kami melakukan penyusupan di malam hari ditemani oleh cahaya bulan. Pendaran cahaya alami dari bulan terlihat sangat lembut menerpa tubuh Big Boss. Kualitas cahaya yang dihasilkan oleh monitor ini juga terlihat sangat tajam pada cahaya lampu di markas musuh yang akan kami masuki. Sayangnya, game ini tidak mendukung panoramic view yang ditawarkan oleh monitor ini. Akibatnya, layar permainan menjadi terpotong di kedua sisi horizontalnya.

 

Dell UltraSharp U3415W  (4) Dell UltraSharp U3415W  (5)

Ketika hari berganti siang, monitor ini memperlihatkan warna yang begitu tajam dan hidup. Bahkan dari kejauhan sekalipun, kami dapat membedakan antara latar belakang lingkungan dan musuh yang sedang berdiri tanpa bergerak di sana. Hal ini tentu saja membuat game menjadi lebih mudah dan kesempatan untuk diketahui oleh musuh menjadi lebih kecil. Kondisi cuaca ekstrim, seperti badai pasir dan hujan deras juga terlihat begitu mengesankan. Efek kamera yang kotor terkena pasir ketika sedang badai pasir juga menjadi lebih kentara pada monitor ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…