Review Everybody’s Golf: Kompetisi Penuh Kesenangan!

Reading time:
September 11, 2017

Desain Sebagai Dasar Tantangan

Visual kartun tidak lantas menihilkan kualitas presentasi yang ditawarkan oleh Everybody's Golf. Kualitas tata cahaya dan skybox-nya pantas diacungi jempol.
Visual kartun tidak lantas menihilkan kualitas presentasi yang ditawarkan oleh Everybody’s Golf. Kualitas tata cahaya dan skybox-nya pantas diacungi jempol.

Berbeda dengan seri Hot Shots Golf yang mungkin sempat Anda cicipi di era Playstation pertama (yang juga menjadi seri terakhir game golf yang kami cicipi), Anda tidak lagi akan berperan sebagai karakter-karakter yang sudah ditentukan dan dibangun dari awal untuk Anda. Sebagai gantinya? Anda kini diberikan kebebasan untuk menciptakan karakter utama yang Anda inginkan, karakter yang juga akan gunakan untuk tidak hanya mode offline saja, tetapi juga online. Tidak perlu khawatir bahwa Anda akan terperangkap dengan desain yang Anda pilih di awal, karena Anda selalu bisa mengubahnya, bahkan hingga keseluruhan tampilan sekalipun. Tidak ada kekhawatiran di sana.

Bahkan, dengan ragam opsi yang mereka miliki, Anda selalu bisa “meracik” karakter-karakter favorit Anda, sekuat kemampuan kreativitas otak Anda. Jika Sony sempat memperlihatkan sosok Shuhei Yoshida sebagai avatar, Anda bahkan bisa meracik karakter anime / manga / ataupun apapun yang Anda inginkan lewat serangkaian opsi yang disediakan. Lewat tampilan wajah, ragam jenis pakaian dan aksesoris yang begitu banyak, permainan warna untuk setiap darinya, hingga sekedar tinggi tubuh akan memfasilitasi apapun yang Anda butuhkan untuk karakter dambaan. Bahkan, kami sempat bertemu dengan user yang berhasil membangun karakter seperti Lupin dan Arale dari Dr.Slump pada saat bermain online.

Dengan opsi yang begitu mendalam, Anda bisa menciptakan karakter sebebas yang Anda inginkan.
Dengan opsi yang begitu mendalam, Anda bisa menciptakan karakter sebebas yang Anda inginkan.
Kami sempat bertemu dengan user online yang bahkan mampu meracik Arale atau Lupin dengan detail yang baik.
Kami sempat bertemu dengan user online yang bahkan mampu meracik Arale atau Lupin dengan detail yang baik.

Lantas, bagaimana dengan course yang Anda hadapi sendiri? Mengingat bahwa Everbody’s Golf bukanlah sebuah game golf yang berusaha mengejar kualitas realistis, maka Anda akan berhadapan dengan course “fiktif” yang tidak hanya siap memanjakan mata saja, tetapi juga menjadi sumber tantangan yang akan menyulitkan perjalanan Anda. Secara dominan, Anda tentu saja akan bertemu dengan lapangan hijau super luas sebagai stage utama, lengkap dengan pepohonan, rumput kasar, dan beberapa bagian pasir kecil sebagai “jebakan”. Namun di sisi lain, kualitas efek cahaya terlepas apakah Anda tengah bertanding di kala pagi atau sore misalnya, mampu menghasilkan efek dramatis tersendiri. Terkadang Anda juga akan berhadapan dengan course yang juga memperlihatkan pemandangan pegunungan Alpen di kejauhan hingga yang diselimuti oleh laut di bagian sisi yang ada.

Tidak sekedar
Tidak sekedar “cantik”, desain level yang ditawarkan juga menghadirkan tantangan berbeda.
Alpen misalnya, hadir dengan banyak area landai / tidak rata yang membuat proses Putting jadi mimpi buruk tersendiri.
Alpen misalnya, hadir dengan banyak area landai / tidak rata yang membuat proses Putting jadi mimpi buruk tersendiri.

Satu yang pasti, desain seperti ini bukan sekedar diracik untuk dinikmati dari sisi visual saja, tetapi juga menjadi sumber tantangan yang akan menguji kemampuan golf Anda. Alpen yang notabene memang pengunungan, misalnya, tentu akan menghadirkan course dengan tanah yang tidak rata. Daerah akhir untuk memasukkan bola ke dalam lubang (Putting), misalnya, seringkali dihiasi dengan area super landai yang sangat mempengaruhi gerak bola golf di beragam kecepatan yang ada. Sementara course lain misalnya, berisikan banyak daerah air yang tentu saja akan “menelan” bola Anda dan menghasilkan efek negatif pada performa Anda jika Anda tidak memukulnya dengan penuh perhitungan. Ada tantangan di desain tersebut..

You can't beat my awesome character..
You can’t beat my awesome character..

