15 Musik Final Fantasy Terbaik!

Reading time:
September 27, 2016
feat-image-best-music

Apa yang membuat seri Final Fantasy begitu istimewa? Itu mungkin pertanyaan utama gamer-gamer “muda” yang baru mengenal seri ini ketika seri XIII, yang boleh terbilang sebagai seri terburuknya, dirilis ke pasaran. Mereka akan sulit untuk memahami mengapa ia sempat menyandang predikat sebagai salah satu game JRPG terbaik yang pernah ada. Harus diakui, terlepas dari kualitas visualisasi yang mungkin tak lagi terasa relevan saat ini, seri klasiknya masih mengusung semua hal yang akan Anda cintai sebuah game JRPG. Gameplay solid, cerita yang cukup emosional dan personal, desain karakter dan monster yang luar biasa, hingga yang terakhir – musik. Untuk urusan yang satu ini, mereka yang sempat mencicipinya  sudah pasti akan punya satu ruang memori yang tak akan bisa dihapus begitu saja ketika membicarakannya.

Final Fantasy adalah gudang cerita JRPG terbaik, dan hasilnya adalah sebuah tempat yang istimewa di otak dan hati gamer yang sempat mencicipi masa keemasan SNES, Playstation 1, dan Playstation 2. Dibandingkan dengan beberapa seri terakhir, terutama trilogi Final Fantasy XIII yang tak pernah diprediksi sebelumnya, daya tarik seri lawas ini memang jauh lebih kuat. Di kala sang developer masih bernaung di bawah bendera Squaresoft, ia punya talenta-talenta luar biasa untuk mengembangkannya, termasuk sosok sekelas Nobuo Uematsu yang bertanggung jawab atas musik yang ada. Ketika MIDI masih mendominasi di era generasi sebelumnya, musik Uematsu dengan gaya opera dan orkestra yang kentara seolah membawa Anda pada sebuah dunia fantasi yang jauh berbeda.Oleh karena itu, dari semua franchise JRPG yang ada, Final Fantasy menurut kami pantas untuk mendapatkan satu artikel khusus untuk membicarakan semua musik memorable yang pernah ditawarkan untuknya.

Tentu saja, melihat begitu banyaknya musik bagus dan seri yang dirilis, kita harus  menetapkan PERATURAN terlebih dahulu sebelum memilih. Kami sendiri menetapkan bahwa hanya maksimal dua lagu muncul dari satu seri Final Fantasy yang sama untuk list kali ini, sehingga semua seri punya kesempatan yang sama. Ini juga membuat pilihan menjadi lebih sulit dan butuh banyak pertimbangan, setidaknya dari kacamata pribadi kami. Berita baik untuk Anda? Anda tak perlu takut akan berakhir menghabiskan waktu untuk melihat list yang 80%-nya muncul dari Final Fantasy VII.

Jadi, musik Final Fantasy apa saja yang menurut kami pantas mendapatkan predikat sebagai yang terbaik dari yang terbaik? Ini dia list ala JagatPlay:

  1. Somnus (Final Fantasy XV)

Final Fantasy XV mungkin memang belum dirilis, namun musik yang ia usung sudah memberikan sinyal kuat bahwa ia akan berakhir seperti seri Final Fantasy yang selama ini kita kenal, setidaknya dari pengalaman audio yang ada. Kita tak membicarakan soal OST yang ditawarkan, tetapi lagu racikan Yoko Shimomura yang bahkan sudah cukup untuk membuat emosi Anda terpicu. Ditambah dengan lirik Latin-nya yang “manis”, ia akan membuat penantian terhadap seri kelima belas kian optimis berakhir manis.

  1. Otherworld (Final Fantasy X)

Siapa bilang Final Fantasy selalu dipenuhi dengan musik lemah lembut yang mudah membuat Anda tertidur? Nobuo Uematsu membuktikan talentanya sebagai komposer yang mampu menangani banyak genre dan menyematkannya dengan manis dengan apa yang Anda temukan di layar ketika menyuntikkan “Otherworld” ini ke Final Fantasy X. Scene pertarungan antara sang ayah dan anak yang penuh dan dendam psikologis seolah membuat lagu ini jauh terasa lebih “keras”.

  1. The Man With Machine Gun (Final Fantasy VIII)

Kejutan adalah kata yang tepat untuk menjelaskan lagu yang satu ini. Pertama, karena tak ada yang menyangka bahwa tim yang dikepalai oleh Squall ternyata bukan satu-satunya garis cerita yang akan Anda jalani, tetapi juga sudut pandang dari karakter “asing” yang tak terlihat keren karena kram kaki yang terus-menerus terjadi – Laguna juga disuntikkan di dalamnya. Kedua? Bagaimana perbedaan identitas kedua karakter “utama” ini juga tercemin lewat musik pertarungan yang ia usung. Tak ada yang menyangka sensasi sedikit tekno akan muncul ketika mereka memainkan Laguna untuk pertama kalinya.

  1. Blinded by Light (Final Fantasy XIII)

Terlepas dari apakah Anda penggemar berat trilogi Final Fantasy XIII ataupun bukan, sulit rasanya untuk tidak memasukkan lagu yang satu ini sebagai salah satu yang paling memorable, tak hanya dari seri ini, tetapi juga dari keseluruhan franchise Final Fantasy itu sendiri. Musik inilah yang mengalun ketika Square Enix memperlihatkan kepada dunia bagaimana seri ketiga belas akan memanfaatkan ekstra performa yang ditawarkan oleh Playstation 3 dan Xbox 360 di kala itu. Alunan biola di tengah seolah menjadi sinyal bahwa tak ada lagi waktu yang tepat, selain untuk berdansa dengan senjata Anda dan mendominasi setiap musuh yang Anda temui.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…
September 23, 2021 - 0

Review Death Stranding – Director’s Cut: Paket Baru Definisi Tinggi!

Antara Anda benar-benar menyukainya atau benar-benar membenci apa yang ia…
September 22, 2021 - 0

Review Kena – Bridge of Spirits: Kena Sihir Fantasi Elok!

Menarik adalah kata yang tepat untuk menjelaskan pilihan game-game yang…
September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…