10 Logika Paling Aneh di Game RPG!

Reading time:
April 25, 2016
  1. Beruang Berduit

malboro

Dari semua binatang yang pernah Anda temui di dunia nyata, berapa banyak darinya yang pernah Anda lihat punya dompet di sela-sela kulit atau bulu mereka? Yang secara iseng bisa singgah di swalayan terdekat untuk membeli larutan penyegar atau sekedar makanan ringan? Tentu saja, tidak pernah. Tapi di game-game RPG, hampir semua binatang dan monster ternyata punya tabungan rahasia mereka sendiri-sendiri yang entah digunakan untuk apa. Tak percaya? Anda bisa saja membunuh seekor monster beruang yang dikuasai kegelapan dan menemukan 500 koin emas dan sebuah Potion yang entah keluar dari mana. Menjadikan mereka sebagai sebuah sumber pendapatan yang stabil dan solid, bahkan jika Anda berencana untuk membangun sebuah keluarga sekalipun. Tertarik untuk membeli sebuah real estate di kawasan elite? Bunuh naga di tempat terdekat dan berharap ia menjatuhkan lebih banyak uang. Atau Anda bisa mendapatkan uang yang sama dengan membunuh kambing raksasa 10 buah? Sistem seperti ini jika terdapat di dunia nyata akan membuat kolom “Pekerjaan” di kartu identitas menjadi jauh lebih menarik.

  1. Rumahmu Adalah Rumahku

take all of it

Rumahku adalah rumahku, rumahmu adalah rumahku, prinsip inilah yang digunakan oleh hampir semua karakter RPG. Entah karena alasan apa, terutama di game-game JRPG, karakter utamanya selalu dicitrakan sebagai seorang karakter yang tak punya sopan santun sama sekali. Mereka bisa seenak jidat masuk ke rumah orang lain tanpa mengetuk pintu sama sekali, tidak melepas sepatu mereka, dan mulai membuka semua lemari dan pintu yang ada untuk memeriksa apakah mereka memiliki item yang berharga atau tidak. Tak perlu izin untuk mengambil item-item tersebut dan tuan rumah sepertinya tak pernah berkeberatan, bahkan jika di proses tersebut Anda berakhir mengambil sesuatu yang sudah mereka simpan rapi di dalam peti atau di dalam vas yang Anda hancurkan begitu saja. Anda hidup di atas penderitaan orang lain dan Anda melakukannya tanpa sedikit pun rasa bersalah. Karakter RPG Anda adalah seorang psycho. Atau Anda yang mungkin seorang psycho.

Di atas adalah 10 logika yang menurut kami, JagatPlay, bisa dibilang sebagai yang paling absurd yang hampir selalu Anda temukan di game RPG, Barat ataupun Jepang. Walaupun bisa dimengerti bahwa sistem seperti ini dibangun untuk menyederhanakan sistem permainan yang ada, namun tak bisa dipungkiri bahwa memang hampir semua logika di atas adalah sesuatu yang akan berakhir sangat aneh jika skenario yang sama diaplikasikan di dunia nyata. Kami tentu saja tidak melihat bahwa video game harus mengikuti apa yang mungkin dan tidak mungkin untuk terjadi di dunia yang sesungguhnya dan lebih melihatnya sebagai sebuah pendekatan yang menarik.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Dari semua logika yang sering ditemukan di game-game RPG, manakah yang menurut Anda paling absurd? Feel free to comment and expand the list!

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…