Dikembangkan 24 Tahun, Game ini Akhirnya Hadir di Steam!

Author
David Novan
Reading time:
February 24, 2016
unreal world

Rasanya tidak ada patokan yang pasti mengenai berapa lama game seharusnya dikembangkan oleh developernya. Perusahaan besar seperti EA dan Activision biasanya mematok 5 tahun; itupun sudah dianggap terlalu lama. Sekarang, bandingkan dengan UnReal World yang akan hadir di Steam pada 26 Februari nanti. Game tersebut ternyata mulai dikembangkan pada 1992! Artinya developernya telah mengerjakan game ini selama kurun waktu 24 tahun!

Alasan utama dari lamanya pengembangan game ini tentu bisa dilihat dari jumlah developer yang mengerjakannya, yaitu hanya berjumlah dua orang. Namun, ketika melihat reaksi dan review dari beberapa media game yang telah mencoba memainkanya, ternyata hasilnya begitu positif. Bahkan sampai dibilang game ini memiliki dunia yang begitu kompleks dan realistik. Padahal bila dilihat sekilas, tampilan grafis 2D-nya sama sekali tidak dapat mendekati kualitas grafis game baru saat ini.

Dikembangkan sejak zaman MS-DOS, Unreal World akhirnya dirilis via Steam setelah 24 tahun dikembangkan!
Dikembangkan sejak zaman MS-DOS, Unreal World akhirnya dirilis via Steam setelah 24 tahun dikembangkan!

Meskipun demikian, game yang dimulai pengembangannya dari grafis ASCII, beralih ke DOS, Windows, hingga akhirnya menggunakan tema game D&D dengan nuansa Finlandia di zaman perunggu ini mengutamakan gameplay dibandingkan tampilan grafis. Faktor yang sangat dihargai oleh gamer veteran yang memulai langkahnya di dunia game pada masa 80-an dan 90-an. Berkat gameplay yang menekankan survival, crafting dan open ended, UnReal World tampaknya akan memberikan kebebasan yang luar biasa untuk pemainnya.

Source: Kotaku

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…