10 Game Terbaik Playstation 3!

Reading time:
April 10, 2017
ps3-feat-image

Tidak terasa, Playstation 4 ternyata sudah berumur hampir 4 tahun. Kebijakan Sony yang tepat, khususnya ketika berbicara soal game-game eksklusif berhasil membuatnya tampil sebagai produk konsol paling populer di pasaran saat ini, dengan penjualan yang senantiasa menundukkan kompetitor yang ada. Namun sayangnya, seperti “kebiasaan” sebuah peralihan generasi, popularitas ini juga berarti ruang napas yang semakin sempit untuk generasi sebelumnya. Setelah berusaha bertahan dengan game-game yang semakin menipis, Sony akhirnya memutuskan untuk menyudahi sepak terjang Playstation 3 di usianya yang ke-11. Proses produksi untuk pasar Jepang mulai dihentikan, sebuah kebijakan yang sepertinya akan diikuti oleh region lain dalam waktu dekat.

Playstation 3 memang tak bisa terhitung sebuah konsol yang sempurna. Mengambil pendekatan yang berbeda dengan sang kompetitor – Xbox 360, Sony merilisnya dengan teknologi chip yang begitu fantastis di kala itu, hingga tak ada satupun developer yang mengerti bagaimana untuk mengoptimalkannya di hari pertama. Hasilnya? Port game third party yang seringkali berakhir berantakan sempat membuat Sony kelabakan, apalagi dengan beberapa kasus kontroversial seperti peretasan yang bahkan sempat “membunuh” PSN dalam waktu yang cukup lama. Walaupun demikian, seiring dengan semakin “tua” dan “dewasa”-nya konsol ini, Playstation 3 kian terlihat memesona, terutama lewat game eksklusif yang ditawarkan Sony.

Menyederhanakan game-game keren Playstation 3 ke dalam sebuah daftar toplist yang hanya berisikan 10 saja memang tidak mudah, karena harus diakui, 11 tahun eksistensinya memang berisikan banyak game-game keren yang sulit untuk diabaikan begitu saja. Game-game dengan daya tarik yang begitu memesona hingga Sony sendiri tak ragu untuk merilis ulang beberapa dari mereka dalam format visual yang lebih baik  di Playstation 4, dengan resepsi yang sama positifnya.

Lantas, dari semua game eksklusif yang sempat dirilis di Playstation 3, manakah yang menurut kami pantas untuk dikategorikan sebagai yang terbaik di antara yang terbaik? Ini dia vers i JagatPlay:

  1. Demon’s Souls

demons souls

Seri Souls memang tengah meraih popularitas super tinggi saat ini. Ia dijadikan sebuah contoh bagaimana game modern masih bisa mengusung tingkat kesulitan yang serupa dengan platform klasik tetapi tetap dicintai di saat yang sama. Berbicara soal game dari Bandai Namco ini, maka banyak gamer yang mengira bahwa seri pertamanya merupakan seri Dark Souls yang dirilis secara multi-platform. Padahal, ide ini pertama kali ditawarkan oleh Sony via Demon’s Souls yang walaupun masih belum sempurna, bisa disebut sebagai pondasi untuk game action RPG yang siap untuk membuat Anda frustrasi ini. Di balik semua animasi yang masih kaku dan cerita misterius yang sulit untuk dipahami, lahirlah sebuah konsep yang berhasil membuat banyak game melemparkan DualShock 3 mereka ke sudut ruangan.

  1. Heavy Rain

Heavy Rain PS4 (52)

Ketika berbicara soal game interactive story, maka Anda tidak akan bisa melewatkan nama Quantic Dreams. Lewat kemampuan Playstation 3 di masa lalu, mereka berhasil membawa konsep ini lewat sebuah eksekusi cerita yang manis bernama Heavy Rain. Game ini mungkin akan “mencuri” hati Anda dari sisi visual sebagai impresi pertama, namun begitu Anda menyelaminya, Anda akan tetap bertahan karena daya tarik cerita yang penuh misteri di atasnya. Bercerita soal pembunuh berantai bernama Origami Killer yang menargetkan anak di bawah umur sebagai korban, Heavy Rain mengkombinasikan visual, voice acting, dan gameplay yang dibangun di atas cabang cerita yang begitu luas sebagai daya tarik utama. Tentu saja, untuk menikmatinya, sebisa mungkin Anda harus menghindari spoiler siapa sebenarnya si Origami Killer tersebut.

  1. Journey

Journey_20150725022724

Apakah game harus selalu soal kekerasan? Bahwa tanpa konten darah dan potongan tubuh, ia akan berakhir menjadi sebuah konsep yang tak menarik? Journey membuktikan hal yang sebaliknya. Bahwa terkadang, konsep yang baru dan menyegarkan dengan eksekusi yang manis, justru mampu meningkatkan video game ke level lebih tinggi. Journey adalah sebuah game soal perjalanan, eksplorasi, dan keterikatan emosional untuk orang asing yang bahkan tak pernah Anda temui di dunia nyata sekalipun. Dunia yang indah, bentuk komunikasi antar player yang tak biasa, serta misteri yang menunggu untuk Anda buka membuat Journey tampil sebagai sebuah game yang “sederhana”, tetapi juga kompleks di saat yang sama.

  1. Ni No Kuni: Wrath of the White Witch

Ni No Kuni - Wrath of the White Witch (15)

Di awal rilis, Playstation 3 bisa disebut sebagai “neraka” untuk game JRPG. Ketika konsol kompetitor di kala itu – Xbox 360 berhasil mendapatkan judul eksklusif seperti Lost Odyssey dan Blue Dragon, Playstation 3 harus gigit jari dan merenungi nasibnya di sudut ruangan. Namun untungnya, seiring dengan perjalanan waktu, ia mulai disuguhi beberapa judul yang akan terus membekas di hati siapapun yang mencicipinya. Bagi para penggemar JRPG, Ni No Kuni: Wraith of the White Witch memenuhi mimpi tersebut. Kualitas visual fantastis dengan campur tangan Ghibli Studios di atasnya disempurnakan dengan mekanik gameplay seru layaknya Pokemon dan cerita fantasi yang solid. Ni No Kuni akan jadi game yang siap untuk membuat Anda jatuh hati sejak pandangan pertama.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

December 28, 2020 - 0

Review Cyberpunk 2077: Terjebak Ilusi Korporasi!

Game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini, tidak ada…
December 15, 2020 - 0

Preview Cyberpunk 2077: Berandal Masa Depan!

Menyebutnya sebagai game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini…
December 4, 2020 - 0

Review Assassin’s Creed Valhalla: Saga Sang Penjarah!

Tidak lagi mengusung sistem rilis tahunan dan memberikan sedikit ruang…
December 3, 2020 - 0

Preview Immortals Fenyx Rising: Dewa dan Monster!

Perhatian untuk proyek yang satu ini memang terhitung besar ketika…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…