Walaupun mengambil cita rasa kartun sebagai basis, namun Everybody’s Golf tetaplah sebuah game olahraga yang dari sisi presentasi, tetap pantas untuk diacungi jempol. Tentu saja, terutama dari kemampuannya untuk memfasilitasi kreativitas Anda demi karakter impian atau bagaimana, desain course yang ada akan mempengaruhi seperti apa gameplay yang akan Anda dapatkan. Tidak harus selalu soal indah, Anda juga bisa menciptakan karakter “monster” yang menakutkan seperti yang kami lakukan.

Sederhana, Tetapi Kompleks

Masih dengan sistem tiga kali tekan, seperti seri Hot Shots Golf yang selama ini Anda kenal.
Masih dengan sistem tiga kali tekan, seperti seri Hot Shots Golf yang selama ini Anda kenal.

Sederhana dan kompleks seharusnya adalah dua kata berlawanan yang tidak bisa bersanding di dalam satu kalimat yang sama. Namun percaya atau tidak, hal inilah yang akan Anda rasakan ketika mencicipi Everybody’s Golf ini. Mengapa? Karena untuk mengangkat kontroler untuk orang awam sekalipun dan langsung mencicipi game ini bukanlah hal yang sulit. Dengan sistem tiga kali tekan ala game-game Hot Shots Golf selama ini, tidak sulit untuk mengenali dan mempelajari apa yang harus Anda lakukan untuk hanya memukul bola lebih jauh dari tempat sebelumnya. Sistem tiga kali tekan ini sendiri terdiri dari satu kali tekan untuk memulai bar power, satu kali tekan untuk menentukan seberapa kuat bar power, dan tekanan terakhir untuk memastikan seberapa akurat arah pukulan Anda. Untuk penekanan terakhir ini, akan ada ruang kecil untuk menghadirkan efek “NICE SHOT!” yang berarti bahwa Anda sudah menghasilkan bola yang tidak hanya cepat saja, tetapi juga akurat sesuai dengan arah yang Anda inginkan. Timing memainkan peran penting di sini.

Mudah untuk dimainkan dan dinikmati, tetapi kompleks untuk benar-benar dikuasai. Bahwa terlepas dari pendekatan kartun nan menyenangkan yang ia tawarkan, Everybody’s Golf masih memuat cukup banyak elemen dan konten untuk diperhatikan demi performa yang lebih sempurna. Hal-hal sederhana seperti arah dan kecepatan angin misalnya, yang tentu saja akan mempengaruhi arah gerak bola. Cuaca juga menghasilkan pengaruh signifikan yang serupa. Memukul bola Anda ketika matahari tengah bersinar cerah dan ketika dilanda hujan besar yang tentu mempengaruhi daya membal bola dan angin tentu saja berbeda. Kita baru berbicara soal cuaca, dan belum gameplay itu sendiri.

Kecepatan angin juga akan mempengaruhi arah bola Anda.
Kecepatan angin juga akan mempengaruhi arah bola Anda.
Varian Clubs dan bola yang Anda pilih juga akan menentukan performa.
Varian Clubs dan bola yang Anda pilih juga akan menentukan performa.

Hal lain yang harus Anda pahami adalah kemampuan untuk memaksimalkan tiap stick golf yang Anda bawa beserta dengan bola yang ada. Walaupun membawa varian standar yang dibutuhkan, seperti halnya game sebelumnya, akan ada banyak varian stick golf (Clubs) yang akan mempengaruhi performa Anda. Ada yang menawarkan kontrol lebih, sementara yang lain berfokus menawarkan pukulan lebih jauh, namun dengan timing lebih sulit. Demikian juga dengan bola yang ditawarkan. Ada yang standar, namun ada pula yang lebih mudah dikendalikan atau sekedar, lebih mudah dipukul jika tak sengaja terperangkap di rumput tinggi. Pilihan sangat bergantung pada gaya bermain Anda. Kami sendiri lebih memilih Gear yang memang mempermudah kontrol, daripada sekedar mengejar keuntungan dari pukulan yang lebih jauh.

Berbeda dengan seri Hot Shots Golf lawas, semakin sering Anda menggunakan varian Clubs tertentu, maka tiap varian tersebut akan mendapatkan exp dan kenaikan level. Semakin tinggi level Clubs tersebut, maka semakin efektif pula ia digunakan. Anda bisa mendapatkan pukulan lebih jauh, kendali timing lebih baik, hingga beragam efek seperti “Backspin” yang lebih mumpuni, misalnya. Untuk urusan terakhir ini, jika Anda merasa belum cukup kompleks, Anda juga bisa mengendalikan posisi Anda memukul bola yang ada untuk efek tersendiri. Memukul bola agak ke bawah misalnya, menghasilkan pantulan lebih tinggi, namun rentan pada efek angin. Sementara ketika memukulnya di posisi agak ke atas menghasilkan lontaran lebih rendah, cepat, namun rentan “bertemu” dengan tantangan desain course seperti rerumputan atau pepohonan, yang tentu saja, akan menahan laju bola Anda.

