Simulasi Physics di Fallout 4 PC Terikat Pada Framerate

Reading time:
November 11, 2015

Apa yang Anda harapkan dari sebuah game AAA yang hadir di tahun 2015? Tentu saja sebuah pengalaman bermain yang lebih optimal di semua platform, terlepas dari kualitas gamenya itu sendiri. Bethesda tampaknya tak menawarkan hal tersebut di Fallout 4, terlepas dari hype yang sudah begitu besar. Masalah teknis terjadi jelas di versi konsol yang bahkan kesulitan menjaga frameratenya bertahan di angka 30, sementara versi PC terlihat tak punya banyak masalah. Namun tahukah Anda, bahwa ada hal aneh lain yang terjadi di Fallout 4 versi PC. Hal inilah yang ditemukan oleh seorang user Youtube bernama Lord Socky.

Benar sekali, seperti judul di atas, simulasi physics di Fallout 4 versi PC ternyata terikat pada framerate yang Anda miliki. Ini berarti, semakin tinggi framerate gameplay Anda, semakin cepat pula permainan dan physics yang ada berlangsung.

Lord Socky menguji hal tersebut lewat dua mekanisme – kecepatan serangan melee dan gravitasi ketika benda jatuh. Seperti yang bisa diprediksi, semakin tinggi framerate Anda, semakin cepat pula semua aksi ini terjadi. Kecepatan botol yang jatuh di framerate 144 fps terlihat lebih cepat dibandingkan dengan 60fps. Apakah ini berarti game konsol – Playstation 4 dan Xbox One mendapatkan versi Fallout 4 yang lebih “lambat” karena framerate yang terkunci di 30? Bethesda sendiri masih belum memberikan komentar resmi apapun terkait hal ini. User Youtube ini juga mengaku bahwa permainan berjalan lebih cepat 20-30% di 144fps, dan dua kali lebih cepat di 250fps.

Eksperimen membuktikan bahwa semakin tinggi framerate yang Anda miliki di Fallout 4 versi PC, maka semakin cepat pula permainan yang Anda dapatkan.
Eksperimen membuktikan bahwa semakin tinggi framerate yang Anda miliki di Fallout 4 versi PC, maka semakin cepat pula permainan yang Anda dapatkan.

Gamer yang sempat mencicipi Skyrim di masa lalu tampaknya tak akan terlalu asing dengan physics seperti ini mengingat fenomena yang sama juga terjadi di masa lalu. Apakah ini berarti Bethesda tak merombak sama sekali masalah ini sejak rilis Skyrim? Well..well..well..

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…