Review DOOM: \m/ !

Reading time:
May 26, 2016
DOOM Part 1 jagatplay (1)

Keraguan, ini adalah pikiran yang sempat terlintas di otak kami setelah Bethesda akhirnya mengumumkan kelahiran kembali seri Doom dengan screenshot dan trailer demo gameplay yang ada. Walaupun Bethesda terhitung berhasil melakukan keajaiban dengan Wolfenstein lewat “The New Order” dan “The Old Blood” yang di mata kami berakhir jadi kejutan yang fenomenal, DOOM terlihat begitu generic. Apakah sebuah game yang berusaha menawarkan sensasi gameplay klasik seperti game FPS masa lalu masih punya ruang untuk berhasil di tengah gempuran game-game action yang kini mulai berjuang melebur banyak elemen gameplay untuk sensasi yang lebih kompleks? Kekhawatiran itu juga semakin menguat setelah impresi masa beta yang berfokus di sisi multiplayer ternyata berakhir tak menyakinkan. Namun keraguan tersebut berubah ketika DOOM akhirnya dirilis ke pasaran.

Anda yang sempat membaca preview kami sebelumnya tampaknya sudah punya sedikit gambaran soal apa yang ditawarkan oleh DOOM. Berbeda dengan keraguan kami di awal bahwa ia akan mampu menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda, DOOM ternyata berhasil tampil super menarik lewat eksekusi mode single player-nya yang pantas untuk diacungi jempol. Bethesda dan Id Software seolah berhasil menciptakan sebuah produk yang tak hanya menarik untuk gamer yang sudah sempat mencicipi sebuah seri DOOM sebelumnya tetapi juga gamer “muda” yang baru hendak mengenal franchise yang punya sejarah cukup panjang ini. Sementara dari sisi visual, untuk versi konsol yang kami cicipi di Playstation 4, ia cukup memanjakan mata dengan framerate 60fps yang menurut kami, jadi salah satu keputusan terbaik yang diambil oleh Bethesda itu sendiri.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh DOOM? Mengapa kami hanya menyertakan emoticon “\m/” untuk menjelaskan sensasi yang ia tawarkan? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda!

Plot

Anda terbangun dari sebuah peti mati yang berhasil diambil oleh UAC dari neraka.
Anda terbangun dari sebuah peti mati yang berhasil diambil oleh UAC dari neraka.

Jadi, apakah ini adalah sebuah seri reboot atau sekuel? Untuk sementara ini, sulit untuk diputuskan. Karena walaupun hanya mengusung nama “DOOM” saja tanpa embel-embel angka di dalamnya, ada kesan bahwa dasar cerita yang dibangun juga mengakar pada sosok karakter utama  – Doom Guy yang sama dengan seri DOOM 1 & 2. Anda mendapatkan referensi cerita yang muncul dari seri-seri lawas tersebut, reaksi para Iblis yang sudah takut padanya sejak awal permainan, dan juga timeline cerita yang jika diperhatikan seksama memang sesuai dengan apa yang terjadi di dua seri pertama tersebut. Berita baiknya? Anda tetap bisa menikmatinya sebagai sebuah seri terpisah dan Bethesda sendiri menyebutnya lebih ke sebuah seri reboot.

Tak ada waktu untuk pemanasan, aksi pertama ketika Anda terbangun adalah mematahkan kepala iblis. Sebuah aksi yang sepertinya sudah jadi reflek.
Tak ada waktu untuk pemanasan, aksi pertama ketika Anda terbangun adalah mematahkan kepala iblis. Sebuah aksi yang sepertinya sudah jadi reflek.
Berusaha menyelamatkan markas UAC di Mars yang kini dipenuhi oleh para iblis, Anda pun bersiap untuk beraksi.
Berusaha menyelamatkan markas UAC di Mars yang kini dipenuhi oleh para iblis, Anda pun bersiap untuk beraksi.

DOOM tetap menawarkan kombinasi plot antara setting futuristik dan kekuatan supranatural.  Untuk mencari sumber daya yang lebih baik, UAC (Union Aerospace Corporation) membangun sebuah markas di Mars. Solusi yang mereka temukan? Sumber yang tak pernah Anda prediksi sebelumnya, sebuah energi bernama “Argent” yang mereka panen langsung dari neraka. Namun ternyata, teknologi tak akan bisa memenuhi godaan para iblis yang ceritanya sudah menyebar dari masa lampau. Mereka yang terpengaruh pun mulai tak lagi sekedar “tertarik” untuk menambang lebih banyak energi Argent, tetapi juga meneliti para iblis yang tinggal di neraka dan berhadapan dengan mereka. Hingga mereka menemukan satu peti makam yang dikurung dengan begitu banyak runes di atasnya.

Fasilitas yang seharusnya digunakan untuk memanen energi neraka untuk sumber daya ini ternyata punya rahasia gelap di dalamnya.
Fasilitas yang seharusnya digunakan untuk memanen energi neraka untuk sumber daya ini ternyata punya rahasia gelap di dalamnya.
Apa yang sebenarnya terjadi? Mampukah si Doom Guy mengatasi ancaman yang satu ini?
Apa yang sebenarnya terjadi? Mampukah si Doom Guy mengatasi ancaman yang satu ini?

Maka mau tidak mau, pertambangan energi Argent ini juga berakhir jadi sebuah portal yang tak hanya memungkinkan  manusia masuk ke neraka, tetapi juga beragam iblis dari neraka untuk masuk ke dunia. Di tengah kehancuran UAC yang penuh darah dan kematian, karakter utama yang kita gunakan – Doom Guy – yang selama ini tertidur di dalam peti yang berhasil diangkat dari neraka tersebut tiba-tiba bangun. Bersenjatakan sebuah pakaian khusus bernama  Praetor Suit, Doom Guy pun kembali beraksi. Ia berusaha membuktikan kembali apa yang membuat para iblis dari Neraka begitu takut padanya di masa lalu, sekaligus menyelamatkan UAC dari malapetaka yang lebih besar lagi.

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi dengan UAC? Siapa pula yang bertanggung jawab hingga para iblis ini berhasil melompati dimensi dan menyerang Mars? Tantangan seperti apa yang harus dihadapi oleh Doom Guy kita? Jawaban dari semua pertanyaan ini bisa Anda dapatkan dengan memainkan DOOM ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…