Rilis Final Fantasy VII Remake akan Mirip FF XIII

Reading time:
April 7, 2016
lightning returns ff xiii pc1

Beberapa gamer menyebutnya sebagai sebuah keputusan yang bisa dimengerti, namun tak sedikit pula yang melihatnya tak lebih dari usaha Square Enix untuk mengeksploitasi lebih jauh sebuah seri yang bisa dipastikan akan laku keras di pasaran. Benar sekali, kita tengah membicarakan Final Fantasy VII Remake yang muncul sebagai kejutan di tahun 2015 silam. Tidak ada yang pernah memprediksi bahwa Square Enix akhirnya berani memenuhi harapan begitu banyak gamer penggemar Final Fantasy di seluruh dunia ini. Antisipasi menjadi begitu besar apalagi melihat rangkaian demo gameplay perdana yang memang terlihat memanjakan mata. Namun sayangnya, ia tak akan dirilis sebagai sebuah game penuh secara langsung.

Sejak awal eksistensinya, Square Enix memang sudah memastikan Final Fantasy VII Remake akan tampil sebagai sebuah game yang akan dirilis dalam format episodik. Jadi tak seperti seri originalnya, ia akan dipecah ke dalam beberapa bagian terpisah. Kebijakan ini sendiri diklaim memang jadi sebuah keharusan untuk memastikan mereka tak memotong konten apapun dari seri originalnya dan justru berpotensi untuk menambahkan sesuatu yang baru di dalamnya. Banyak gamer yang tak setuju dengan format seperti ini, apalagi kata “episodik” identik dengan format game ala Telltale  yang biasanya hanya berselang beberapa bulan dari satu episode ke episode lainnya. Namun Square Enix akhirnya mengklarifikasi bahwa format episodik ini lebih mirip dengan apa yang mereka lakukan dengan Final Fantasy XIII di masa lalu.

Kitase melakukan klarifikasi soal format episodik FF VII Remake. Ia menegaskan bahwa format rilisnya akan terasa sama seperti trilogi FF XIII di masa lalu, dimana tiap seri akan terasa seperti sebuah game penuh.
Kitase melakukan klarifikasi soal format episodik FF VII Remake. Ia menegaskan bahwa format rilisnya akan terasa sama seperti trilogi FF XIII di masa lalu, dimana tiap seri akan terasa seperti sebuah game penuh.

Bahwa semesta Final Fantasy VII dan ceritanya akan dipecah ke dalam beberapa rilis terpisah yang berfungsi sebagai sebuah game penuh. Dalam laporan terbaru yang dirilis GameInformer, sang producer – Yoshinori Kitase menegaskan bahwa setiap rilis ini akan memuat banyak jalinan cerita di dalamnya. Ia secara terbuka menyebut bahwa strukturnya akan terasa seperti rilis Final Fantasy XIII daripada sebuah game “episodik” di pasaran saat ini. Satu bagian rilis Final Fantasy VII Remake akan terasa sama seperti satu seri Final Fantasy XIII. Tiap bagian akan terasa seperti sebuah game penuh.

Final Fantasy VII Remake sendiri masih belum punya rencana rilis yang pasti, walaupun ia dipastikan sudah akan meluncur terlebih dahulu untuk Playstation 4. Ia dikembangkan bersama dengan dev. seri Naruto Ultimate – CyberConnect2 dengan menjadikan Unreal Engine 4 sebagai basis.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda berkeberatan dengan format rilis ala Final Fantasy XIII untuk Final Fantasy VII Remake ini?

Load Comments

PC Games

June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…
May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…