10 Game Terbaik untuk Diadaptasikan Menjadi Musou!

Reading time:
September 25, 2017
soul-calibur1

Musou? Berapa banyak dari Anda yang familiar dengan genre yang satu ini? Sebagian dari Anda mungkin asing dengan kata yang kami sertakan di sini, namun akan langsung mendapatkan pencerahan yang jelas begitu kami mendeskripsikannya. Musou sendiri merupakan genre yang mengikuti jalur gameplay yang ditetapkan oleh seri Dynasty Warriors dari Omega Force dan Koei Tecmo. Daya tariknya terletak pada fakta Anda memainkan satu karakter yang overpowered, melawan ratusan hingga ribuan musuh yang bisa dengan mudah ditaklukkan, dan mendapatkan sensasi heroik yang kental. Bahwa pondasi gameplay hack and slash yang ia tawarkan, diadaptasikan dalam skala pertempuran yang lebih besar.

Percaya atau tidak, walaupun terbilang sederhana, apa yang ditawarkan oleh genre ini memang cukup adiktif selama Anda termasuk gamer yang tidak terlalu bermasalah dengan konten yang repetitif. Yang menarik? Ia juga jadi genre pilihan untuk beragam proses adaptasi untuk seri anime hingga seri spin-off franchise ternama. Kita berbicara dari Gundam, Berserk, hingga Legend of Zelda yang punya judul dengan genre serupa di pasaran. Selama franchise tersebut punya cukup banyak roster dengan karakteristik unik dan cerita yang bisa dipadu-padankan dengan skema dunia pertarungan luas dengan ratusan musuh di dalamnya, ada begitu banyak franchise yang potensial untuk diadaptasikan menjadi seri Musou.

Sayangnya, potensi seperti ini seringkali tidak dilirik. Padahal, setidaknya di mata kami, ada banyak judul yang akan tampil fantastis sebagai seri Musou selama ia punya inovasi gameplay tersendiri di dalamnya, dan tentu saja karakter yang memorable.

Lantas, dari semua franchise game yang sempat ditawarkan di industri game sejauh ini dan belum pernah mendapatkan adaptasi Musou, manakah yang menurut kami paling potensial? Inilah list versi JagatPlay:

  1. Def Jam

def jam

Berapa banyak dari Anda yang sempat mencicipi dan menikmati game yang sempat populer di era Playstation 2 ini? Untuk Anda yang tak mengenalnya, Def Jam merupakan game fighting penuh gaya yang memuat rapper-rapper ternama sebagai karakter. Anda bisa bertarung sebagai 50 Cent, Ludacris, hingga Snoop Dogg. Konsep aneh ini berakhir manis dengan eksekusi yang fantastis untuk sebuah game fighting. Sekarang bayangkan jika ia berakhir jadi game musou selayaknya Dynasty Warriors? Anda bisa memerankan para rapper ini dengan gaya bertarung mereka masing-masing, melawan gangster “murahan” yang jumlahnya bisa mencapai ribuan, dengan dasar cerita pertarungan antara West Coast vs East Coast. Ditemani dengan musik hip-hop dan rap sepanjang perjalanan, ini terdengar seperti konsep super menggoda.

  1. Soul Calibur

soul calibur v new3

Membayangkan sebuah seri Musou dengan pertarungan tangan kosong memang sedikit sulit. Namun jika ia memuat roster yang cukup solid dengan jumlah yang banyak, sekaligus memuat senjata sebagai mekanik dasar, maka ia akan punya pondasi untuk diadaptasikan menjadi game Musou berkualitas. Dari semua franchise game fighting, Soul Calibur sepertinya memenuhi kriteria tersebut. Mengingat tiap karakter punya karakteristik dan senjata masing-masing, membayangkan senjata mereka mampu menyapu ratusan musuh sekaligus dalam sebuah cerita yang lebih teratur tentu jadi konsep yang menarik. Apalagi, developer yang menanganinya akan punya peluang untuk membuat segala sesuatu terasa lebih destruktif dan berlebihan, tanpa mendapatkan komplain apapun dari basis fans yang ada. Melihat Ivy dan cambuknya, “mengajari” ratusan musuh dengan jurus andalan dan pakaian seksinya? YES PLEASE!

  1. Tales Series

tales of vesperia1

Dari semua franchise JRPG yang tersedia di pasaran saat ini, Tales memang bisa disebut sebagai franchise yang secara konsisten masih menawarkan seri terbaru dengan jadwal rilis yang tidak terlalu jauh dari satu seri ke seri lainnya. Hidup lintas generasi selama lebih dari puluhan tahun, ia menawarkan banyak roster karakter untuk digunakan di dalam sebuah dunia yang bisa saja menceritakan peleburan beragam seri yang ada di dalam satu dunia yang ada. Akan jauh lebih fantastis jika mereka mendesain ulang beberapa karakter dari seri lawasnya, dan kemudian mengadaptasikan visualisasi yang lebih kartun ala Tales of Vesperia untuknya. Sisanya hanya tinggal memikirkan cara untuk mengadaptasikan sedikit elemen RPG di dalam yang berbeda dengan seri Warriors selama ini.

  1. Kingdom Hearts

kh heartles

Roster yang kaya adalah satu daya tarik yang membuat kami memilih Kingdom Hearts sebagai salah satu kandidat game terbaik untuk diadaptasikan menjadi seri Musou. Karena di dalam franchise aslinya, Anda disambut dengan begitu banyak karakter ikonik dari franchise Final Fantasy dan juga Disney di satu ruang yang sama. Membayangkan sensasi melawan ribuan Heartless dan mungkin, varian boss lebih kuat di akhir menggunakan King Mickey dengan Keyblade andalannya, Sora, hingga mungkin karakter antagonis seperti anggota Organization XIII terdengar seperti ide yang menggoda. Akan jauh lebih keren lagi jika mereka masih bisa mempertahankan sensasi pergerakan dan menu dasar ala seri Kingdom Hearts yang selama ini kita kenal, namun kini dalam bentuk Musou.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…