Semakin baik Anda menggunakan Club tertentu, semakin tinggi levelnya, semakin baik performanya.
Semakin baik Anda menggunakan Club tertentu, semakin tinggi levelnya, semakin baik performanya.
Semakin kecil nilai Anda di Golf, semakin baik performa Anda.
Semakin kecil nilai Anda di Golf, semakin dekat Anda dengan kemenangan.

Namun pada akhirnya, daya tarik dan tingkat kesulitan Everybody’s Golf akan ditentukan pada seberapa baik keputusan Anda pada akhrinya. Untuk Anda yang tidak terlalu mengerti peraturan Golf, kemenangan akan ditentukan oleh jumlah pukulan yang Anda ambil untuk memasukannya ke dalam lubang yang tersedia. Setiap Course akan punya standar jumlah pukulan yang disebut sebagai PAR. Semakin kecil jumlah pukulan yang Anda ambil untuk memasukannya (di bawah PAR), Anda akan mendapatkan nilai negatif bergantung pada pukulan yang diambil berbanding standar PAR. Sementara sebaliknya, Anda akan mendapatkan nilai positif. Semakin kecil (semakin negatif) skor yang Anda dapatkan, maka semakin dekat Anda pada kemenangan.

Sebagai contoh, untuk sebuah Course yang menetapkan 4 pukulan sebagai PAR, Anda berhasil memasukannya dalam 2 pukulan saja, maka Anda akan mendaptkan skor (-2) atau yang seringkali disebut sebagai EAGLE. Untuk Course yang menetapkan 6 pukulan sebagai PAR, Anda akan mendapatkan (-1) atau BIRDIE jika Anda berhasil memasukkannya dalam 5 pukulan. Dan tentu saja, Anda akan mendapatkan nilai netral (+0) jika Anda berhasil memasukkan bola sesuai dengan jumlah angka PAR yang sudah ditentukan sebelumnya. Sesederhana itu.

Apakah Anda harus mengambil resiko untuk memperkecil jumlah pukulan? Atau bermain aman?
Apakah Anda harus mengambil resiko untuk memperkecil jumlah pukulan? Atau bermain aman?
Karena tidak jarang, pukulan spekulasi Anda justru berakhir berbalik menjebak Anda pada kondisi tidak menguntungkan.
Karena tidak jarang, pukulan spekulasi Anda justru berakhir berbalik menjebak Anda pada kondisi tidak menguntungkan.

Yang menarik, adalah bahwa sebagian besar Course panjang yang meminta Anda untuk memukul lebih dari 4 atau 5 pukulan untuk PAR biasanya akan menawarkan tantangan dan dinamika tersendiri. Benar sekali, melempari Anda dengan kebutuhan untuk mengambil keputusan. Karena tak jarang, sebagian besar Course ini selalu punya begitu banyak cara untuk diselesaikan. Apakah Anda harus bermain aman dan menggunakan 4 pukulan di awal hanya untuk mencapai titik lubang dengan aman? Atau apakah Anda akan mengambil resiko dan mengambil Clubs lebih kuat untuk pukulan ekstra jauh demi memperkecil jumlah pukulan, namun harus melewati sebuah danau besar, angin yang tak stabil, atau mungkin pohon tinggi dan dedaunan yang siap untuk menghentikan laju bola Anda? Mana strategi yang lebih menarik akan sangat bergantung pada diri Anda sendiri. Resiko yang besar memang menghasilkan reward besar, namun di sisi lain jika Anda gagal, maka konsekuensinya sendiri akan fatal.

Lagipula, tidak semua course akan punya tingkat kesulitan yang sama, terutama terkait lubang yang jadi tujuan akhir Anda. Anda akan bertemu dengan turnamen dengan ukuran lubang normal yang tentu saja membutuhkan perhitungan lebih presisi soal kemiringan medan ketika proses Putting dilakukan. Namun Everybody’s Golf juga menyediakan ragam jenis lubang yang lain. Ada “Mega” yang ukurannya jauh lebih besar dari rata-rata, ada “Tornado” yang siap untuk menghisap bola terdekat yang menuju ke arahnya hingga proses Putting lebih mudah, hingga ada “Tiny” yang berarti lubang sasaran ini bahkan lebih kecil dibandingkan normal, membuatnya lebih sulit dan rentan pada kesalahan.

Ada ragam efek lubang, seperti
Ada ragam efek lubang, seperti “Tornado” yang akan menyerap bola yang mendekatinya, membuat proses Putting lebih mudah.

Dengan kombinasi semua elemen ini, Everybody’s Golf adalah sebuah game yang sederhana untuk dimainkan / dicicipi untuk sekedar bersenang-senang, namun cukup kompleks untuk dikuasai mengingat beragam elemen yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan hanya untuk membuat bola menuju ke lubang sasaran yang Anda inginkan. Kerennya lagi? AI yang harus Anda hadapi di mode campaign juga tak bisa dipandang sebelah mata. Bukan hal yang mengherankan jika Anda bertemu dengan AI yang sepertinya tak sulit untuk mencetak angka negatif demi angka negatif yang lain.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…