Review Blade & Soul: MMORPG Seksi yang Super Seru!
Pertarungan Kental Combo
Berbeda dengan MMORPG berbasis targeting seperti WoW, Blade & Soul menggunakan sistem target yang dinamis dan berbasis action. Artinya, karakter yang Anda mainkan digerakkan dan serangannya dilancarkan selayaknya game action. Berbekal pergerakan melalui WASD dan shortcut, semua serangan dan aksi membutuhkan reaksi dan refleks yang cepat. Bila ingin disamakan, game ini mirip seperti game fighting. Sebab, serangan musuh dapat diblok, di-counter, serta di-combo seperti game bertarung.
Akibat tingginya ketergantungan terhadap refleks tersebut, maka Anda juga harus siap untuk menyediakan koneksi Internet yang stabil. Walaupun game ini tidak meminta banyak bandwidth ketika bermain, tetapi putus sejenak saja berarti Anda akan telat untuk menekan tombol blok dan timing combo akan berantakan! Sebab, skill bertahan atau blok pada game ini diperlakukan seperti skill pada MMORPG lain. Jadi, ia memiliki waktu cooldown setelah digunakan dan mempunyai durasi pelaksanaan.
Misalnya, ia memiliki durasi blok selama 2 detik dan cooldown 3 detik sampai bisa digunakan lagi, maka bila Anda menekan blok terlalu cepat akibat lag, sedangkan musuh baru memukul 3 detik setelah Anda menekan skill tersebut, maka serangannya akan menghantam Anda. Begitu juga dengan serangan combo, yang biasanya memiliki urutan penggunaan skill tertentu supaya ia dapat terlaksana dengan baik.
Bila Anda berhasil melancarkan Combo dengan baik, maka hasilnya juga sangat sepadan. Sebagai contoh, Anda dapat membuat musuh tidak berkutik sama sekali karena menggunakan combo yang selalu membuat musuh tidak dapat melakukan action akibat paralize. Ada pula combo yang mampu melempar musuh ke udara dan dihajar lebih lanjut dengan aerial combo dan juggling combo. Nuansa tersebut membuat pertarungan pada game ini selalu meminta perhatian penuh serta tidak membuat bosan!
Sisi yang membutuhkan waktu untuk dipelajari adalah banyaknya penggunaan tombol di sekitar WASD untuk melancarkan beragam skill, terutama untuk combo. Selain tombol kiri dan kanan mouse, Anda juga akan diminta untuk dengan lincah menekan tombol Tab, F, angka 1 sampai 4, Z, X, C, V, Q, dan E. Sayangnya, game ini tidak mengimplementasikan chain key, misalnya tombol Space, yang secara otomatis digunakan untuk menjalankan skill yang berhubungan dengan skill pada urutan combo sama, seperti yang dapat ditemui pada MMORPG Tera.
Satu tombol skill pada game ini juga dapat merepresentasikan lebih dari satu skill. Sebab, ketika Anda menggunakan serangan pembuka pada klik mouse atau tombol skill tertentu, berarti Anda juga mengubah kuda-kuda atau stance dari jurus serangan. Biasanya, pada satu tombol hotkey Anda dapat menemukan dua skill yang dapat dilancarkan untuk dua stance berbeda, skill ketika musuh jatuh atau stun, skill ketika Anda jatuh, atau skill ketika Anda mengalami stun. Memang terlihat cukup rumit, tetapi tidak demikian ketika Anda memainkannya!
Satu lagi, setiap kelas di dalam game ini, yang jumlahnya mencapai tujuh (Blade Master, Blade Dancer, Kungfu Master, Destroyer, Force Master, Summoner, dan Assassin) memiliki cara bermain yang berbeda. Bukan hanya bentuk skillnya saja yang berbeda, tetapi sampai cara bertempurnya juga tidak sama. Satu-satunya kesamaan hanya ada pada Blade Master dan Blade Dancer, tetapi keduanya memiliki nilai serangan serta kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Sebagai contoh, Destroyer menitikberatkan pada serangan grab dan membanting musuh, sedangkan Blade Master bertahan dahulu untuk menyerang balik, kemudian Kungfu Master mampu membuat musuhnya terkena stun bertubi-tubi.
Tampilan Grafis dan Pembuatan Karakter
Kualitas tampilan grafis pada game ini harus diakui cukup mengejutkan. Apalagi bila menimbang engine game di balik game ini adalah Unreal engine 3 yang umurnya cukup tua. Namun, game ini mampu membuat beragam gerakan yang sangat luwes; mulai dari gerakan kecil ketika sidestep sampai beragam ekspresi karakter dan gerakan ketika bertarung. Usaha developernya dalam membuat tekstur yang cukup detail, terutama pada karakternya, juga patut mendapatkan penghargaan. Itu sebabnya game ini mampu memperlihatkan visual yang begitu menawan.
Keindahan tekstur karakter tersebut pada akhirnya memberikan sumbangan yang sangat besar terhadap satu lagi fitur menarik dari game ini, yaitu mekanika pembuatan karakter. Fitur ini adalah pintu masuk ke dalam game ini dan harus diakui, cukup banyak gamer yang menganggap serius pembuatan karakter tersebut. Untuk menjembatani keinginan gamer tersebut, fitur pembuatan karakter diberikan kebebasan yang sangat besar, atau tepatnya luar biasa besar.
Begitu banyak bagian yang dapat Anda atur di dalam fitur tersebut. Bukan hanya memilih bentuk muka dan beragam bagian umum dari kepala saja, Anda juga dapat dengan detail mengatur ukuran muka, mata, hidung, alis, mulut, bahkan sampai dagu, dahi, dan tulang pipi. Bila Anda cukup kreatif, fitur ini bahkan dapat membantu Anda untuk menyulap muka karakter menjadi mirip muka artis! Buktinya, gamer yang berhasil menirumuka artis pada pembuatan karakter tersebut banyak ditemukan di Internet!
Selain muka, Anda juga dapat mengatur keseluruhan proporsi tubuh. Bukan hanya tinggi tubuh saja yang bisa diubah, Anda juga dapat mengatur berapa lebar dan ketebalan bahu, pinggul, pinggang, lengan, paha, betis, bahkan sampai telapak tangan dan kaki! Bahkan ukuran dada karakter wanita serta proporsi dan posisinya dapat diatur!
Kelengkapan yang luar biasa dari fitur ini tentu saja menjadi surga tersendiri untuk gamer yang ingin tampil unik. Namun, bila Anda tidak ingin repot, game ini juga menyediakan beragam preset yang tinggal dipilih saja. Uniknya, pengaturan yang telah Anda buat dapat disimpan ke dalam file JPG dan dapat digunakan untuk pembuatan karakter lain! Selain itu, Anda juga dapat membaginya melalui Internet untuk digunakan oleh gamer lain! Itu sebabnya begitu banyak preset yang dapat ditemui di Internet dan dapat Anda pakai sebagai basis untuk pembuatan karakter Anda!