Fallout 4 Versi Konsol Berantakan?

Reading time:
November 9, 2015
fallout41

Anda yang mengikuti berita game selama seminggu terakhir ini tentu mengetahui bahwa Fallout 4, terlepas dari tanggal rilisnya yang tinggal hitungan hari, sudah menyebar di pasaran. Beberapa retailer yang ingin memanfaatkan hype untuk mengejar keuntungan akhirnya melanggar tanggal rilis, yang berakhir dengan banyak gamer yang sudah memilikinya sejak beberapa hari yang lalu. Informasi, spoiler, screenshot, hingga video gameplay bertebaran di dunia maya, semakin memperkuat antisipasi yang ada bagi gamer yang sebar menunggu. Namun, ada sesuatu yang cukup mengganggu dari beragam informasi yang bocor ini.

Dari sisi visual, Fallout 4 memang terlihat tak bisa bersaing dengan game-game AAA lainnya. Tekstur dan model masih terasa seperti sebuah game last-gen, apalagi jika dibandingkan dengan proyek game raksasa lainnya yang dirilis di tahun 2015 ini. Namun lupakan sementara soal visual, yang bagi gamer pencinta Fallout, tak pernah jadi indikator kualitas yang penting. Ada masalah yang lebih penting mengemuka. Gamer-gamer konsol yang  memiliki Fallout 4 lebih awal melaporkan masalah teknis yang cukup fatal.

Terjadi di versi Playstation 4 dan Xbox One seperti yang dilaporkan oleh cukup banyak gamer di situs komunitas besar seperti Reddit dan NeoGaf, Fallout 4 versi konsol tampaknya memiliki masalah teknis yang cukup mengganggu, terlepas dari fakta bahwa patch hari pertama sudah disuntikkan.

Permasalahan pertama adalah framerate. Sedikit mengherankan bahwa terlepas dari performa konsol yang sudah naik dari generasi sebelumnya, plus visual yang tak terlalu memesona, Fallout 4 versi konsol sulit menjaga framerate stabil di 30fps. Tak hanya di open-world, framerate naik turun bahkan di dalam gedung juga terlihat. Parahnya lagi? Framerate ini bahkan memburuk ketika Anda hendak masuk ke mode Scope senjata yang bisa membuat framerate gameplay jatuh drastis dan membuat game terlihat melambat. Ketidaknyamanan permainan ini diperparah dengan sulitnya membidik dengan tepat karena framerate seperti ini.

Masalah kedua yang juga jadi perhatian adalah waktu loading. Ketika game-game action RPG open-world lain seperti The Witcher 3: Wild Hunt misalnya yang memungkinkan Anda untuk masuk ke banyak bangunan tanpa waktu loading, Fallout 4 masih terjebak dengan sensasi game Bethesda lawas. Masuk dan keluar gedung? Bersiaplah untuk memandangi screen loading yang berdurasi sekitar 25-30 detik sendiri, yang harus Anda lalui tiap kali hendak berpindah tempat.

Kedua masalah ini tentu saja mengundang reaksi negatif gamer di dunia maya yang mempertanyakan kemampuan Bethesda untuk mengolah Fallout 4 dari sisi teknis. Banyak gamer yang menyalahkan keputusan Bethesda untuk mempertahankan engine lawas mereka – Gamebryo yang dilihat tak lagi relevan dengan kondisi gaming saat ini. Belum jelas apakah masalah yang sama terjadi di versi PC atau tidak.

Bethesda sendiri masih belum angkat bicara soal masalah yang dirasakan oleh sebagian besar gamer Playstation 4 dan Xbox One, seperti yang terlihat di dunia maya. Apakah mereka akan melemparkan sebuah patch baru setelah rilis untuk membenahinya? Semoga saja.

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…