Mass Effect: Andromeda Buang Sistem Paragon – Renegade

Reading time:
February 9, 2017
me-andromeda

Jika Anda termasuk gamer yang mengikuti sepak terjang Shepard di trilogi pertama Mass Effect, maka Anda tentu tak akan asing lagi dengan salah satu daya tarik utama franchise action RPG sci-fi yang satu ini. Benar sekali, kebebasan untuk menentukan nilai moral sang karakter utama. Bahwa di tengah aksi Anda untuk menyelamatkan umat manusia dari sebuah ancaman ras tua yang tak segan menelan bagian semesta begitu saja, Anda tak selalu diharuskan menjadi “orang baik”. Lewat sistem Paragon – Renegade yang diproyeksikan lewat pilihan beragam dialog, Anda bisa saja berperan sebagai seorang bedebah yang pada akhirnya, juga diperkuat dengan cabang skill yang unik pula. Namun seri terbaru Mass Effect akan membuang hal tersebut.

Dalam wawancara terbarunya dengan Offical Xbox Magazine, creative director Mass Effect Andromeda – Mac Walters memastikan bahwa sistem “klasik” – Paragon dan Renegade tersebut akan dibuang dari Andromeda. Walters beralasan bahwa sistem terikat terlalu kuat dengan sosok Shepard, yang terasa tak masuk akal dengan karakter utama baru ini. Mereka juga menyebut bahwa sistem Paragon – Renegade justru membuat banyak gamer malas bermain peran dan membaca opsi dialog yang ada. Mereka sudah memutuskan untuk bermain Paragon dan Renegade dari awal, dan memilih opsi dialog untuk mendukung hal tersebut.

Andromeda dipastikan akan membuang sistem Paragon - Renegade dari trilogi awal.
Andromeda dipastikan akan membuang sistem Paragon – Renegade dari trilogi awal.

Sebagai gantinya, Bioware akan mengganti sistem respon percakapan untuk tak lagi berakhir menjadi sistem moral yang binari, yang mereka harapkan bisa mendorong gamer untuk benar-benar membaca dan memahami setiap percakapan yang ada dan kemudian memilih respon untuk karakter yang ingin mereka mainkan. Sistem percakapan baru ini akan didasarkan pada respon utama Setuju – Tidak Setuju. Akan ada empat intonasi respon yang bisa Adna pilih untuk merefleksikan hal tersebut, dan terkadang hanya dua saja.

Dengannya, Walters berharap Mass Effect Andromeda tak lagi sekedar apakah gamer ingin menajdi orang baik atau jahat, tetapi mulai berpikir soal cara yang tepat untuk mengekspresikan karakter mereka masing-masing. Mass Effect: Andromeda sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 21 Maret 2017 mendatang, untuk Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja – PC.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa banyak dari Anda yang kecewa dengan dibuangnya sistem Paragon – Renegade inI? Atau Anda justru termasuk gamer yang senang dengan keputusan ini?

Source: GamesRadar

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…
April 22, 2021 - 0

Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Dengan popularitas yang ia raih, hampir sebagian besar gamer memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…