10 Karakter NPC Video Game Paling Menyebalkan!

Reading time:
May 9, 2016
10-karakter-npc

Video game tentu saja hampir mustahil untuk hanya berisikan karakter utama saja untuk membangun cerita. Selalu ada musuh, karakter pendukung, atau sekedar karakter tak penting yang mengisi beberapa titik permainan untuk membangun garis cerita yang lebih jelas. Setidaknya untuk memastikan semua jerih payah yang Anda lakukan memang dibangun atas motivasi yang jelas atau setidaknya, punya efek tertentu pada dunia dimana Anda tinggal. Untuk hal seperti  inilah, NPC masuk dan berperan. Bagi Anda yang masih belum tahu apa itu NPC, ia merupakan singkatan dari Non-Playable Character, atau karakter-karakter video game yang tidak bisa Anda gunakan dan kendalikan. Semua karakter di luar karakter yang bisa Anda mainkan bisa masuk ke dalam kategori NPC, terlepas  apakah ia berperan sebagai teman ataupun musuh.

Kehadiran NPC memang begitu penting dan seringkali berakhir membantu game merangaai sebuah cerita yang lebih kuat. Lihat saja apa yang dilakukan Naughty Dog dengan sosok Sam dan Henry yang masuk dalam sekuens cerita secara mendadak dan “keluar” dengan sebuah impact emosional yang begitu kuat. Atau lihat bagaimana sosok seperti Otacon, misalnya, berhasil tampil sebagai pilar cerita yang tak bisa dipisahkan dari aksi Solid Snake selama ini. Namun sayangnya, tak semua NPC ini berakhir menjadi sesuatu yang selalu positif. Tak sedikit dari mereka justru muncul sebagai sumber gangguan yang justru membuat emosi negatif Anda semakin besar dan menguat. Bahwa eksistensi mereka tak lebih dari sekedar sebuah gangguan ekstra yang menyebalkan, entah karena aksi mereka, kepribadian mereka, atau karena peran mereka sendiri dalam game itu sendiri.

Lantas, dari semua NPC yang ada di video game, siapa saja yang menurut kami paling menyebalkan? Berikut adalah versi JagatPlay:

  1. Kaepora Gaebora [Legend of Zelda: Ocarina of Time]

kaepora gaebora

Anda yang sempat mencicipi Ocarina of Time tentu mengenal karakter burung hantu yang satu ini. Secara kepribadian, sebenarnya tak ada yang terlalu menyebalkan dari sosok Kaepora Gaebora. Rasa ketidaksukaan justru muncul dari caranya membawakan informasi. Setiap kali Anda harus berbicara dengannya, Anda harus bertemu dengan baris teks yang seolah didesain untuk berjalan untuk menguji kesabaran Anda. Semuanya berjalan begitu lambat. Parahnya lagi? Ketika semua instruksi tersebut sudah disampaikan, ia akan menanyakan Anda dengan pertanyaan “Yes – No” yang bisa berakhir dengan dirinya mengulang kembali instruksi yang sama dengan kecepatan yang sama pula. Parahnya lagi? Pilihan “NO” yang akan mengulang instruksi tersebut diposisikan sebagai pilihan default. Begitu Anda menekan terlalu cepat, Anda akan harus membaca kembali semua hal tersebut.

  1. Dog [Duck’s Hunt]

laughing dog duck hunt

Anjing adalah binatang peliharaan penuh kesetiaan yang siap untuk mencintai Anda terlepas apapun kekurangan atau kelebihan Anda. Anda bahkan tak perlu memberikan banyak perhatian banyak untuknya untuk membuat si anjing melihat diri Anda tak berbeda sebagai pusat dunianya. Namun hal yang sama tidak terjadi di anjing untuk game klasik – Duck’s Hunt. Ia dengan setia akan menunggu setiap bebek yang berhasil Anda tembak dan mengumpulkannya. Namun sayangnya, sikapnya berubah drastis setiap kali peluru Anda berakhir meleset dan gagal. Dengan muka menyebalkannya yang muncul dari balik rumput tinggi, ia akan menertawakan Anda dengan begitu puasnya. Hampir semua gamer NES dengan Zapper di masa lalu selalu berusaha untuk menembak anjing yang satu ini setiap kali sikap yang satu ini keluar.

  1. Marcy Long [Fallout 4]

marcy long

Preston yang selalu mengganggu Anda soal settlement yang menunggu untuk dibersihkan dan dibebaskan? Bagi kami pribadi, NPC paling menyebalkan di game action RPG racikan Bethesda – Fallout 4 justru pantas jatuh ke tangan Marcy – salah satu karakter wanita yang mungkin Anda tak ingat namanya tapi pasti tahu siapa yang kami bicarakan ketika membicarakan kepribadiannya. Menetap di settlement pertama, Marcy adalah tipe wanita yang ingin Anda tampar bolak-balik, usir, dan lempar dengan nuklir kecil jika dimungkinkan. Bagaimana tidak? Ketika NPC lain terasa sangat menghargai usaha Anda untuk membangun settlement yang lebih sehat dan manusiawi, Marcy hanya punya dua senjata di setiap kalimat yang meluncur dari mulutnya – keluhan dan sarkasme. Ia tak pernah merasa puas, selalu merasa bahwa ia punya hak untuk terus melemparkan komplain soal ini dan itu terlepas dari usaha keras Anda. Ini adalah tipe NPC yang dengan mudah membuat darah Anda mendidih.

  1. Bard [Assassin’s Creed 2]

bard ac2

Hampir semua gamer yang sempat memainkan Assassin’s Creed 2 di masa lalu tampaknya setuju dengan pilihan yang kami ambil di sini – Bard. Mereka adalah para musisi jalanan yang seringkali mendekati Anda ketika Anda tengah sibuk berusaha berlari cepat menghindari setiap rintangan yang ada, menghalangi jalan Anda tanpa rasa bersalah, dan terkadang  membuat Anda berakhir jadi pusat perhatian. Ini adalah tipe NPC yang tak punya peran apapun di dalam game selain membuat Anda kesal. Akan ada momen tertentu dimana Anda ingin sekali  menyarangkan hidden blade Anda ke leher mereka setiap kali kesempatan itu datang.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…