Preview Persona 5: Super Duper Keren!

Reading time:
April 6, 2017
Persona 5 jagatplay part 1 (167)

Jika Anda bertanya kepada sebagian besar penikmat JRPG di industri game soal judul mana yang punya karateristik yang unik dan kuat, maka nama Persona dari Atlus kemungkinan akan mendominasi diskusi yang ada. Karena berbeda dengan pendekatan banyak game JRPG yang sekedar meminta Anda menyelami cerita fiksi fantasi, Persona meminta Anda membagi waktu untuk menjalani hidup sebagai remaja biasa. Hasilnya berujung pada eksekusi konsep yang luar biasa – kisah para remaja yang harus menyelamatkan dunia, tetapi di sisi lain, tetap terasa manusiawi berkat ragam aktivitas sehari-hari dan sosial yang harus mereka jalani. Kini, setelah sempat melewatkan satu generasi konsol, Persona akhirnya kembali lewat seri kelimanya?

Kesan Pertama

Kesan pertama yang ia tawarkan? SUPER DUPER KEREN! Tak ada lagi kalimat yang lebih tepat untuk mengekspresikan kualitas seperti apa yang ditawarkan oleh Atlus di game yang kini tersedia untuk Playstation 3 dan Playstation 4 ini. Ia mempertahankan semua elemen yang membuat seri Persona begitu dicintai, bahkan menyempurnakannya. Atlus tetap menawarkan cita rasa JRPG penuh gaya di seri kelima ini, dari hal kecil seperti musik yang terasa begitu “anak muda”, desain user-interface, mekanik pertarungan yang strategis, hingga hal-hal kecil seperti desain loading screen yang terasa segar dan fantastis. Persona 5 akan jadi salah satu JRPG terindah yang pernah Anda cicipi dari segi visualisasi dan presentasi, sebuah fakta yang tak akan bisa Anda sangkal.

Anda masih akan menjalani hidup sebagai seorang remaja sekolah tinggi yang kini berhadapan dengan tugas dan takdir yang lebih berat, menyelamatkan manusia dari hati mereka yang “kotor”. Persona 5 sendiri menjadikan tema pencuri sebagai pondasi untuk sisi visual dan cerita, yang kemudian juga dibangun dengan tetap mempertahankan scene ala anime yang diracik dengan begitu indah. Gameplay JRPG turn-based yang tetap menuntut Anda untuk mengeksploitasi sisi kelemahan tiap musuh yang Anda hadapi juga kembali dari seri-seri sebelumnya. Tentu saja, Anda juga tetap disibukkan dengan kehidupan sehari-hari Anda sebagai seorang pelajar yang tak hanya bersenang-senang saja, tetapi juga butuh belajar dan terkadang, bekerja paruh waktu untuk ekstra uang jajan.

Kami sendiri cukup terkejut dengan potensi durasi gameplay yang bisa ditawarkan oleh game yang satu ini. Artikel preview ini ditulis dengan gameplay yang sudah menyentuh angka 14 jam lamanya, waktu yang mungkin di game JRPG lain, sudah membawa setidaknya ke 40 – 50% cerita utama. Namun dengan durasi yang sama, kami bahkan baru berakhir merekrut karakter keempat kami. Masih seberapa panjang perjalanan yang ada? Persona 5 kini terasa seperti sebuah game JRPG yang siap untuk menyita waktu puluhan hingga ratusan jam waktu Anda, apalagi dengan sisi gameplay yang lumayan adiktif.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven untuk sesi gameplay “pendek” yang kami lakukan. Semoga saja, kami bisa melemparkan review lengkapnya untuk Anda minggu depan. It’s FREAKING AWESOME!

Klik Gambar untuk Memperbesar!

Persona 5 jagatplay part 1 (2) Persona 5 jagatplay part 1 (7) Persona 5 jagatplay part 1 (23) Persona 5 jagatplay part 1 (72) Persona 5 jagatplay part 1 (77) Persona 5 jagatplay part 1 (88) Persona 5 jagatplay part 1 (137) Persona 5 jagatplay part 1 (172) Persona 5 jagatplay part 1 (192) Persona 5 jagatplay part 1 (209) Persona 5 jagatplay part 1 (211) Persona 5 jagatplay part 1 (253) Persona 5 jagatplay part 1 (267) Persona 5 jagatplay part 1 (277)
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…
May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…
April 18, 2022 - 0

Review Grammarian Ltd: Indo Versus Inggris!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Grammarian Ltd ini? Mengapa kami…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…